Berdasarkan Surat undangan Kepala LLDIKTI Wilayah IV Nomor: 6137L4TU/2019 tertanggal, 2 Juli 2019, dan ST Rektor Nomor : 534/A/KP/UNPAM/VII/2019 acara TOT dibuka pada hari rabu tangaal 17 Juli 2019 pk. 09.00. Diawali dengan menyannyikan lagu Indonesia Raya Training of Trainer Pendidikan Karakter dan Antikorupsi Perguruan Tinggi di Lingkungan LLDIKTI Wilayah IV dan di hadiri langsung oleh Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi ( LLDIKTI ) Prof.Dr.H. Uman Suherman, AS,.M.Pd sekaligus Pemateri terkait kibijakan LLDIKTI Wilayah 4 terkait Implementasi Pendidikan Anti Korupsi di Perguruan Tinggi wilayah 4 Jawa Barat dan Banten.

Nara sumber utama KPK Bidang Direktorat Pendidikan dan Pengabdian Kepada Masyarakat dari Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK ) M.Indra Furqon, S.Sos.,MT selaku Ketua TIM Satuan Tugas Perguruan Tinggi dan Kementrian Lembaga KPK terkait Dasar-dasar Hukum Tindak Pidana Korupsi dan Potensi Tindak Pidana Korupsi di lingkungan Luar dan dalam Kampus. Dalam hal ini yang sangat di pahami menurut M.Furqon membangun Integritas bagi seluruh Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia terlebih dari Dosen-dosen Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan atau dosen yang mengampuh Mata Kuliah Khusus Pancasila dan PPKn di kampus masing-masing.

Nara sumber ketiga yaitu Prof.Dr. Antonius Nanang Tyasbudi P.,M.Sc dari ITB yang menyampaikan Implementasi PAK sebagai Mata Kuliah Mandiri dan Insersi yang menyampaikan struktur Perkuliahn PAK harus di masukan dalam MKWU atau Insersi dari mata kuliah yang cocok dgn PAK. Acara TOT Pendidikan Karakter dan Antikorupsi di ikuti oleh 65 dosen dari PTN maupun PTS di bawah LLDIKTI Wilayah 4.

Acara di tutup kamis pk. 17.00 oleh kepala LLDIKTI wil.4 dan di akhiri dengan photo bersama dengan membawah RPS dan bahan ajar dari KPK dan dari para narasumber yang telah di sampaikan dalam FGD bersama. Semoga bisa mermanfaat dan dapat di iplemnetasikan di kampus masi g-masing serta dapat di laksanakan dengan baik dan dapat di sosialisasikan dan di wujudkan dalam perkuliahan di Perguruan Tinggi.

Penulis dan foto: Herdi Wisman Jaya, S.Pd., MH., CT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *