PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

“Menumbuhkan Filantropi Antar Sesama” di Yayasan Mutiara Ibu Nusantara (YASMIN), Sawangan Kota Depok, Jawa Barat.

Program Tri Darma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat yang diselenggarakan oleh Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Pamulang dan dibantu oleh Himpunan Mahasiswa Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Pamulang. Yang diselenggarakan pada 27-28 Maret 2021 dengan mengangkat tema “Menumbuhkan Filantropi Antar Sesama” di Yayasan Mutiara Ibu Nusantara (YASMIN), Sawangan Kota Depok, Jawa Barat.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Pamulang dan mahasiswi Himpunan Mahasiswa Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Pamulang. Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa saling berbagi antar sesama di Yayasan Mutiara Ibu Nusantara (YASMIN) sesuai dengan tema yang ada.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan dengan tatap muka atau secara langsung di Yayasan Mutiara Ibu Nusantara (YASMIN). Tidak hanya itu di kegiatan ini baik dosen maupun mahasiswi dibatasi jumlah yang hadir pada kegiatan tersebut. Yang dihadiri oleh Bapak/Ibu Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Pamulang, teman-teman mahasiswi Himpunan Mahasiswa Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Pamulang dan Bapak/Ibu Panti serta anak-anak panti Yayasan Mutiara Ibu Nusantara (YASMIN).

Pada acara ini dipimpin oleh MC yaitu saudari Gina Malsah Paolina, diawali dengan rangkaian acara pembukaan, dilanjutkan oleh pembacaan ayat suci Al-Qur’an, sambutan-sambutan, penampilan hadroh dari Yayasan YASMIN, penyuluhan, Ice Breaking, penyerahan bingkisan, penutup dan doa, diakhiri oleh sesi foto Bersama.

Acara ini dibuka oleh MC dan dilanjutkan oleh sambutan-sambutan, sambutan pertama yaitu Bapak Rahmat Hidayat selaku Ketua Yayasan Mutiara Ibu Nusantara (YASMIN) dalam sambutannya beliau menyampaikan terima kasih atas kepercayaan kepada Yayasan, karena telah menjadikan Yayasan Mutiara Ibu Nusantara sebagai tempat dan tujuan PKM. Sambutan kedua yaitu Bapak Tajudin, SH.MH beliau menyampaikan terima kasih kepada Bapak/Ibu Yayasan telah menyambut kami dengan tulus, untuk adik-adik jangan patah semangat karena semua ini adalah jalan Allah kedepannya kita tidak ada yang tahu, semoga adik-adik semua bisa sekolah dengan tinggi dan sukses menggapai tujuan.

Acara selanjutnya yaitu penyuluhan yang disampaikan oleh Bapak Tajudin SH.MH beliau menyampaikan berbagi harus dengan jiwa yang ikhlas, memberikan tanpa meminta apapun hanya Allah dan kita yang tahu. Jangan takut berbagi akan habis yang kita rasakanakan datang lebih banyak. Berbagi tidak hanya dengan uang, makan, dan lainnya. Berbagi apapun juga bisa seperti cerita hari ini itu bagian dari hidup, karena hidup tidak hanya kita. Dan dunia yang paling indah adalah Pendidikan.

Alhamdulilah kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dapat berjalan dengan lancar dan tertib. Selain itu kegiatan ini berjalan dengan lancar karena bantuan dari semua pihak yang mendukung baik Dosen, HIMA dan Yayasan Mutiara Ibu Nusantara. Terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung acara ini. Semoga kedepannya kegiatan PKM dapat berjalan dengan lebih baik lagi, Aamiin..

Penulis : Eka Susilowati

Foto : Adelya Mifta Ulfani

Publisher : Yulita Pujilestari.,MH