propesa-2019

Universitas Pamulang menyelenggarakan Proses Pengenalan Sistem Akademik (Propesa) selama 3 hari berturut-turut, 28, 29 dan 30 Agustus 2019. Dalam Propesa juga di ikuti oleh Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang di ikuti oleh 340 mahasiswa/i Propesa diadakan di Auditorium yang megah dan sangat repsentatif untuk meyelenggarakan berbagai kegiatan yang berada di Kampus II, Viktor Serpong Kota Tangerang Selatan. Propesa itu sendiri akan diadakan 3 tahap sesuai daya tampung auitorium yang berkapasitas 5000 lebih tempat duduk. Jumlah mahasiswa baru Unpam tahun 2019 ini mencapai 20.324 orang.

Sementara daya tampung Auditorium kampus II Serpong tidak memungkinkan dilaksanakan sekali dalam kegiatan Propesa . Maka dalam pelaksanaan yang diadakan oleh lembaga itu mahasiswa baru Unpam diberi leluasa dan kesempatan dan kelonggaran dalam menentukan jadwal senediri dalam acara tersebut yaitu diperbolehkan memilih salah satu dari 3 gelombang tersebut agar dapat mengikuti dan mendengarkan semua informasi yang sangat penting dari sumber-sumber yang mumpuni selaian bapak ibu pejabat Struktural yang ada di Unpam saat ini. Propesa yang di lakukan dalam 3 gelombang ini mencapai jumlah mahasiswa baru Unpam seluruhnya mencapai 20.324 mahasiswa.

Propesa Unpam itu sendiri dikelola langsung oleh senat universitas di bawah kordinator Dr.Ir.H.Sewaka,M.M selaku wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan yang dibantu juga oleh oleh dosen bidang kemahasiswaan dari seluruh program studi uang ada di Unpam yang terdiri dari 17 Program Studi yaitu Progi Magister Manajemen, Magister Hukum, Teknik Kimia, Teknik Mesin, Teknik Industri, Teknik Elektro, Teknik Informatika, Sastra Indonesia, Sastra Inggris, Matematika, Manajemen, Akuntansi S1 dan Akuntasnsi D3, Administrasi Perkantoran, Hukum, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Pendidikan Kewarganegaraan. Selama masa Propesa yang di lakukan di Universitas Pamulang selama ini selain wajib di hadiri oleh Jajaran Struktural Unpam dan dosen-dosen khusus bidang kemahasiswaan juga di hadiri oleh seluruh Himpunan Mahasiswa ( HIMA ) yang berada di semua program studi serta Unit Kegiatan Mahasiswa ( UKM ) mulai dari Paduan suara Gita Sasmita, Racana Pramuka, Pencinta Alam Arcabuana, Vespa Club, Olahraga serta lainya.

Dalam sambutan dan pembukaannya Rektor Universitas Pamulang, Dr H Dayat Hidayat MM memberikan motivasi agar setiap mahasiswa berperan aktif dalam menjaga kualitas perguruan tinggi. Salah satunya dengan aktif melakukan Tri Dharma terutama penelitian dan inovasi. Selain itu, beliau juga mengingatkan agar dapat cermat dengan aturan akademik dan serius belajar di Unpam karena Unpam menggunakan sistem dropout otomatis. “Kita meskipun (SPP-nya) murah, tapi berkualitas. Anda kuliah tapi di akhir semester (IPK) tidak mencapai 2,0 maka akan drop out” tegasnya. Rektor meminta agar saat kuliah nanti tidak seperti wayang yang hanya datang dan duduk tanpa aktif melakukan tridharma. Kemudian di lanjutkan dengan informasi dari Perpustakaan, Klinik Kesehatan, Kemahasiswaan, sistem pembayaran melalui Bank yang ada di Unpam saat ini.

Khusus dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan ( FKIP ) baik dari Prodi PPKn dan Pendidikan Ekonomi di ajak untuk keliling di kelas tempat kuliah dan staf adiministrasi di lt. 4 serta pengenalan dengan dosen-dosen yang ada di Fakultas di lanjutkan dengan upacara penyambutan mahasiswa baru yang di pimpin oleh pembina upacara Dekan FKIP Dr.E.Nurzaman,AM.MM.,M.Si serta di hadiri oleh Kaprodi Pendidikan Ekonomi Saiful Anwar, S.Pd.,SE.,M.Pd dan Kaprodi PPKn Drs. H. Alinurdin.,M.Pd beserta dosen dari masing-masing Prodi. Acara di tutup dengan pengalungan bunga secara simbolis kepada mahasiswa baru oleh Dekan di lanjutkan dan bersalaman dengan semua dosen dan HIMA dan berlangsung selama 3 hari dari tanggal 28, 29 dan 30 Agustus 2019 selama masa Propesa di Universitas Pamulang. Semoga mendapat kan semua ilmu yang bermanfaat.Amin.

Penulis dan foto:
Herdi Wisman Jaya, S.Pd., M.H., CT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *