Pengantaran Mahasiswa Universitas Pamulang dalam Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMP Muhammadiyah 44 Pamulang

Pada hari kamis, 12 Agustus 2021 kelompok kami yang berjumlah 4 orang memulai rangkaian kegiatan yang harus kami jalani di semester akhir yakni praktek pengalaman lapangan (PPL). Kegiatan ini merupakan lanjutan setelah kami mengajukan permohonan ijin melaksanakan kegiatan PPL di sekolah SMP Muhammadiyah 44, dan kegiatan pada hari kamis tanggal 12 Agustus 2021 merupakan kegiatan pengantaran kelompok kami oleh dosen pembimbing, yakni Ibu Amelia Haryanti. Kedatangan kami disambut dengan hangat oleh bapak Dolay, S.Pd.I, selaku kepala sekolah. Pada kesempatan ini, dosen pembimbing kami juga mengucapkan terimakasih, karena SMP Muhammadiyah 44 selalu terbuka untuk menerima mahasiswa dari Universitas Pamulang, khususnya dari Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan utnuk melaksanakan kegiatan PPL, kegiatan penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat. Dalam pembukaan yang disampaikan oleh ibu Amelia, beliau berharap sekali kalau kelompok kami mendapatkan bimbingan dari kepala sekolah dan guru-guru di SMP Muhammadiyah 44 untuk memperaktekan ilmu yang telah didapatkan selama perkuliahan, agar kami, calon guru dapat merasakan langsug, bagaimana cara menghadapi siswa, baik itu melalui pembelajaran secara online, maupun dalam tatap muka langsung.

Dalam kesempatan ini juga kepala sekolah memperkenankan kami, untuk melaksanakan pengajaran tatap muka, namun dengan persyaratan, maksimal hanya (5) lima orang yang diperkenankan hadir disekolah, itu juga dengan prokes yang ketat, agar para kami ini juga bisa merasakan langsung, bagaimana mengajar siswa melalui tatap muka, biar kami juga bisa memahami berbagai macam karakter siswa, namun sebelum pelaksanaan kegiatan tatap muka ini, harus di konfirmasikan dan ijin sebelumnya kepada beliau. Kami sangat bersyukur sekali, sebab dalam masa pandemi ini, biasanya pengajaran melalui online, namun di sekolah Muhammadiyah 44 diperkenankan untuk tatap muka, walaupun jumlah siswa yang diperkenankan hadir hanya lima orang, dan sisanya tetap secara daring.

Rencnanya, pelaksanaan PPL ini akan berlangsung selama 3 bulan, pada kesempatan ini pula dosen pembimbing kami memberikan masukan, bahwa tugas seorang guru tidak hanya mengajar, tetapi juga harus mampu menangani bidang lainnya, seperti bagaimana menjadi guru piket, bertugas di bimbingan konseling, menangani anak-anak yang bermasalah, membuat soal, membuat RPS, penilaian, dan tugas-tugas guru lainnya, oleh karena itu jangan segan untuk meminta bimbingan kepada guru-guru lainnya di lingkungan SMP Muhammadiyah 44.  Kegiatan tersebut untuk memberikan kesempatan mahasiswa PPKn Universitas Pamulang (UNPAM)  untuk belajar dan juga mengetahui mengenai sekolah baik itu pengajaran, administrasi, dan lainnya. Menurut kepala sekolah SMP Muhammadiyah 44 Pamulang, kegiatan ini dapat menjadi bekal mahasiswa untuk mengetahui karakteristik siswa, serta pengetahuan empiris atau bekal pengalaman yang nantinya berguna untuk para mahasiswa mengajar disekolah.

Begitupun yang diutarakan ibu amelia selaku dosen pembimbing, beliau mengatakan kegiatan ini merupakan hal penerapan apa yang sudah mahasiswa pelajari selama belajar di kelas, maka dari itu kegiatan ini menjadi praktek langsung mahasiswa untuk merasakan bagaimana menjadi seorang tenaga pendidik atau guru.

Kegiatan PPL ini akan dilaksanakan selama kurang lebih 3 bulan yang dimulai pada bulan agustus ini hingga November 2021 mendatang. Dalam kegiatan tersebut mahasiswa dipandu dan dibimbing langsung oleh guru pamong yaitu bapak Rendy Wahyudin, S.Pd selaku guru mata pelajaran PPKn, beliau menyambut baik dan memberikan bimbingan kepada kami, dalam hal kegiatan yang dilakukan nantinya disekolah, beliau memberikan dan mengatur pembagian jadwal kami, serta memberikan pedoman, apa saja yang harus kami siapkan untuk memulai praktek mengajar ini. Sungguh suatu sambutan dan bimbingan yang hangat kepada kami….

Pengantaran ini berakhir jam 10.00, tak lupa pula kami mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada kepala sekolah, bapak Dolay, S.Pd.I, guru pamong, Bapak Rendy Wahyudin, S.Pd, dosen pembimbing kami, ibu Amelia yang sudah menyempatkan waktunya untuk mengantarkan kami ke sekolah, kepada guru-guru dan staf administrasi SMP Muhammadiyah 44, semoga dengan kegiatan PPL ini, pengalaman kami semakin bertambah, diharapkan dengan PPL ini kami mendapat pelajaran yang berguna untuk nantinya bekal menjadi seorang guru disekolah. Untuk teman-teman….tetap semangat…jaga kekompakan kita….semoga sukses untuk semuanya…..

Penulis dan foto : Tim Mahasiswa

Editor: Amelia Haryanti, S.H, M.H

Publisher : Yulita Pujilestari.,MH