PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
Penyuluhan “ Bahaya Norkoba dan Obat-Obat Terlarang Bagi Masa Depan” MKKM Muhammadiyah Pondok Cabe Udik Kota Tangerang Selatan 1 Juli 2020

Pengabdian kepada masyarakat adalah salah satu kewajiban dosen untuk berkontribusi untuk negeri. Penelitian dan pengabdian kepada masyarakat merupakan elemen dari Tri Dharma Perguruan Tinggi selain Pengajaran yang di lakukan dalam kampus. Maka pada hari Rabu tanggal 1 Juli 2020 TIM PKM Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pamulang yang terdiri dari Herdi Wismann Jaya,S.Pd.,M.H selaku ketua Pengabdian di dampingi oleh dosen sekaligus pemateri di antaranya Dr. Akhirudin, SH.,S.Pd.,M.Pd, Bapak Tajudin, SH.,MH, Ibu Nurdiyana, S.Pd.,M.H dan Bapak ABD. Chaidir Marasabessy,S.Sos.,M.Pd mengadakan Penyuluhan Bahaya Norkoba dan Obat-Obat Terlarang Bagi Masa Depan” diMKKS Muhammadiyah Pondok Cabe Udik Kota Tangerang Selatan sekaligus santunan kepada 40 anak yatim dalam binaan Ibu Hj. Asyiah.S.Pd.I yang turut hadir dalam kegiatan sangat antusias dalam meyambut PKM ini dan berharap banyak agar kegaiatan ini bisa tidak sekedar hari ini tapi aka nada tindak lanjut ke depan terkait dengan masalah Narkoba ini, Kemudian tokoh Masyarakat setempat Ustad Drs.H.Aan Asy’ari Royani dalam sambutannya juga agar PKM nantinya akan memberikan pembelajaran bagi anak-anak sekitar Pondok Cabe Udik tentang realitas kehidupan yang penuh tipu daya dari Narkoba, semoga kita semua terhindar dari Virus Narkoba yang lebih mematikan dari Virus Corana dampaknya kata beliau.

Pada saat sesi materi yang di sampaikan tim dosen menyampaikan adanya perilaku dari kalangan pemuda atau remaja sendiri yang dapat membantu dalam penyebaran dalam narkotika dapat menyebabkan banyaknya korban yang dapat kecanduan. Penyebaran tersebut dapat dilakukan secara langsung ataupun tidak langsung. Dan para remaja banyak yang menjadi korbannya dan begitupun pada para sekolah, karena narkotika itu ada yang cara mengkomsumsinya dengan cara dimakan, diminum, dihirup, suntikan,dll. Padahal semua yang kecanduan obat-obat terlarang tidak mengetahui betapa ruginya bila sudah kecanduan karena obat tersebut dapat merusak organ-organ tubuh kita sendiri dan mempunyai banyak kerugian dibandingkan dengan keuntungannya.


Tujuan dari Penyuluhan ini adalah Agar generasi muda di sekita MKKS Muhammadiyah ranting Pondok Cabe Udik bisa memahami betapa mengerikan dan berbahayanya akibat penyalah gunaan gunaan narkotika dan obat-obat terlarang lainnya kemudian juga untuk mengajak generasi muda khususya sekitar Pondok Cabe Udik , dan masyarakat sekitarnya pada umumnya, agar sedini mungkin menjauhi atau menghindari segala hal yang berbau narkoba.
Juga memberikan informasi dan solusi yang sangat berharga kepada generasi muda bahwa narkoba selain berdampak pada aspek hukum juga berdampak pada persoalan medis dan spikis maka menghimbau pada generasi muda sekitar agar selalu waspada dan berhati-hati terhadap masuknya narkoba ke wilayah/lingkungan/sekolah.

Semoga PKM ini dapat bermanfaat bagi masyarakat Pondok Cabe Udik dan juga bagi generasi muda sekitarnya. Dan ini merupakan lamgkah kecil yang di lakukan oleh dosen dalam aktualisasi di luar kampus dengan memberikan ilmu yang bermanfaat berbagi ilmu tentang Narkoba dan aspek hukumnya.

Penulis/Photo : Herdi Wisman Jaya, S.Pd.,M.H.,CT/ Nurdiyana, S.Pd.,M.H

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *