TRM

Sabtu, 14 September 2019 Universitas Pamulang kembali membuat sejarah dengan menuntaskan kegiatan ” Gebyar PPKn 2019 ” dengan menggandeng tema The Rise of Millenials (Membangkitkan Pemuda-pemudi Millenial). Kegiatan yang dimulai semenjak 19 Agustus 2019 hingga berpuncak pada 14 september 2019 acara yang diselenggarakan oleh Hima PPKn dengan Koordinator pembina Bapak Herdi Wisman Jaya S.Pd, MH,CT   dengan berbagai macam rangkaian acara mulai dari Lomba Debat Pelajar tingkat SMA se-Tangsel, Lomba Cerdas Cermat tingkat SMA Se-Tangsel, Lomba Short Movie se-Jabodetabek, Lomba Fotoghrafi Se-Tangsel, Aksi Donor Darah bersama PMI, Piala Rektor Tournament Futsal dan ada satu acara lagi yang sedang digandrungi anak muda sekarang yaitu Seminar Kewirausahaan dengan pembicara Yasa Paramita Singgih seorang Enterpreuner muda kategori Forbes.

Kegiatan puncak gebyar yang dihadiri oleh Wakil Wali Kota Tangerang Selatan bapak Drs. H. Benyamin Davnie, ketua Yayasan Sasmita Jaya Dr (HC) Drs.H.Darsono beserta jajarannya, Rektor Universitas Pamulang Dr.H.Dayat Hidayat.,MM para Wakil Rektor dan Drs.H.Alinurdin, M.Pd selaku ketua program studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dan dihadiri lebih dari 600 peserta baik dari Mahasiswa UNPAM maupun umum, acara Gebyar rutin diselenggarakan oleh Hima PPKn setiap tahun sekali untuk meningkatkan kualitas akademik maupun non akademik serta mempromosikan program studi PPKn Universitas Pamulang kepada masyarakat luas.

Banyaknya peserta yang hadir selaras dengan 4 tujuan utama diadakannya gebyar yaitu :

* Menyatukan/meningkatkan silaturahim antar mahasiswa

* Untuk mengaktualisasikan mahasiswa diluar kampus dengan berbagai kegiatan yang positif

* Praktek Lapangan yaitu untuk memperdalam ilmu pengetahuan berhubungan dengan lulusan sebagai tenaga pendidik yang akan terjun di tengah masyarakat.

* Untuk membangun sportifitas dan kreatifitas para mahasiswa.

Acara dibuka pada pukul 08.00 dengan pembacaan ayat suci al-qur’an beserta saritilawah dan menyanyikan lagu Indonesia Raya Kemudian sambutan oleh Jajaran Senat Universitas Pamulang, acara ini juga bersamaan dengan pelantikan para Pejabat Struktural Unpam salah satunua Dr.E.Nurzaman,AM.MM.,M.Si dari Dekan FKIP menjadi Wakil Rektor I Bidang Akademik. Kemudian di lanjutkan sambutan oleh Wakil Wali kota Tangerang Selatan Drs. H. Benyamin Davnie beliau menjelaskan bahwa ada dua point yang dibicarakan yaitu Millenial dan PKn, Millenial adalah sebuah peradaban baru, zaman baru, atau generasi baru dengan ditandai teknologi dan komunikasi yang begitu canggih,

Dengan adanya Pendidikan Kewarganegaraan nilai-nilai yang ada dalam Pancasila harus menjadi kepribadian dan perilaku kita hidup dimasyarakat, Pancasila mengadopsi nilai-nilai musyawarah, kesatuan dan persatuan sedangkan millenial memberikan kemudahan akan banyak hal contohnya ada teman yang sakit atau kerabat yang meninggal tidak langsung menjenguk atau menghadiri tetapi malah cukup mengirim pesan melalui Whatsapp dengan mengucapkan bela sungkawa atau duka sehingga nilai silaturahminya atau persatuannya digantikan oleh kemajuan teknologi dan mau tidak mau masyarakat manerima karena tidak bias menghindar ujarnya.

Untuk itu kita semua diharapkan menggunakan 2 kecerdasan yaitu :

  1. Kecerdasan intlektual yaitu harus mampu mengatakan mana yang baik dan tidak baik.
  2. Kecerdasan akhlak dan Iman yaitu kecerdasan yang tumbuh dalam bermasyarakat.

Semoga kita semua dapat melakukan 2 kecerdasan tersebut untuk menjadikan pandangan baru yang menyeimbangkan antara kemajuan tekhnologi, kearifan lokal dan nilai-nilai pancasila yang kita peroleh, berikut adalah pesan yang diberikan oleh Bapak Wali kota Tangsel.

Dilanjutkan dengan penampilan tari, silat dan acara seminar kewirausahaan yang sangat ditunggu oleh para peserta banyak pembelajaran yang didapat dari kak Yasa tentang jatuh bangunnya menjadi seorang pengusaha, ada 3 hal yang beliau pondasikan untuk menjadi seorang pengusaha yaitu Keberanian, Relasi dan Modal, Cerita perjalanan yang pernah rugi ratusan juta dapat menjadi contoh bahwa semua itu butuh proses untuk mendapatkan hasil yang terbaik serta masih banyak lagi ilmu-ilmu yang beliau berikan.

Kegiatan selanjutnya yaitu hiburan yang diisi oleh ” Pizzicato ” dengan menyanyikan beberapa lagu dilanjutkan dengan Lomba Debat Pelajar dengan tema “Sistem Zonasi Sekolah” lalu Lomba Cerdas Cermat dan Lomba Debat Mahasiswa dengan tema yang sedang hits yaitu “Pemindahan Ibu Kota” setelah itu ada Doorprize untuk peserta dan pengumuman Juara yang dimenangkan oleh :

  1. Lomba Debat Pelajar tingkat SMA se-Tangerang Selatan (Piala Walikota)

Juara 1 : SMAN 1 Tangerang Selatan B

Juara 2 : SMAN 1 Tangerang Selatan A

Juara 3 : SMAN 12 Tangsel A

  1. Lomba Cerdas Cermat tingkat SMA se-Tangerang Selatan (Piala Walikota)

Juara 1 : SMK Sasmita Jaya 1

Juara 2 : SMA Al Azhar BSD

  1. Lomba Debat Mahasiswa PPKn (Piala Kaprodi)

Juara 1 : Semester 03PPKE001

Juara 2 : Semester 04PPKE001

Juara 3 : Semester 02PPKM001

  1. PKn Futsal Cup (Piala Rektor)

Juara 1 : Pasti Menang FC fakultas Ekonomi

Juara 2 : Beans.ide dari fakultas Teknik

Juara 3 : Magnis FC dari Fakultas Ekonomi

Pemenang MVP : Ade Hendra dari Tim Pasti Menang FC

Pemenang Top Score : Joram dari tim Magnis FC

  1. Lomba Fotoghrafi se-Tangerang Selatan

Juara 1 : Erik Kusnandar

Juara 2 : Akhmad Firdaus

Juara 3 : Rian Yulawan

Juara favorit : Nurul Afifah

Semoga acara “Gebyar PKn 2019” dapat memberikan motifasi dan inspirasi bagi para Millenials.

Acara yang terakhir penutupan dengan do’a oleh Ahmad Rosadi. Semoga berdampak lebih baik pada masyarakat dan pada Universitas Pamulang serta Program Studi Pendidikan Pancasila Tentunya.Amin . Sekian dan terimakasih sampai jumpa ditahun berikutnya. Salam..PPKn Jaya.

Penulis/Photo : Herdi Wisman Jaya dan Ahmad Habibullah ( ketua HIMA PPKn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *