WEBINAR PENINGKATAN KINERJA DOSEN
PROGRAM STUDI MELALUI SISTEM KENDALI MUTU

Program Studi yang bermutu merupakan dambaan bagi seluruh dosen yang tergabung dalam program studi tersebut. Oleh karena itu dibutuhkan tim yang tangguh dalam mengembangkan mutu program studi. Akan tetapi ada hal yang tak kalah penting lagi untuk menjadikan program studi menjadi yang terdepan yakni kinerja dosen yang berkualitas.

Dalam masa covid 19 ini tidak menyurutkan semangat dosen dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya demi peningkatan kualitas kinerja. Kredibilitas dosen harus tetap ditingkatkan dan tetap berjalan sebagaimana mestinya tidak terhalang oleh kondisi yang bagaimanapun. Untuk mendukung peningkatan kualitas kinerja dosen pengembang maka tim pengembang bidang penjaminan mutu program studi pendidikan pancasila dan kewarganegaraan bekerja sama dengan Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Universitas Pamulang mengadakan acara peningkatan kinerja dosen Pengembang Program Studi .

Acara dilaksanakan pada hari selasa tanggal 16 Juni 2020 dengan tema “Peningkatan Kinerja Dosen Pengembang Program Studi melalui Sistem Kendali Mutu”. kegiatan webinar tersebut berlangsung dengan menggunakan aplikasi google meet. Peserta webinar ini merupakan seluruh dosen pengembang program studi pendidikan pancasila dan kewarganegaraan yang berjumlah 14 orang serta narasumber dari pihak LPM Universitas Pamulang yakni bapak Imam Sofii, S.Ag.,SE.,M.Ag.,M.Pd.

Kegiatan dimulai pukul 10.00 WIB dengan dipandu oleh Suanto.,S.Pd.,MH. Diawali dengan pembukaan oleh MC dan sambutan oleh Bapak Drs.Alinurdin.,M.Pd selaku Ketua Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Beliau mengarahkan bahwa tim pengembang harus terus mengupgrad diri dan meningkatkan kualitas diri untuk menunjang kepenitngan pengembangan prodi semata dan walau dalam masa covid ini tidak melemahkan motivasi dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab.

Usai sambutan oleh Kaprodi maka dilannjutkan kegiatan inti yakni pemaparan materi oleh narasumber. Diawal penjelasannya pemateri menyampaikan bahwa sistem kendali mutu 4.0 terintegrasi itu terdiri dari beberapa komponen yakni dengan pengisian siskemu 4.0 terintegrasi maka terekamlah kinerja dosen-dosen pengembang yang nanti akan masuk kedalam LLDIKTI D. dari data-data yang sudah terekam itulah akan dinilai dan menjadi dasar pemeringkatan Perguruan Tinggi dan akreditasi. Dari komponen itulah maka sebuah mutu universitas akan terlihat.

Dilanjutkan penjelasan materi inti yakni peningkatan mutu program studi. Beliau menjelaskan bahwa dalam meningkatkan hal tersebut maka selain harus melaksanakan tridarma perguruan tinggi yakni pengajaran, penelitian dan pkm maka ada hal pendukung lainnya. Hal tersebut ialah melakukan kerjasama dengan lembaga lain, kegiatan kehamasiswaan berjalan aktif dan peran serta alumni. Jika salah satu hal tidak dijalankan maka berkuranglah mutu sebuah program studi.

Selesai penyampaian materi maka dibuka sesi tanya jawab. Beberapa dosen antusias mengajukan pertanyaan kepada narasumber sehingga kegiatan berjalan interaktif. Kegiatan pun berakhir dan ditutup oleh Mc.

Dari kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan ghiroh dosen dalam melaksanakan tugasnya dan mampu mengembangkan program studi yang bermutu serta terus mengupgrade diri demi peningkatan kualitas diri.

Penulis : 1. Sulastri.,S.Pd.,MH (tim pendukung bidang penjaminan mutu)
2. Suanto.,S.Pd.,MH (Ketua Tim pengembang penjaminan mutu).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *