Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Pamulang
Di SMA PGRI 56 Ciputat

Kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) Universtias Pamulang merupakan kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa semester VIII untuk menunjang kompetensi nyata sebagai mahasiswa, khususnya dari Program Studi Pendidikan Pancasila Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Program Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) mengajarkan mahasiswa calon guru tentang bagaimana menguasai kompetensi sebagai seorang guru yang profesional. Contoh : Kompetensi Pedagogik yaitu kemampuan guru untuk mengombinasikan prinsip ilmu mengajar dengan kemampuan dan latar belakang yang dimiliki peserta didiknya.

Sehubungan dengan diadakannya kegiatan PPL Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMA PGRI 56 Ciputat pada tanggal 9 Agustus 2021 dengan dosen pembimbing Sri Utaminingsih S,Pd, S.H ., M.Pd., M.H, maka pada tanggal 13 Agustus 2021 melakukan pengantaran pembukaan mahasiswa PPL sebagai tanda menempatkan mahasiswanya melakukan praktek. Yang dihadiri dan diterima Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah bid. Kurikulum, dan guru pamong di SMA PGRI 56 Ciputat sebagai pengesahan penerimaan mahasiswa Universitas Pamulang.

Alhamdulillah, kami sangat bersyukur bahwa dari pihak sekolah SMA PGRI 56 Ciputat menerima kami dengan tangan terbuka, yang mana setelah kami bertemu dengan Kepala bid. Kurikulum Bapak Drs Hartono, M.Pd maka kami diajaknya untuk bertemu langsung dengan Kepala Sekolah, lalu kami mengadakan rapat kecil dimana rapat tersebut untuk lebih resmi membuka pelaksanaan pengantaran mahasiswa PPL. Diawali pada rapat tersebut selaku dosen pembimbing kami Ibu Sri Utaminingsih S, Pd, S.H ., M.Pd., M.H memperkenalkan diri dan memberikan sambutan lalu menyampaikan bahwa pelaksanaan PPL akan dilaksanakan selama kurang lebih 3 bulan dan beliau memperkenalkan kami 3 mahasiswa yang akan melaksanakan PPL yaitu Baharudin Yusuf , Nasrudin dan Hardi Sukma

Selanjutnya, Ibu Sri Utaminingsih menyampaikan bahwa pelaksanaan PPL akan dilaksanakan dimulai dari tangal 9 Agustus 2021 sampai dengan 9 November 2021, dan tidak lupa juga Ibu Sri mengucapkan terima kasih mewakili pihak Program Studi Pendidikan Pancasila kepada pihak sekolah yang telah bersedia dan menerima untuk bekerjasama dengan Universitas Pamulang dan menerima mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan PPL di sekolah tersebut.

Dosen Pembimbing Ibu Sri Utaminingsih mengungkapkan “Saya mendapatkan amanah dan mewakili Kaprodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dari Universitas Pamulang mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak sekolah yang telah bersedia menerima mahasiswa/i kami dalam kegiatan PPL, dan sekiranya kami mohon bimbingan dan arahannya agar mahasiswa/i kami bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan pengalaman yang berkesan selam melaksanakan PPL di sekolah ini,dan jika ada mahasiswa/I kami yang kurang disiplin atau tidak mengikuti peraturan dari pihak sekolah, maka pihak sekolah berhak dan boleh menegurnya dan melaporkan kepada saya selaku dosen pembimbing PPL”.

Kemudian sambutan selanjutnya dari pihak yang diungkapkan oleh Kepala Sekolah SMA PGRI 56 Ciputat Bapak M. Zaenudin.,HZ, S.Pd “Sebelumnya kami mengucapkan terima kasih atas kedatangan Ibu Sri dan mahasiswanya dari Univrsitas Pamulang, dan kami pihak sekolah menerima dengan senang hati, tahun lalu juga ada mahasiswa PPL dari Universitas Pamulang, di sini mahasiswa PPL dipersilahkan memakai fasilitas yang ada di sekolah kami sesuai dengan kebutuhan pemakaian”.

Setelah peenerimaan mahasiswa PPL, lalu mahasiswa diantar Kepala bid. Kurikulum untuk bertemu dengan guru pamong, yang mana guru pamong tersebut yang akan mengajarkan dan membimbing mahasiswa selama PPL berlangsung. Kami bertemu guru pamomg yaitu Bapak Jayadih S.Pd, yang menyampaikan, “Untuk rekan – rekan mahasiswa PPL, nanti selama PPL berlangsung dan yang berkaitan dengan pembelajaran itu dengan saya sendiri, Ujar Bapak”. “ dan jangan sungkan ya rekan – rekan mahasiswa apabila ada yang kurang dimengerti boleh ditanyakan kepada saya untuk teknis dan prosedur pembelajaran dan untuk kegiatan atau program sekolah boleh nanti ditanyakan ke Wakasek bid. Kurikulum” ungkap Bapak .

Penulis / Foto : Baharudin Yusuf / Nasrudin

Editor : Sri Utaminingsih, S.Pd, M.Pd,. S.H,. M.H 

Publisher : Yulita Pujilestari,MH