PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) MAHASISWA PRODI PPKN DI SMPN 17 TANGERANG SELATAN

Program praktik pengalaman lapangan ini menjadi salah satu tugas dan kewajiban bagi seluruh mahasiswa/i semester 8 (delapan) program studi Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan (PPKn) Universitas pamulang. Program ini dilaksanakan bertujuan untuk membentuk

mahasiswa/calon guru yang memiliki kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian, sosial, dan teknologi, melatih ketrampilan mahasiswa/calon guru dalam mengajar/membimbing secara nyata di sekolah, dan memberikan pengalaman kepada mahasiswa/calon guru yang dilapangan terkait dengan tugas-tugas guru. Kegiatan tersebut juga menjadi kewajiban mahasiswa sebelum meraih gelar Strata 1 (S1).

Pada tanggal 20 Agustus 2021 pukul 10.00 WIB telah dilakukan tahap awal kegiatan PPL dimana Dosen Pembimbing PPL Ibu Nurdiyana,S.Pd,M.H dan kami mahasiswa/i Universitas Pamulang yang terdiri dari Nur Holisoh, Putri Rengganis, dan Rozak Kurniawan melakukan Pengantaran Perdana ke sekolah SMPN 17 Tangerang Selatan yang beralamat di JL.Pamulang Permai Barat 3 no. 17, Pamulang Barat, Pamulang, Kota Tangerang Selatan dan disambut dengan hangat oleh Wakasek Bidang Kurikulum Bapak Wuryanto,S.Pd,MM. dan Bapak Adji Pitoyo,S.Pd selaku guru mata pelajaran PPKn di sekolah tersebut. Kunjungan ini memiliki tujuan yang baik yaitu menjalin silaturahmi antara prodi PPKn Universitas Pamulang dengan SMPN 17 TANGSEL dan selanjutnya melakukan proses serah terima mahasiswa/i untuk melaksanakan kegiatan PPL di sekolah tersebut.

Dalam pertemuan pada pagi hari ini acara dibuka oleh Bapak Adji Pitoyo,S.Pd menyampaikan sambutan serta teknis dalam melaksanakan PPL dan beberapa hal lainnya kemudian dilanjut dengan Ibu Nurdiyana,S.Pd,M.H memperkenalkan diri serta memberikan sambutan dan sekaligus mengutarakan maksud dan tujuan kami datang kesekolah “maksud dan tujuan kami datang kesini yaitu ingin mempererat silaturahmi dan menjalin kerja sama kepada  sekolah SMPN 17 TANGSEL dan juga bersedia membantu dan membimbing mahasiswa/I kami selama  3 bulan kedepan dimulai dari 09 Agustus 2021 – 09 November 2021 mendatang dan sangat berterimakasih karena telah bersedia dan menerima kami dengan sangat baik disekolah ini ”.

Sambutan selanjutnya, yaitu Wakasek Bidang Kurikulum Bapak Wuryanto,S.Pd,MM Menyampaikan sambutannya “Sebelumnya kami ingin mengucapkan terimakasih karena telah mempercayakan mahasiswa/i nya untuk melakukan PPL disekolah kami, berhubungan dengan kegiatan PPL ini kami menyerahkannya untuk teknis dan lain sebagainya kepada guru pamong kalian”.

Setelah penyambutan acara selanjutnya yaitu penandatanganan berkas-berkas yang dibutuhkan terkait kegiatan pelaksanaan PPL oleh Bapak Wuryanto,S.Pd,MM yang diberikan oleh Ibu Nurdiyana,S.Pd,M.H selaku Dosen Pembimbing kami.

Dan dilanjutkan sesi foto Bersama antara pihak sekolah SMPN 17 TANGSEL, dosen pemimbing dan mahasiswa/i PPL. Setelah prosesi pengantaran selesai kami mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Wakasek bidang Kurikulum yang telah menyambut kami dengan hangat serta bersedia membantu kami dalam PPL ini .

Penulis / Foto : Tim Mahasiswa/i PPL (Nur Holisoh, Putri Rengganis, Rozak Kurniawan)

Publisher : Yulita Pujilestari,MH