Pengantaran dan Pembukaan Kegiatan PPL
Mahasiswa Prodi PPKn Tahun Akademik 2021/2022
di SMP DJOJOREDJO

Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan yang wajib diikuti oleh mahasiswa semester akhir prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pamulang sebagai wadah dalam mengaplikasian keilmuan yang didapatkan di kampus. Pada hari Senin 23 Agustus 2021 program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan FKIP Universitas Pamulang telah melaksanakan kegiatan Pengantaran dan Pembukaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Mahasiswa program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, FKIP, Universitas Pamulang di SMP Djojoredjo Pamulang Tangerang Selatan.

Secara seremoial, kegiatan Pengantaran tersebut diwakili oleh Dosen Pembimbing Lapangan yaitu Bapak Abi Robian S.Pd, MH, Kepala Sekolah Bapak M. Yahya S.Pd.I, Guru Pamong Annisa Kurnia Gustianing, S.Pd serta mahasiswa peserta PPL Universitas Pamulang yang bernama Fitrah Nur Jannah, Epria Ramahyanti Hutajulu, Galang Ananda Singgih Purba Sussetia.  Diawali dengan pembukaan oleh salah satu peserta PPL Fitrah Nur Jannah, kemudian di lanjutkan  sambutan yang pertama dari Dosen pembimbing Bapak Abi Robian S.Pd., MH., dimana beliau membahas mengenai agenda yang akan di laksanakan selama 3 bulan kedepan. Selanjunya beliau menyampaikan bahwasanya pada saat kegiatan PPL mahasiswa tidak hanya melaksanakan kegiatan pembelajaran di dalam kelas semata, namun akan ada berbagai kegiatan lainnya yang harus diikuti, seperti membantu guru dalam bagian administrasi sekolah, membantu guru diluar mata pelajaran PPKN serta mewajibkan untuk membuat sebuah program yaitu program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). 

Selanjutnya sambutan dari Kepala Sekolah M. Yahya S.Pd.I, menyampaikan tentang teknis pelaksanaan PPL yang akan berlangsung pada Hari Selasa 24 Agustus 2021. Beliau juga menyampaikan terimakasih atas kepercayaan institusi dengan dipilihnya SMP Djojoredjo sebagai tempat mahasiswa belajar mengaplikasikan apa yang didapatkan dikampus serta berharap mahasiswa PPL ikut serta aktif dalam setiap kegiatan diluar kegiatan akademik disekolah. Selanjutnya sambutan dari Guru Pamong Ibu Annisa Kurnia Gustianing, S.Pd menyampaikan tentang cara mengajar siswa didalam kelas melalui Google Meet. Beliau menjelaskan sedikit perilaku siswa dalam mengikuti pembelajaran.  

Acara  terakhir ditutup dengan salam oleh saudari Fitrah Nur Jannah peserta PPL Universitas Pamulang. Setelah itu, dilakukan sesi foto bersama sebagai bukti nyata diadakannya pelaksanaan pada hari tersebut.

Penulis/Foto : Epria Ramahyanti Hutajulu

Pembimbing PPL : Abi Robian S.Pd., MH.,

Publisher : Yulita Pujilestari, S.H., MH.