pkm-tya

Pada tanggal 2-4 November 2018, sejumlah dosen fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan beserta mahasiswa melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Majelis Ta’lim Daarul Ulum untuk mengadakan penyuluhan terkait pentingnya legalisasi perkawinan. Ketua PKM Setiawati, S.Pd.,M.H, mengatakan bahwa PKM ini sebagai pengejawantahan Tridharma Perguruan Tinggi dalam bentuk penyuluhan hukum sekaligus diskusi dan tanya jawabyang merupakan wujud kontribusi nyata dosen Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan. Tidak ada kecanggungan dalam pertemuan pertama ini, canda tawa pun tetap tersaji dalam diskusi kami, Ibu-ibu Majelis Ta’lim tersebut sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini.

Dengan adanya Pengabdian Kepada Masyarakat diharapkan peserta penyuluhan tentang pentingnya legalisasi perkawinan ini dapat memahami faktor apa saja yang menyebabkan orang malas untuk melegalkan perkawinannya di mata hukum serta mengetahui dampak negative yang ditimbulkan akibat perkawinan yang tidak dilegalkan atau sering disebut dengan “ pernikahan siri” serta mengetahui upaya apa saja yang dapat dilakukan untuk melegalkan perkawinan sesuai dengan UU Perkawinan yaitu UU No. 1 Tahun 1974. Para dosen antusias untuk membagikan ilmunya kepada ibu-ibu Majelis Ta’lim Daarul Ulum, begitupun juga sebagai audiens ibu ibu Majelis Ta’lim Daarul Ulum antusias untuk bergantian bertanya kepada dosen yang memberikan materi.

Dalam kesempatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Pancasila ini pun memberikan bantuan berupa dana untuk pembuatan papan nama Majelis Ta’lim Daarul Ulum tersebut. Ketua Majelis Ta’lim Satimah, S.Pd.I sangat berterima kasih atas bantuan yang telah diberikan.

Semakin siang, suasana diskusi pun semakin riuh, keakraban canda dan tawa pun semakin menggema serasa tidak ada batasan antara dosen dan ibu-ibu Majelis Ta’lim. Tak terasa waktu pun berakhir pukul 13.00 WIB. Keramah tamahan ibu-ibu Majelis Ta’lim Daarul Ulum sangat berkesan bagi para dosen, bahkan pihak Majelis Ta’lim pun meminta untuk dapat datang kembali memberikan materi lainnya.

Penulis: Setiawati, S.Pd., M.H

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *