PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

“ WORKSHOP KURIKULUM 2013 DI MADRASAH IBTIDAIYAH DAARUSSHOFA KARANG TENGAH-KOTA TANGERANG”

Pada tanggal 5 juli sampai dengan 7 Juli 2021, Tim PKM dari Program Studi Pendidikan Pancaasila dan Kewarganegaraan Universitas Pamulang, melaksanakan salah satu pilar Tridharma Perguruan Tinggi, yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dalam bentuk “Workshop Kurikulum 2013 di Madrasah Ibtidaiyah Daarusshofa Karang Tengah-Kota Tangerang”. Tim Pengabdian masyarakat diketuai oleh Dr. Lili Nurlaili, M.Ed dan anggotanya adalah mahasiswa dari Program Studi PPKn yaitu Dera Purnama, Dhika Ramdhan Setiawan dan Lena Levia.  

Kegiatan PKM dipusatkan di Madrasah Ibitidaiyah Daarusshofa Karang Tengah-Kota Tangerang. Kegiatan PKM ini dikemas dalam bentuk Workshop, paparan slide, Video pembelajaran, Games, Tanya Jawab, Focus Group Discussion, Penyusunan Silabus SD Kurikulum 2013, Penyusunan RPP Kurikulum 2013 serta penilaian, Praktek mengajar menggunakan Kurikulum 2013, Diskusi, Tes pemahaman awal terhadap Kurikulum 2013 dan Pemahaman akhir setelah workshop, dan Kuesioner kepuasan Pelanggan.

Kegiatan dilaksanakan pada pukul 09.00 WIB diawali Pembukaan dengan Pembacaan Do’a, dan Sambukan oleh Kepala Sekolah Madrasah ibtidaiyah Daarushofa Karang Tengah-Tangerang. Dalam Sambutannya Kepala Sekolah menyampaikan bahwa Madrasah Ibtidaiyah Daarushofa telah melaksanakan kurikulum 2013 semenjak tahun 2016 akan masih banyak kendala yang masih mereka rasakan, terutama dalam menyusun silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di tingkat Sekolah dasar/Madrasah Ibtidaiyah.

Jumlah Peserta yang mengikuti kegiatan workshop kurikulum 2013 di Madrasah ibtidaiyah Daarushofa berjumlah 13 orang, semua merupakan guru-guru kelas I sampai kelas VI di sekolah tersebut. Kegiatan PKM ini dilaksanakan selama 3 (tiga) hari, dengan agenda kegiatan hari pertama paparan tentang Kurikulum 2013, tanya jawab, diskusi, dan penyusunan silabus kurikulum 2013 untuk tingkat Sekolah Dasar. Hari kedua dilanjutkan dengan praktek penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Praktek mengajar menggunakan RPP tersebut serta dilanjutkan dengan penilaian dan kriteria keruntasan minimal (KKM). Kegiatan berikutnya adalah Focus Group Discussion yang di pimpin oleh mahasiswa Universitas Pamulang. Peserta dibagi dalam tiga kelompok, kelompok pertama dibimbing FGD oleh Dera Purnama, Kelompok Kedua oleh Dhika Ramdhan Setiawan dan kelompok ketiga oleh Lana levia.
Pada akhir kegiatan ditutup dengan pembacaan do’a dan foto Bersama.

Penulis/Foto: Lili Nurlaili, Dera Purnama, Dhika Ramchan Setiawan dan Lana Levia

Publisher: Yulita Pujilestari.