Pengantaran dan Pembukaan Kegiatan PPL Mahasiswa
Prodi PKKn FKUP Unpam di SMK Negeri 3 Tangerang Selatan
Tahun Akademik 2021 P

Pada hari Kamis, 12 Agustus 2021 Program Studi PPKn FKIP Universitas Pamulang mengadakan kegiatan pengantaran dan pembukaan kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) Tahun akademik 2021/2022 di SMK Negeri 3 Kota Tangerang Selatan. Kegiatan PPL merupakan kegiatan praktik mandiri yang dilakukan oleh mahasiswa program studi pendidikan dengan cara menerapkan pengetahuan dan keterampilan tentang kependidikan yang sebelumnya telah dipelajari selama kuliah ke dalam praktik mengajar di dunia nyata.

Dalam acara tersebut dihadiri Dosen pembimbing lapangan Bapak A. Chaidir Marasabessy, S.Sos.,M.Pd, sedangkan dari pihak sekolah diwakili Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Bapak  Surya Wedi, S.Kom dan Wakil kepala Sekolah Bidang Humas/Hubin Bapak Caskam, M.Pd, serta guru Pamong Ibu Dra. Nirza Lolianti.

Kami sangat bersyukur bahwa pihak SMK Negeri 3 Kota Tangerang Selatan menerima kami dengan tangan terbuka, yang mana setelah kami bertemu dengan Wakasek Bid. Kurikulum pada hari Senin, 02 agustus 2021 maka kami diajaknya untuk bertemu kembali bersama dengan Wakasek bid. Humas/Hubin bapak Caskam beserta Ibu Nirza Lolianti selaku guru Pamong kami, lalu kami mengadakan pembukaan pertemuan walaupun dilaksanakan secara sederhana. Dalam acara pembukaan tersebut diawali sambutan dari Wakasek Bidang Humas/Hubin SMK Negeri 3 Kota Tangerang Selatan. Dalam sambutan tersebut Wakasek menyampaikan “ucapan terima kasih kepada pihak Kampus karena telah mempercayakan SMK Negeri 3 Tangerang Selatan, sebagai lokasi pelaksanaan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) mahasiswa program Studi PPKn”. “Lebih lanjut beliau mengatakan bahwa kerja sama ini akan terus berlanjut guna menghasilkan calaon tenaga pendidik yang berkompeten” ungkap Wakasek Kurikulum. Sementara Dosen Pembimbing Bapak A. Chaidir Marasabessy, S.Sos.,M.Pd, dalam pengantarnya mengungkapkan bahwa beliau mewakili ketua Program Studi PPKn Unpam, menyampaikan salam dan ucapan terima kasih karena Pihak sekolah dengan senang hati menerima mahasiswa kami dalam melaksanakan PPL tahun akademik 2021/2022. Dikatakan dosen pembimbing bahwa “pelaksanaan PPL akan dilaksanakan selama bulan Agustus sampai dengan Okteber 2021 atau kurang lebih 3 bulan, Jadi mahasiswa PPL tidak hanya bertugas dalam pembelajaran di dalam kelas saja, namun akan ada kegiatan-kegiatan lainnya serta mewajibkan mahasiswa untuk melaksanakan Program Pengabdian Kepada Masyarakat”, lebih lanjut dikatakan bahwa “dalam PPL ini mahasiswa diberi tantangan dengan dihadapkan pada kondisi nyata di lapangan, yakni kelas dengan beranekaragam karakter siswa” ungkap dosen pembimbing. Selanjutnya sambutan dari wakil kepala sekolah bidang kurikulum yaitu Bapak Surya Wedi, S.Kom membahas tentang teknis PPL yang akan berlangsung pada Hari Senin tanggal 16 Agustus 2021. Diakhiri dengan ucapan terima kasih serta meminta bimbingan agar pelaksanaan PPL berlangsung dengan baik oleh Ketua Kelompok PPL Hezekieli Gulo. Diakhir acara dilakukan sesi foto bersama.

Penulis/Foto: Hezekieli Gulo /Ayu Nurvika Sari (Mahasiswa PPL)

Publisher : Yulita Pujilestari,MH