RAPAT KOORDINASI PENYUSUNAN BAHAN AJAR

Dalam persiapan memasuki Tahun Akademik baru 2020/2021, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaaraan, Universitas Pamulang, pada hari senin tanggal 13 Juli 2020 telah melaksanakan Rapat Koordinasi Penyusunan Bahan Ajar, rapat kegiatan ini dilaksanakan oleh Bidang Pendidikan dan Pengajaran Program Studi PPKn bersama dengan Tim Teaching yang terdiri dari Dosen-dosen yang mengajar di semster V Prodi PPKn.

Rapat koordinasi tersebut mempunyai agenda utama yaitu: (1) mempersiapkan Bahan Ajar pada semester V Kurikulum Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI); (2) pembuatan RPS Mata Kuliah baru; dan (3) Pembuatan Video Pembelajaran untuk Konten E-Learning untuk semua Mata Kuliah. Rapat ini dipimpin oleh Ketua Progran Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yaitu Bapak Drs. H. Alinurdin, M.Pd., yang didampingi oleh Sekretaris Prodi PPKn Ibu Ichwani Siti Utami, S.Pd.,M.H beserta Team Bidang Koordinator, Bidang Pendidikan dan Pengajaran Program Studi PPKn yaitu Ibu Eti Hayati, M.Pd., dan Bapak Roni Rustandi, S.Pd, M.H serta Dosen-dosen yang tergabung dalam Tim Teaching.

Rapat Koordinasi ini di buka dengan sambutan dari Kaprodi PPKn yaitu Bapak Drs. H. Alinurdin, M.Pd., dalam sambutannya beliau menyampaikan beberapa poin penting diantaranya yaitu di dalam penyusunan bahan ajar jangan selalu beorientasi pada besar atau kecilnya hasil dari cek kemiripan tulisan (turnitin), tetapi harus berfokus pada isi atau konten dari bahan ajar yang dibuat tersebut, sehingga menjadi bahan ajar yang berkualitas. Selain itu, beliau juga mengingatkan agar selalu memperhatikan tanggal-tanggal penting terkait dengan jadwal atau waktu penyusunan bahan ajar tersebut agar sesuai dengan target ketercapaian bagi Prodi PPKn.

Rapat di lanjutkan dengan pemaparan dari Ibu Eti Hayati, M.Pd., selaku Koordinator Bidang Pendidikan dan Pengajaran Prodi PPKn. Pada agenda rapat yang pertama yaitu tentang mempersiapkan Bahan Ajar pada semester V Kurikulum Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), terdapat 6 mata kuliah pada kurikulum yang lama (KBK) yang di ubah menjadi berjumlah 7 mata kuliah pada kurikulum KKNI, selain itu juga terdapat beberapa perubahan bobot sks beberapa mata kuliah, diantaranya yaitu: mata kuliah Hukum Perdata dan Acara Perdata yang semula berbobt 4 sks di ubah nama dan bobot sks nya menjadi mata kuliah Pengantar Hukum Perdata yang berbobot 3 sks, serta mata kuliah Komputer dan Media Pembelajaran yang berbobot 3 sks diubah menjadi mata kuliah Integrasi Teknologi dalam Pembelajaran PPKn dengan bobot 2 sks. Selain itu juga terdapat mata kuliah baru pada kurikulum KKNI semester V yaitu mata kuliah Kewirausahaan (2 sks).

Pembahasan kedua pada rapat ini, yaitu pembuatan RPS Mata Kuliah baru, Ibu Eti Hayati, M.Pd.,menjelaskan bahwa untuk pembuatan RPS dan Modul Materi mata kuliah Kewirausahaan (2 sks) akan dipercayakan kepada Ibu Sri Utaminingsih, S.H.,S.Pd.,M.H.,M.MPd., sebagai ketua Tim Teaching mata kuliah Kewirausahaan tersebut. Sedangkan untuk mata kuliah Integrasi Teknologi dalam Pembelajaran PPKn dengan bobot 2 sks, akan di serahkan kepada Bapak Suanto, S.Pd.,M.H dan Bapak Aeng Muhidin, M.Pd untuk pembuatan RPS dan Modul Materinya. Untuk lebih jelasnya bisa di lihat pada pada gambar di bawah ini.

Selanjutnya, pembahasan ketiga pada rapat ini, yaitu pembuatan Video Pembelajaran untuk Konten E-Learning untuk semua Mata Kuliah, seperti yang sudah di ketahui bersama bahwa sejak awal masa pandemi Covid 19, yaitu pada pertengahan bulan Maret 2020 (tanggal 20 Maret), Layanan Akademik dan Administrasi Universitas Pamulang dilakukan secara Online. Pembelajaran Online (E-Learning) yang dilakukan sejak awal semester Genap T.A 2019/2020 sampai dengan saat ini, Prodi PPKn memandang perlu diadakannya evaluasi serta perbaikan dalam penerapan ke depannya, salah satu upaya perbaikan tersebut yaitu dengan mewajibkan setiap Dosen untuk membuat Video Pembelajaran pada semua mata kuliah, hal ini di maksudkan agar Mahasiswa yang melakukan pembelajaran online tetap termotivasi dan tidak bosa dalam mengikuti perkuliahan online tersebut, juga sebagai upaya peningkatan layanan akademik Program Studi PPKn pada Tahun Akademik baru 2020/2021.

Semoga semua upaya persiapan dan perbaikan tersebut dapat meningkatkan kualitas layanan akademik (pembelajaran), tidak saja bagi Mahasiswa dan Dosen tetapi juga bagi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.

(Penulis/Foto : Eti hayati / Roni Rustandi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *