workshop-doaj

Dalam rangka meningkatkan kualitas tata kelola jurnal menuju Akreditasi Nasional di Lingkungan Perguruan Tinggi Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Pamulang bekerjasama dengan Relawan Jurnal Indonesia (RJI) menyelenggarakan “Workshop DOAJ (Directory of Open Access Journals) dan Persiapan Menuju Jurnal Terakreditasi Nasional” di Universitas Pamulang Kampus Viktor lantai 8.

Acara dilaksanakan pada selasa, 6 Agustus 2019 dari pukul 08.00- 16.00 WIB. Kegiatan workshop dihadiri oleh 73 peserta workshop dari berbagai perwakilan pengelola jurnal di Peguruan Tinggi kopertis III wilayah Jakarta dan IV wilayah Jawa Barat.

Perwakilan dari jurnal Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Pamulang meliputi: “Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan” dan “Jurnal Loyalitas Sosial”. Pengelola dari kedua jurnal tersebut diwakili oleh: Aulia Nursyifa S.Pd M.Pd; Yulita Pujilestari SH MH; dan Eti Hayati S.Pd M.Pd.

Acara workshop dibuka pada pukul 08.00 WIB, oleh Wakil Rektor I Universitas Pamulang yaitu Bapak Dr. H. Rasmadi, M.Pd, beliau mengungkapkan bahwa: “Perguruan tinggi memberikan dukungan penuh kepada pengelola jurnal dalam upaya meningkatkan kualitas jurnal menuju jurnal terakreditasi, oleh karena itu kinerja perguruan tinggi salah satunya ditentukan oleh seberapa banyak riset dan publikasi ilmiahnya”.

Kegiatan workshop selanjutnya meliputi: penyampaian beberapa sesi materi, kegiatan diskusi antara peserta workshop dengan para pemateri, serta kegiatan praktek langsung dalam pengelolaan jurnal yang dibimbing oleh ambassador DOAJ atau tutor RJI. Materi pertama terkait tentang: “Hak Cipta, Lisensi, dan Personalia Pengelola Jurnal” yang disampaikan oleh Itsar Bolo Rangka,M.Pd. Beliau menyampaikan bahwa “pengelola jurnal harus bekerja secara professional dan bekerja dengan sepenuh hati karena hasil yang diperoleh dari kerjakeras akan dirasakan jika jurnal yang dikelola dapat terakreditasi”.

Materi kedua tentang: “Pengenalan Layanan Crossref, Similirity Check, dan Cara Membaca Hasil Cek Kesamaan” disampaikan oleh Yazid Hady, S. Pd. I. Beliau menyampaikan bahwa: “jurnal yang ingin terakreditasi harus terdaftar Doi secara resmi di Crossref karena Doi dapat merekam secara rapih metadata artikel sehingga dapat memudahkan artikel untuk dapat disebarluaskan secara online”, dalam sesi materi ini juga dipraktekkan cara mengecek Similirity sehingga dapat memudahkan pengelola dalam mengelola jurnal. Materi ketiga tentang: “Manajemen Penerbitan Naskah di OJS 2/3 dan Persiapan Akreditasi Jurnal Ilmiah Sekaligus Praktek Pembuatan dan Pengisian Data Jurnal Arjuna” disampaikan oleh Eko Pramudya Laksana S.Pd.

Acara ditutup oleh Ketua LPPM Universitas Pamulang yaitu Dr. Ali Maddinsyah SE, MM, beliau menyampaikan bahwa: “kegiatan workshop ini dapat memberikan motivasi kepada para pengelola jurnal di perguruan tinggi agar dapat meningkatkan kualitas jurnal agar dapat terakreditasi secara nasional, semoga kedepannya kegiatan ini dapat berkelanjutan dikemudian hari”. Semoga Bermanfaat.

Penulis dan Foto:
Aulia Nursyifa S.Pd., M.Pd
Yulita Pujilestari SH., MH.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *