Pamulang, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Pamulang menyelenggarakan workshop dengan tema “Penulisan Artikel Jurnal Internasional Strategi Menembus Jurnal Internasional Bereputasi”. Kegiatan workshop ini dilaksanakan pada tanggal 15 April 2019, dimulai pada pukul 08.00-17.00 wib di Aula Retorat UNPAM. Pemateri dalam kegiatan workshop yaitu Dr. Ir. Agus Zainul Arifin, M.M, selaku reviewer nasional dan dosen Pascasarjana Universitas Tarumanegara; Dr. Nuryasman MN, SE., MM., selaku penerbit jurnal dan dosen Universitas Tarumanegara.

Kegiatan workshop ini dihadari oleh dosen UNPAM di berbagai program studi. Program studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan mengirimkan dosen atas nama : Ali Nurdin M.Pd; Suanto S.Pd MH; Aulia Nursyifa S.Pd M.Pd; Imam Fitri Rahmadi S.PdI, M.Pd; dan Eti Hayati S.Pd M.Pd.

Dalam kegiatan workshop ini pemateri memaparkan berbagai materi terkait dengan penulisan artikel ilmiah dalam jurnal nasional maupun internasional diantaranya: membedakan jenis-jenis jurnal nasional dan internasional yang pereputasi, menunjukkan sistematika penulisan artikel ilmiah dalam skala nasional maupun internasional, menggali berbagai permasalahan dalam penelitian, menunjukkan berbagai penilaian artikel yang berstandar Risetdikti, dan terakhir melatih peserta menggunakan manajemen referensi mendeley.

Peserta workshop sangat antusias selama kegiatan berlangsung terbukti dengan berbagai pertanyaan yang tanyakan kepada para narasumber, pembicara menjawab pertanyaan peserta dengan baik berdasakan pengalaman mereka dalam menulis artikel dalam jurnal internasional, kemudian pembicara juga membedah salah satu artikel ilmiah yang ditulis oleh dosen UNPAM sehingga diharapkan dengan pembedahan tersebut, peserta workshop dapat memiliki gambaran tentang berbagai kekurangan dalam penulisan artikel ilmiah.

Dalam pemaparan materi Dr. Ir. Agus Zainul Arifin, M.M mengatakan : “mulailah meneliti karena meneliti merupakan tugas utama dosen dalam Tridarma perguruan tinggi, hasil penelitian wajib di publikasikan dalam jurnal, dan jadilah penulis yang sabar karena proses reviwer dapat berlangung lama dan dapat terjadi penolakkan”.

Kegiatan workshop ini sangat penting untuk terus dilakukan karena dapat memberikan motivasi kepada para dosen UNPAM untuk segera mempublikasikan hasil penelitiannya dalam jurnal bereputasi sehingga diharapkan dosen UNPAM dapat berperan aktif menghasilkan berbagai karya ilmiah dalam skala nasional maupun internasional.

Penulis:
Suanto, S.Pd, MH
Aulia Nursyifa, S.Pd, M.Pd

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *