ajpkm

Terdapat 15 Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia meliputi: Universitas Indonesia (UI), Universitas Padjadjaran, UIN Sunan Gunung Djati, Universitas Mercu Buana, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Universitas Moestopo, London School of Public `Relation, Universitas Amikom Purwokerto, Universitas Sultan Agung Tirtayasa, Universitas Pamulang, Sekolah Tinggi Teknik PLN, Universitas Serang Raya dan beberapa kampus lainnya. Perguruan tinggi tersebut meresmikan berdirinya Asosiasi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (AJPKM), peresmian ini dilakukan secara bersamaan dalam kegiatan “Mini Symposium on Community Engagement” dari ASEAN Journal of Community Engagement (AJCE), pada hari Rabu 21 Agustus 2019 di Hotel Margo City Depok.

Menurut Dr. Rajab Ritonga, M.Si, kepala LPPM Universias Moestopo yang pertama kali menggagas terbentuknya asosiasi AJPKM, menyatakan bahwa “tujuan diselenggarakan Asosiasi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (AJPKM) yaitu untuk membantu para pengelola jurnal pengabdian masyarakat dalam melakukan manajerial jurnal pengabdian masyarakat, sehingga jurnal pengabdian masyarakat dapat terakreditasi oleh Kemristekdikti, AJPKM juga bertujuan dalam meningkatkan kualitas artikel jurnal pengabdian masyarakat sehingga kegiatan pengabdian dapat bermanfaat bagi masyarakat luas”.

Dosen Prodi PPKn mewakili Universitas Pamulang ikut serta dalam mendirikan Asosiasi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (AJPKM) yaitu Aulia Nursyifa S.Pd M.Pd, pengelola dari “Jurnal Loyalitas Sosial” yang diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pamulang. Menurut hemat penulis: “Bergabungnya Universitas Pamulang ke dalam Asosiasi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (AJPKM) Indonesia merupakan suatu kebanggaan karena Universitas Pamulang dapat berkontribusi menginisiasi terbentuknya AJPKM di Indonesia. Hal ini merupakan bentuk eksistensi dari Universitas Pamulang untuk berperan aktif dalam berbagai kegiatan di forum ilmiah dalam skala Nasional, khususnya forum yang berkaitan dengan publikasi ilmiah, sehingga kedepannya Universitas Pamulang dapat meningkatkan kualitas dari jurnal-jurnal yang ada dan semoga jurnal di Universitas Pamulang dapat terakreditasi oleh Kemenristekdikti”.

Terdapat lebih dari50 jurnal pengabdian yang bergabung dalam AJPKM, salah satunya “Jurnal Loyalitas Sosial”. Hal ini merupakan sebuah penghargaan yang luar biasa bagi Jurnal Loyalitas Sosial, dikarenakan Jurnal Loyalitas Sosial baru saja terbentuk ditahun 2019 sehingga perlu banyak belajar dari jurnal Pengabdian Masyarakat lainnya yang sudah Terakreditasi. AJPKM menjadi sarana bagi pengelola jurnal untuk dapat meningkatkan kualitas dalam mengelola jurnal, sehingga diharapkan para pengelola jurnal yang bergabung dalam AJPKM dapat bersinergi dalam bertukar ilmu maupun pengalaman dalam mengelola jurnal, bahkan diharapkan dapat bertukar artikel dari berbagai jurnal pengabdian masyarakat di seluruh Indonesia. Selain itu, keberadaan Jurnal Loyalitas Sosial dan jurnal pengabdian masyarakat lainnya merupakan media publikasi ilmiah yang sangat penting bagi para dosen, untuk mempublikasikan hasil karya pengabdian kepada masyarakat sebagai upaya mengemban tugas dalam Tridarma Perguruan Tinggi.

Deklarasi pendirian AJPKM dilaksanakan bersamaan dengan terselenggaranya Mini Simposium Nasional. Kegiatan simposium dimulai dari pukul 08.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB. Kegiatan tersebut dibuka oleh Plt. Direktur Riset dan Pengabdian Masyarakat UI yaitu Dede Djuhana, M.Si., Ph. D. Kemudian, acara dilanjutkan dengan seminar pengabdian masyarakat, pembicara pertama yaitu Prof. Dr. Ir. Ridi Artono Koestoer dengan judul pengabdian: Peminjaman Gratis Inkubator Bayi Untuk Seluruh Nusantara, menurutnya ”Pengabdian kepada masyarakat merupakan panggilan jiwa untuk bekerja dengan setulus hati kepada masyarakat , para pengabdi tidak akan pernah merasa rugi untuk melakukannya, dan yang terpenting dari pengabdian adalah value untuk membantu sesama dan mensejahterakan orang banyak di seluruh Indonesia.”

Pembicara kedua yaitu Kepala Sub Direktorat Pengabdian kepada Masyarakat Kemristekdikti Suwitno, S.E, menurutnya: “Tidak ada jurnal pengabdian, tetapi yang ada ruang lingkup jurnal ilmiah terkait pengabdian kepada masyarakat. Jurnal PKM harus memiliki ciri khas tersendiri sehingga terdapat gaya selingkung yang membedakannya. Sebagai pengelola jurnal diharapkan dapat mengarahkan para pengabdi agar dapat menghasilkan pengabdian masyarakat yang berkualitas, sehingga hasil hasil pengabdian dapat bermanfaat bagi masyarakat luas”. Kegiatan selanjutnya yaitu deklarasi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (AJPKM).

Tepat pada pukul 13.00 WIB kegiatan presentasi hasil pengabdian masyarakat di mulai, terdapat 29 paper terpilih yang dapat dipresentasikan kepada peserta symposium. Presenter berasal dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia mempresentasikan hasil pengabdian kepada masyarakat. Salah satu presenter perwakilan dari Universitas Pamulang yaitu Aulia Nursyifa S.Pd M.Pd, mendapatkan kesempatan untuk memaparkan hasil pengabdian kepada masyarakat yang berjudul “Pelatihan Penilaian Hasil Pembelajaran Menggunakan E-Report Kurikulum 2013 di SMK Tangerang Selatan” yang ditulis oleh Dr. E. Nurzaman AM, M.Si; Alinurdin M.Pd; dan Aulia Nursyifa S.Pd M.Pd. Menurut penulis “pengalaman ini merupakan hal yang paling berharga bagi penulis karena banyak ilmu yang penulis dapatkan terutama esensi dari sebuah pengabdian masyarakat, penulis dapat berbagi pengalaman pengabdian masyarakat dari para presenter di seluruh Indonesia. Penulis berharap artikel ini dapat diterbitkan dalam jurnal ASEAN Journal of Community Engagement (AJCE) Universitas Indonesia yang sudah terakreditasi Sinta 2”.

Kesimpulannya, kegiatan ini sangat bermanfaat khususnya para pengelola jurnal untuk menambah ilmu tentang manajerial jurnal pengabdian masyarakat, kegiatan ini juga dapat menambah relasi dari berbagai pengelola jurnal pengabdian masyarakat di seluruh Indonesia, dan yang terpenting memberikan motivasi pengelola jurnal untuk meningkatkan kualitas jurnal sehingga jurnal yang dikelola dapat terakreditasi baik secara nasional maupun internasional. Semoga kegiatan serupa dapat berlangsung kembali dikemudian hari.

Penulis dan Foto:
Aulia Nursyifa, S.Pd, M.Pd

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *