Kerja sama

Kegiatan workshop dilaksanakan pada tanggal 18 September 2019 mulai pukul 13.00 di ruang kaca Universitas Pamulang dibuka oleh DR. Dewi Anggraeni, S.H, M.H selaku wakil rektor IV bidang kerjasama, yang dihadiri oleh seluruh tim pengembang bidang kerjasama dari masing-masing program studi.

Menjalin kerjasama antar lembaga baik itu dengan pemerintah maupun dengan pihak swasta memang diperlukan guna pengembangan lembaga sebagai bagian dari pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dalam pemaparannya, wakil rektor IV mengatakan bahwa, pelaksanaan kerjasama di wilayah Tangerang Selatan dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat sudah mendapatkan payung hukum dengan ditandatanganinya kesepakatan bersama antara pemerintah Kota Tangerang Selatan yang diwakili olehWalikota Tangerang Selatan dengan Universitas Pamulang yang diwakili oleh Rektor Universitas Pamulang pada tanggal 30 Maret 2017.

Selama ini implementasi dari bentuk kerjasama yang dilaksakanan oleh masing-masing program studi sudah berjalan dengan baik, namun pengembangan masih terus harus dilakukan demi kemajuan lembaga. Adapun pengembangan yang harus dilaksanakan oleh masing-masing program studi yakni, mengusulkan dosen asing untuk masing-masing program studi maksimal 1 orang dengan kriteria tertentu yang sudah ditentukan, mengembangkan kolaborasi kerjasama dengan perguruan tinggi lain yang memahami visi dan misi Unpam, memonitoring implementasi kerjasama misalnya pelaksanaan pengalaman praktek lapangan, magang, skripsi, penyerapan tenaga kerja, PKM, penelitian, selanjutnya memonitor laporan kerjasama pelaksanaan PKM yang sudah dilaksanakan oleh dosen pada masing-masing program studi.

Kedepannya program dari bidang kerjasama ini adalah membuat buku pedoman kerjasama yang akan digunakan oleh seluruh program studi agar selaras dalam menentukan draft yang akan digunakan dalam perjanjian kerjasama, juga menambah jalinan kerjasama baru dengan perguruan tinggi swasta maupun dengan perguruan tinggi negeri terunggul juga dengan perusahan-perusahaan milik pemerintah maupun dengan perusahaan milik swasta.

Penulis: Amelia Haryanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *