workshop-artikel-jurnal-internasional

Tasikmalaya, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya menyelenggarakan workshop dari hibah pendanaan tahun 2019 Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Tema workshop “pengelolaan Jurnal Ilmiah Menuju Akreditasi”. Kegiatan workshop ini dilaksanakan pada: Selasa, 30 April 2019, acara dimulai dari pukul 07.30- 17.00 wib, di Hotel Fave Tasikmalaya.

Kegiatan dalam workshop ini meliputi berbagai sesi workshop : pemateri pertama oleh Assoc. Prof. Dr. Ade Gaffar Abdullah M.Si tentang “pengelolaan Jurnal menuju Akreditasi”; pemateri kedua oleh Budi Hendrawan, M.Pd tentang “Manajemen OJS”; pemateri ketiga oleh Enny Fitriahadi S.ST, M.Kes tentang “Submission dan Review Artikel Jurnal”; pemateri keempat oleh Dr. Mujiarto ST, MT, selaku ketua LPPM Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya dengan materi “Penyuntingan Naskah Artikel Jurnal”. Kegiatan workshop diakhiri dengan berbagai pelatihan kepada peserta workshop mengenai pengeditan artikel dengan menggunakan tools di aplikasi google drive dan pelatihan menggunakan grammarly.

Workshop ini dihadari oleh berbagai pengelola jurnal, kepala LPPM, perwakilan dosen yang mengelola jurnal, dan editor. Jumlah peserta dalam workshop 108 peserta dari berbagai Universitas di Indonesia. Setiap Universitas diwakili oleh satu orang yang terpilih menjadi peserta, salah satu dosen yang terpilih mewakili Universitas Pamulang yaitu Aulia Nursyifa S.Pd M.Pd dengan Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan.

Pemaparan yang disampaikan oleh Assoc. Prof. Dr. Ade Gaffar Abdullah M.Si memberikan motivasi pada peserta workshop beliau memaparkan pengalaman beliau selama mengelola jurnal, menurut beliau: “para pengelola jurnal merupakan orang-orang yang bekerja dengan sepenuh hati, bentuk perjuangan dalam mengelola jurnal dalam kurun 2 tahun pertama sejak berdiri. Ketika jurnal sudah terakreditasi maka pengelola akan menikmati hasil dari perjuangannya. Semua dapat memiliki potensi besar untuk menargetkan jurnal tidak hanya terakreditasi secara nasional tetapi juga dapat bersaing dalam tataran internasional atau bertaraf scopus”.

Kegiatan workshop ini sangat penting bagi para pengelola jurnal karena dapat memberikan motivasi kepada para pengelola jurnal untuk giat mengembangkan jurnal agar dapat terakreditasi secara nasional maupun internasional. Aulia Nursyifa S.Pd M.Pd dosen PKN UNPAM, salah seorang peserta workshop mengatakan bahwa: “workshop dapat menambah wawasan tentang pengelolaan jurnal sehingga ilmunya dapat diimplementasikan dalam mengelola jurnal di Universitas Pamulang, workshop ini juga dapat memperkenalkan keberadaan Universitas Pamulang khususnya Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan kepada para peserta workshop, serta menambah relasi para pengelola jurnal dari seluruh Universitas di Indonesia sehingga harapan saya dengan adanya momentum ini dapat terjalin komunikasi para pengelola jurnal untuk saling bertukar informasi serta dapat saling bertukar artikel ilmiah”.

Penulis dan Foto:
Aulia Nursyifa, S.Pd, M.Pd

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *