Tetap Jaga Silaturahmi Dosen PPKn di Tengah Kondisi Pandemi covid-19 Menjelang Hari Raya 1441 H

 by Teleconference google meet, Rabu 20 Mei 2020 pk. 13.00-14.30

Di tengah pandemi Corona Covid-19 kita menjadi terbatasi akibat berbagai kebijakan jaga jarak sosial dan juga untuk menetap di rumah saja. Meskipun pandemi Corona Covid-19 berlangsung saat ini, silaturahmi tetap bisa dijalankan. Meskipun pastinya tetap berpedoman pada aturan social distancing.

Sejak merebaknya pandemi Covid-19 sekitar Januari lalu, dunia pendidikan tak luput terkena imbasnya. Di Indonesia, penyebaran Covid-19 ke berbagai provinsi dalam waktu relatif pendek telah memaksa para pemangku kepentingan pendidikan dan para pendidik harus melakuakan aktifitasnya dari rumah sesuai dengan pemberlakuan WORK FORM HOME (WFH). Tidak luput dengan kegiatan Pelaksanaan silaturahmi yang dilaksanakan oleh Dosen FKIP PPKn melalui aplikasi teleconference yang diselenggarakan pada  Rabu 20 Mei 2020 yang dihadiri hampir seluruh dosen PPKn  

Silaturahmi tersebut diselenggrakan sebagai bentuk untuk memperkokoh tali persaudaraan antar sesama dosen PPKn Universitas Pamulang di tengah pendemi saat ini, yang biasanya kita dapat berinteraksi langsung dalam melakasanakan kegitana rutinitas sehari-hari.  Seperti yang di ketahui bahwa silaturahmi secara umum adalah berbuat baik kepada kerabat sesuai dengan kondisi yang menyambung maupun yang disambung.

Dalam kesempatan pertemuan yang di motori oleh dosen-dosen pengembang di prodi PPKn dan tidak lepas dukungan yang di berikan oleh Kaprodi sekaligus dekan FKIP. Acara dipandu oleh Sulastri.,S.Pd.,MH diawali dengan pembukaan, dilanjutkan oleh sambutan serta pengarahan oleh Kaprodi PPKn Unpam diantara yang disampaikan beliau terkait dengan tugas dan tanggung jawab dosen dalam menjalan tugas dan fungsinya, dan tak lupa juga ajakan untuk dapat saling berbagi kepada saudara kita yang terdampak adanya pademi covid-19. Kita sebagai dosen harus peka terhadap permasalahan  di sekitar kita terutama kepada teman-teman dan saudara-saudara kita dan juga mahasiswa yang secara langsung terkena dampak dari keadaan ini, marilah kita sisihkan sebahagian rezeki kita untuk dapat membantu mereka dan  tetap dapat mejalankan seluruh kewajiban dengan penuh tangung jawab, ujar kaprodi PPKn sekaligus dekan FKIP Universitas Pamulang Drs. Alinurdin, M.Pd, diiringi dengan ucapan Taqabbalallahu Minna Wa Minkum  kepada seluruh dosen.

    Ajakan dan himbauan untuk berbagi disikapi positif oleh seluruh dosen dengan kesadaran bahwa kepedulian kepada sesama adalah bagian tanggung jawab kita bersama dengan menyumbangkan sebagian rezekinya untuk di sampaikan kepada yang membutuhkan. Dalam kesempatan ini pula salah satu dosen PPKn merangkap sebagai Ustadz H. Aef Saefullah, S.Ag., M.Pdi memberikan tausiahnya yang berkaitan dengan makna hari-hari akhir menjelang Hari raya Idul fitri dengan ajakan untuk  bersama sama sama memperbanyak ibadah , berbuat baik , tetap dalam keadaan bertaubat, bersilaturahim sesuai dengan tuntunan Nabi Muhammad SAW,walaupun dengan kondisi sekarang ini tidak memungkinkan untuk bertemu secara langsung tetapi tidak mengurangi niat kita untuk bersilaturahmi dengan menggunakan fasilitas teknologi yang ada, Ramadhan adalah bulan penghapusan dosa, ujar ustadz Aef Saefullah. Dalam menyambut idul fitri kita kuatkan kebersamaan kita, untuk saling berbagi sesuai dengan motto prodi ppkn unpam yaitu rela berbagi ikhlas memberi.

Penulis / Foto : Sri Utaminingsih.,MH.,M.Pd

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *