Semnas 2019

Program Studi pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Pamulang kembali mengadakan kegiatan ilmiah tahunan berupa seminar nasional. Yang diikuti oleh 1211 peserta yang terdiri dari mahasiswa PPKn, prodi lain, guru dan dari program pasca sarjana. Dengan mengundang pembicara Dr. Supriano, M.Ed, Direktur Jendral Guru Tenaga Kependidikan Kemendikbud, dan Prof. Dr. Ismunandar Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristek Dikti.

Tema seminar kali ini “Tantangan kompetensi guru di era Industri 4.0” panitia mengambil tema ini agar kita semua, khususnya mahasiswa PPKn dapat mengantisipasi tantangan sebagai seorang guru di masa yang akan datang, juga memberikan pemahaman dan pengetahuan bagi semua dosen di prodi PPKn agar mampu mengarahkan mahasiswanya menjadi seorang calon guru yang profesional, pelaksanaan seminar ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru melalui pengembangan diri karena ilmu pengetahuan dan teknologi terus berkembang. Karena, masih banyak guru yang tidak mau mengembangkan diri untuk meningkatkan kompetensinya sesuai dengan perkembangan zaman. Apabila hal ini terus berlangsung, maka guru tidak akan mempunyai kompetensi sesuai dengan tuntutan pendidikan di era Revolusi Industri 4.0.

Dalam pelaksanaan kegiatan seminar nasional ini diawali dengan pembukaan oleh MC, lalu dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al Quran disertai doa, lalu sambutan dari ketua Yayasan Sasmita Jaya dan sambutan dari rektor Universitas Pamulang sekaligus membuka secara resmi kegiatan seminar. Sebelum pemaparan materi dilaksanakan, acara diselingi oleh kesenian oleh mahasiswa PPKn.

Kegiatan seminar ini dipandu oleh Bapak Herdi Wismanjaya, S.Pd, M.H berlangsung dengan tertib karena paparan materi yang disampaikan oleh narasumber sangat bermanfaat bagi peserta, selain pemaparan materi, kegiatan ini juga diselingi oleh diskusi dan tanya jawab dari peserta. Antusiasme peserta dalam sesi tanya jawab begitu tinggi, namun karena keterbatasan waktu, kegiatan ini harus di akhiri pada pukul 12.05 Wib.

Kami selaku panitia mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung dan membantu terselenggaranya acara Seminar Nasional program studi PPKn. Kami juga memohon maaf bila sekiranya terdapat kekurangan di dalam penyelenggaran seminar ini. Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Penulis dan Foto: Amelia Haryanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *