spada

Memenuhi Undangan Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran (LP3), Universitas Pamulang Nomor: 0083/C19/UD/UNPAM/VII/2019 yang terkait dengan adanya kebijakan Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, mengenai pengembangkan Program Pembelajaran Daring melalui bantuan dana pengembangan dan Penyelenggaraan Inovasi Pembelajaran dan Modul Digital tahun 2019 untuk program studi minimal Akreditasi B.

Dalam rangka diselenggarakannya bantuan dana untuk mengembangkan dan menyelenggarakan Inovasi modul digital tahun 2019. Sebagai tindak lanjutnya, LP3 Unpam mengadakan Workshop Pendampingan Bantuan Dana Inovasi Pembelajaran dan Modul Digital 2019. Acara yang dibuka oleh Wakil Ketua LP3, Ubaid Al Faruq, M.Pd, pada 20 Juli 2019, tepat pada pukul 09.00, selain membuka acara Wakil Ketua LP3 juga menjelaskan mengenai perbedaan antara Inovasi pembelajaran dan Inovasi modul digital dengan mengarahkan bahwa yang akan dibahas dalam workshop ini memfokuskannya mengenai Inovasi modul digital terkait dengan proses pembuatan akun spada (https://spada.ristekdikti.go.id/) dan penyusunan materi untuk diupload akun pembelajaran daring.

Acara yang dihadiri oleh 6 Program Studi yang sudah berakreditasi B yaitu dari program studi S-1 PPKN, S-1 Sastra Indonesia, D-3 Akuntansi, S-1 Ilmu Hukum, S-1 Manajemen dan D-3 Sekretari dengan modul mata kuliah yang diajukan sejumlah 16 modul. Adapun modul mata kuliah yang diajukan oleh LP3, meliputi Statistika Pendidikan, Evaluasi Pembelajaran PKN, Sosiologi Indonesia, Classroom Action Research, Bahasa Inggris 2, Perpajakan Lanjutan, Akuntansi Keuangan Lanjutan, Bahasa Inggris for accounting, Akuntansi Keuangan 1, Metode Penulisan Ilmiah, Pengantar Akuntansi 1, Hukum Pembuktian, Hukum Pidana, Pengantar Ilmu Ekonomi, Hubungan Masyarakat, dan modul mata kuliah Kearsipan.

Tidak ketinggalan dosen-dosen perwakilan dari Prodi PPKn yang didampingi oleh kaprodi PPKn, Bapak Drs. H.Alinurdin,M.Pd. Modul mata kuliah yang diajukan dari Prodi PPKn, yaitu Statistika Pendidikan dan Evaluasi Pembelajaran PKN dikembangkan oleh Bapak Aeng Muhidin, M.Pd, Modul Classroom Action Research dikembangkan oleh Bapak Alinurdin, M.Pd, Ibu Ichwani Siti Utami, S.Pd, MH, dan Ibu Eti Hayati, M.Pd, kemudian untuk modul mata kuliah Sosiologi Indonesia dikembangkan oleh Bapak Sucipto, S.Sos, MM dengan batas akhir upload 30 Juli 2019 melalui akun spada, Prodi PPKn telah berhasil upload tepat pada waktunya.

Selanjutnya, selain pemaparan materi juga pendampingan praktik mengenai pengisian registrasi akun anggota SPADA juga diisi dengan tanya jawab dari para peserta workshop Pendampingan Bantuan Dana Modul Digital Ristekdikti 2019. Sebelum acara di tutup ada beberapa pengarahan dari Wakil Ketua LP3 Unpam, Bapak Ubaid Al Faruq, M.Pd yang membagikan rincian username akun yang akan digunakan dalam pengajuan bantuan dana hibah tersebut. Kemudian acara ditutup pada pukul 12:30. Semoga Bermanfaat.

Penulis dan foto:
Eti Hayati, S.Pd, M.Pd
Ichwani Siti Utami, S.Pd, MH

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *