“RAPAT KERJA PRODI PPKN 2021”

Pada hari jumát 19 februari 2021 program studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaran mengadakan rapat kerja yang diadakan di salah satu ruangan  lantai dua gedung Universitas Pamulang yang bertemakan “ Menuju Prodi PPKn Yang Unggul dan Kompetitif”.  Rapat ini dimulai pada pukul 09.00 wib yang diawali oleh sambutan dari Dekan sekaligus Ketua Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yaitu BPk. Drs. H.Alinurdin M.Pd. yang secara resmi memulai kegiatan rapat kerja prodi. Pada kesempatan ini beliau memberikan motivasi kepada seluruh dosen agar terus bersemangat dalam menjalankan tugasnya sebagai dosen di universitas Pamulang terutama prodi PPKn, mengingat akan banyak perubahan terutama pada sistem pembelajaran online, dimana selama pandemi ini semua pembelajaran dilakukan secara Daring.

Kegiatan selanjutnya adalah presentasi dari masing-masing bidang yaitu bidang pendidikan, kerjasama, bidang tracer study, bidang kemahasiswaan, bidang penelitian ,bidang pengabdian dan pengendalian mutu. Presentasi yang pertama dimulai oleh bidang pendidikan bidang ini memaparkan kegiatan programnya yang telah lalu serta program ke depannya salah satunya terkait program LMS yang akan digunakan dalam pembelajaran online ini dimana pada sistem yang baru ini ada 7 kriteria atau 7 kegiatan yang harus dilakukan oleh dosen maupun mahasiswa, agar pembelajaran terlaksana dengan baik bidang pendidikan pun mengagendakan kegiatan pelatihan untuk dosen terkait sistem ini yang direncanakan akan diadakan pada hari senin tanggal 22 februari 2020. Presentasi selanjutnya dari bidang kerjasama sama seperti bidang sebelumnya bidang kerjasama pun memaparkan program kerja yang telah dicapai pada semester sebelumnya bahwa prodi PPKn sudah menjalin kerjasama  dalam skala lokal dan nasional  diantaranya dengan IGI Tangsel, Dinas Pendidikan Tangsel, dan juga dengan pihak pihak lainnya. Untuk program kedepannya bidang ini merencanakan untuk menambah lagi kerjasamanya baik dalam skala lokal, nasional dan semoga dapat menjain kerjasama dalam skala internasional.

Presentasi program kerja selanjutnya yaitu dari bidang tracer study, bidang ini merupakan bidang yang menangani kealumnian, yang mana pada bidang ini tim dari tracer study aan melaksanakan program atau kegiatan pembekalan sebelum mahasiswa mengikuti wisuda. Dalam kegiatan ini mahasiswa diberikan arahan, saran untuk dapat hidup bermasyarakat sehingga dapat mengimplementasikan ilmu yang sudah didapatnya selama di bangku perkuliahan. Seteah pemaparan program kerja dari bidang tracer study pemaparan program dilanjutkan oleh bidang kemahasiswaan pada bidang ini disampaikan kegiatan apa saja yang direncanakan untuk dapat menggali bakat dan kreatifitas mahasiswa.

Pemamaparan program selanjutnya yaitu dari bidang penelitian, bidang ini melaporkan kegiatan penelitian yang telah dilakukan oleh dosen dan mahasiswa dimana pada semester lalu penelitian dosen dan mahasiswa tercapai sesuai dengan yang ditargetkan, tercatatkan 9 orang dosen lolos dalam penelitian hibah Dikkti dan beberapa dosen juga melakukan  penelitian  internal universitas Pamulang.  Selanjutnya pemaparan dari bidang pengabdian masyarakat, bidang ini melaporkan kegiatan pengabdian dosen dan mahasiswa yang telah dilaksanakan pada semester sebelumnya. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat telah tercapai sesuai dengan target yang ditetapkan prodi dan untuk kedepannya kegiatan pengebdian masyarakat akan difokuskan pada Desa Binaan Prodi PPKn yaitu Desa Kuripan, semoga dengan adanya Desa Binaan ini kegiatan Pengabdian akan lebih meningkat lagi. Kegiatan pemaparan program ditutup oleh bidang penjaminan mutu dari kesemua bidang yang telah memparkan programnya bidang penjaminan mutulah yang akan menghitung ketercapaian dari masing masing bidang sehingga nilai yang didapatkan akan diketahui apakah sudah baik atau cukup. Kegiatan ini berakhir pada pukul 11.45 semoga dengan diadakannya kegiatan ini dapat mempererat ukhuwah islamiyah diantara dosen prodi PPKn dan memberikan manfaat tidak hanya untuk dosen tetapi juga untuk seluruh mahasiswa prodi PPKn
Penulis / Foto : Nurdiana.,S.Pd.,MH

Editor : Yulita Pujilestari.,MH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *