PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

“PERAN BADAN PERMUSYAWARATAN DESA (BPD)
DALAM MENYALURKAN ASPIRASI MASYARAKAT”

Pada tanggal 4 sampai dengan 6 April 2021, tim PKM dari Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Pamulang,  melaksanakan salah satu pilar Tridharma Perguruan Tinggi, yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) dengan khalayak sasaran anggota BPD di Desa Kuripan Kecamatan Ciseeng Kabupaten Bogor. Tim pangabdian beranggotakan; A. Chaidir Marasabessy, S.Sos.,M.Pd (Ketua Tim) dan anggota pengabdian; Nurdiyana, S.Pd., M.H, Drs. Samino, M.A. Ed, R. Dede Siswandi, S. Sos.,M.Pd, dan Saepudin Kartasasmita, S.Pd.,M.Pd.

Dalam kegiatan ini juga melibatkan mahasiswa dari Program Studi PPKn sebagai anggota; Putri Aryani, dan Crisda Saidah. Kegiatan PkM dipusatkan di Kantor BumDes  Desa Kuripan Kecamatan Ciseeng Bogor. Tema yang diusung adalah “Peran BPD dalam Manyalurkan Aspirasi Masyarakat”. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini dikemas dalam bentuk penyuluhan/sosialisasi, workshop, tanya jawab, dan diskusi.

Kegiatan dilaksanakan pada pukul 09.00 WIB diawali dengan pembacaan doa dan sambutan dari Kepala Desa Kuripan Kecamatan Ciseeng Kabuptaen Bogor dan Ketua BPD. Dalam sambutannya, Kepala Desa dan Ketua BPD, menyampaikan terima kasih kepada Universitas Pamulang, khususnya Program Studi PPKn yang telah berperan dan memberikan kontribusi positif dalam memajukan Desa Kuripan Kecamatan Ciseeng Bogor. Lebih lanjut dikatakannya, bahwa melalui kegiatan ini dapat membantu pemerintah desa dan anggota BPD dalam membangun desa ke depan. Diakhir sambutannya, Kepala Desa Kuripan Kecamatan Ciseeng Kabupaten Bogor berharap agar kegiatan serupa dapat dilakukan pada masa-masa yang akan datang. Semantara sambutan Ketua Program Studi PPKn Universitas Pamulang, diwakili oleh R. Dede Siswandi, S. Sos.,M.Pd.  Kegiatan PKM ini dilaksanakan selama 3 (tiga) hari. Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 15 peserta terdiri dari anggota BPD dan perangkat Desa.  Kegiatan dibagi dalam 2 (dua) sesi, terkait dengan Tupoksi sebagai anggota BPD. Selama kegiatan berlangsung para peserta sangat antusias dan mampu memahami secara utuh dan menyeluruh akan tugas, fungsi, dan wewenang sebagai anggota BPD.  Pada akhir kegiatan ditutup dengan pembacaan do’a dan foto bersama.

Penulis/Foto : A. Chaidir Marasabessy, S.Sos.,M.Pd dan Nurdiyana, S.Pd.,M.H

Publisher : Yulita Pujilestari