PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT SOSIALISASI SURAT EDARAN MENDIKBUD NO 14 TAHUN 2019 TENTANG PENYEDERHANAAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SERTA PELATIHAN PENYUSUNANNYA

Tri Dharma Perguruan Tinggi merupakan 3 pilar dasar aktualisasi diri serta menjadi bagian dari kewajiban seluruh dosen Perguruan Tinggi di Indonesia, yang terdiri dari pendidikan/ pengajaran, Penelitian, dan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Hal ini sebagaiamna diatur dalam Pasal 20 Ayat (2) Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, yang menyebutkan bahwa perguruan tinggi berkewajiban menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Pada tanggal 22 Juni 2020 yang lalu, Tim Pengabdian Kepada Masyarakat yang terdiri dari 3 orang Dosen Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Pamulang dengan Ketua Pengabdi sekaligus sebagai Narasumber dalam kegiatan tersebut yaitu Roni Rustandi, S.Pd.,M.H., serta Anggota pengabdi Sulastri, S.Pd.,M.H., dan Abi Robian, S.Pd, M.H.,telah menyelenggarakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan tema “Sosialisasi Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) No.14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) serta Pelatihan Penyusunannya”, melalui media video teleconference Google Meet. Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini dilaksanakan di SMA Plus Pewaris Peradaban, Ciseeng, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat. Kegitan ini diikuti sebanyak 39 Peserta, yang terdiri dari segenap Guru SMA Pewaris Peradaban Plus, Masyarakat, dan sejumlah Mahasiswa PPKn FKIP Unpam.

Rencana Pelakasanan Pembelajaran atau RPP menurut Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD). Silabus merupakan acuan penyusunan kerangka pembelajaran untuk setiap bahan kajian mata pelajaran. Di dalam perjalanannya, sebagian besar guru merasa keberatan atau terbebani dengan rumusan format atau sistematika yang ada. Untuk menjawab keresahan tersebut maka Pemerintah dalam hal melalui Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia mengeluarkan Surat Edaran Nomor 14 Tahun 2019 Tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) No.14 Tahun 2019 ini, merupakan bentuk dari upaya Pemerintah Republik Indonesia dalam menekankan pentingnya efektivitas serta efisiensi proses administrasi pendidikan di Indonesia, demgan tujuan agar Guru bisa lebih fokus kedalam proses pembelajaran yang lebih berorientasi kepada peningkatan kompetensi peserta didik.

Didalam pemaparanya, Roni Rustandi menyatakan bahwa implementasi dari Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) ini, yaitu berupa penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) satu lembar sangatlah penting, yaitu untuk terciptanya penyelenggaraan proses pendidikan yang efektif dan efisien di Indonesia, serta lebih berorientasi pada kompetensi, kondisi serta output peserta didik. Surat Edaran tersebut tidak membatalkan rumusan atau sistematika RPP yang sudah ada melainkan memberikan alternatif  kepada guru untuk menyederhanakan penyusunan RPP dengan memuat 3 komponen inti yaitu; tujuan pembelajaran, langkah pembelajaran, dan penilaian pembelajaran. Guru di berikan kebebasan untuk menggunakan format RPP yang sudah ada, atau menyusun sendiri RPP dengan mencatumkan komponen inti yang dimaksud.

Di harapkan dengan adanya sosialisasi ini Surat Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019 serta pelatihan penyusunannya ini, para peserta PKM yang terdiri dari Guru SMA Plus Pewaris Peradaban, Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Penididkan, serta Masyarakat luas dapat lebih memahami tentang Surat Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019 tersebut, serta dapat meningkatkan kemampuan Guru di dalam menyusun dan mendisain sebuah rencana pembelajaran di kelas agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik.

Penulis : Tim Dosen PKM (Roni Rustandi, S.Pd.,M.H., Abi Robian, S.Pd.,M.H., dan Sulastri, S.Pd.,M.H).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *