workshop-sdsp-2019

Dalam rangka mengisi kegiatan positif edisi libur semester, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Pamulang menyelenggarakan workshop penyusunan proposal penelitian hibah Ristekdikti yang dilaksanakan pada hari selasa, 23 Juli 2019. Hal tersebut diadakan dengan tujuan untuk memotivasi dan membimbing dosen menyusun proposal penelitian dengan baik agar lolos dalam pengajuan proposal hibah Ristekdikti karena selain kewajiban memberikan pendidikan kepada mahasiswa, penelitian merupakan salah satu bagian dari Tridharma Perguruan Tinggi.

Kegiatan workshop dimulai pukul 09.00 dengan jumlah peserta 16 orang dosen. Kegiatan ini diawali dengan sambutan Kaprodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Bapak Drs.H.Alinurdin.,M.Pd sekaligus pembukaan kegiatan workshop. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan laporan jumlah penelitian yang sudah dilaksanakan dosen tahun ajaran sebelumnya sekitar 40 % dosen yang sudah melakukan penelitian. Maka dari itu diharapkan lebih banyak lagi dosen yang melakukan penelitian karena memang sudah menjadi kewajiban seorang dosen. Selain itu beliau juga menyampaikan pencapaian dosen yang berhasil mendapatkan dana hibah risteksikti dan para peneliti pemula bisa belajar dari peneliti yang sudah berhasil tersebut.

Setelah sambutan dan pembukaan dilanjutkan kegiatan inti. Kegiatan dibagi 2 sesi, sesi pertama penjelasan materi dan sesi kedua pelatihan. Sesi pertama yakni pemaparan struktur atau format penelitian bersumber dari Ristekdikti. Pemaparan disampaikan oleh salah satu dosen Prodi Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan yang berhasil mendapatkan dana hibah Ristekdikti tahun lalu yakni Bapak Imam Fitri Rahmadi, S.Pd.I, M.Pd. Pemaparan materi dilaksanakan sampai dengan pukul 12.00. Dalam sesi ini berjalan lancar dan terjalin tanya jawab antara pemateri dan dosen.

Kegiatan dilanjutkan kembali pukul 13.30 setelah jeda istirahat. Dalam sesi kedua dosen langsung praktek menyusun pengajuan penelitian dalam format yang sudah disediakan. Semua dosen berperan aktif menyusun pengajuan penelitian dan pemateri memantau satu persatu dosen dalam menyusun ajuan penelitian dan terkumpul 13 judul rencana penelitian. Selanjutnya rencana penelitian yang disusun akan dikembangkan menjadi proposal penelitian yang akan diajukan ke Ristekdikti. Tepat pukul 16.00 semua dosen menyelesaikan tugasnya dan mengumpulkan format ajuan penelitian dalam bentuk hardcopy. Kegiatan pun selesai dan ditutup oleh Kaprodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.

Penulis dan Foto:
Sulastri, S.Pd, M.H
Setiawati, S.Pd, M.H

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *