REVIU PEDOMAN JURNAL DAN SEMINAR NASIONAL GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DIKDAS

Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemdikbud ( Swiss Belhotel Internasional, Serpong, 3-6 Maret 2020 )

Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemdikbud dalam rangka pemerataan dan peningkatan mutu guru dan tenaga kependidikan  pemerintah mengembangkan mekanisme pembinaan guru dan tenaga kependidikan melalui berbagai cara.  Salah satunya adalah pelatihan menulis artikel  berupa hasil kajian, refleksi pengalaman terbaik (best practice), dan penelitian. Artikel tersebut kemudian dipublikasikan pada khalayak melalui seminar nasional guru dan tenaga kependidikan dasar tahun 2020. Sebagai persiapan program tersebut, Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Dasar Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan memandang perlu menyusun pedoman seminar nasional guru dan tenaga kependidikan dasar tahun 2020 yang di susun dari nara sumber nasional Diskusi Kelompok Terpupun ( DKT ) dari unsur Direktorat GTK Dikdas, Akademisi dari berbagai perguruan Tinggi di Indonesia, LPMP DKI, PPPPTK Pertanian dan Penjas yang bertempat di Swiss Belhotel Internasional Serpong Kota tangerang Selatan dari tanggal 3 -6 maret 2020 . Pedoman ini disusun agar kegiatan seminar nasional 2020 dapat berjalan efektif dan efisien menurut Plt. Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan  Kebudayaan Ir. Sri Renani Pantjastuti, MPA pada saat pembukaan.

Menurut  Dr.Irmawati penanggung jawab acara tujuan diselenggarakan seminar nasional tahun 2020 adalah sebagai berikut.

  1. Mengoptimalkan peran kepala sekolah dan guru penggerak.
  2. Meningkatkan kemampuan kepala sekolah dan guru dalam menulis karya ilmiah.
  3. Mendiseminasikan gagasan inovatif, pengalaman terbaik, atau hasil penelitian.
  4. Mengkaji program merdeka belajar mencakup USBN, UN, RPP, dan PPDB zonasi.

Kemudian ketua Tim pedoman dan panduan seminar Prof.Dr.H.Agus Suyatna.M.Si Sasaran seminar nasional tahun 2020 adalah kepala sekolah dan guru pendidikan dasar di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dan sekolah Indonesia luar negeri (SILN) yang memiliki nomor unik pendidik dan tenaga kependidikan (NUPTK) di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Hasil yang diharapkan dari seminar nasional tahun 2020 ini adalah

  1. teroptimalkannya kepala sekolah dan guru penggerak mewujudkan Indonesia unggul;
  2. meningkatnya kemampuan kepala sekolah dan guru dalam menulis karya ilmiah;
  3. terdiseminasikannya gagasan inovatif, pengalaman terbaik, atau hasil penelitian;
  4. terkajinya program merdeka belajar mencakup USBN, UN, RPP, dan PPDB zonasi

       Dalam seminar nasional ini diharapkan kepala sekolah dan guru memperoleh pengalaman tentang menulis, mempresentasikan, dan mendiseminasikan karya tulis ilmiah. Selain itu, melalui forum seminar nasional tersebut kepala sekolah dan guru dapat memperoleh angka kredit dari karya tulis ilmiah yang dipresentasikan. Perolehan berbagai angka kredit menjadi akumulasi persyaratan kenaikan pangkat.

Penulis/Photo    : Herdi Wisman Jaya, S.Pd.,MH.,CT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *