pkm-untung-jawa

Dalam menjalankan tridarma perguruan tinggi, Kegiatan pengabdian kepada masyarakat berkelanjutan Universitas Pamulang Tahun 2019 di Kelurahan Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu DKI Jakarta menuai perhatian dari penduduk setempat

Kelurahan Pulau Untung Jawa, DKI Jakarta – Sabtu, 17,18 Agustus 2019 dosen bersama mahasiswa program Studi Teknik Industri dan PPKn serta alumni universitas pamulang berkolaborasi menyelenggarakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan tema “Pembinaan Berkelanjutan Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Dalam Menghadapi Persaingan Global Sebagai Daerah Pariwisata”.

Kegiatan ini merupakan ajang tahunan yang diselenggarakan bersama sama berkolaborasi prodi Teknik Industri dan PPKn Universitas Pamulang yang bertujuan untuk mensosialisasikan, mengembangkan kreatifitas, serta potensi yang dimiliki dosen dan mahasiswa untuk diberikan kepada masyarakat Kelurahan Pulau Untung jawa, kepulauan seribu menurut Sri Utaminingsih, SH., MH., M.MPd selaku koordinator PKM gabungan dari UNPAM.

Kegiatan ini diawali dengan pembukaan dari pihak Universitas pamulang dilanjutkan dengan penandatanganan MOU oleh aparatur desa kelurahan pulau untung jawa, bapak H. Supriyadi. S.Ip yang diwakilkan oleh bapak Abdul Rahman dengan Dr. Ir. Dadang Kurnia, MM selaku Dekan Fakultas Teknik sekaligus Kaprodi Teknik Industri serta pemberian piagam penghargaan dari pihak universitas kepada pihak kelurahan untung jawa sebagai salah satu bentuk kerjasama, yang mana kegiatan ini akan terus berlanjut untuk menjadikan Kelurahan untung jawa sebagai desa binaan dari prodi teknik industri dan Prodi PPKn Universitas pamulang.

Pulau Untung Jawa merupakan bagian dari kepulauan administratif Kepulauan Seribu yang dihuni dengan kurang lebih 2.264 jiwa pada tahun 2017 dengan luas wilayah 1.03 km3. Banyaknya destinasi wisata indonesia dapat menjadi daya tarik wisatawan asing untuk berwisata ke Indonesia dan dapat menjadi lahan penghasilan warga sekitar wisata tersebut. Dengan pembinaan yang baik kepada warga sekitar dapat membuat destinasi wisata Indonesia menjadi lebih rapih dan modern yang membuat para wisatawan lokal maupun asing nyaman dalam mengunjungi tempat wisata Indonesia. Salah satu destinasi wisata Indonesia yaitu Kelurahan Pulau Untung Jawa, Kepulauan seribu yang kali ini menjadi target penyuluhan dari prodi Teknik Industri dan prodi PPKn dari Universitas Pamulang.

Pulau Untung Jawa merupakan salah satu pulau yang memiliki jarak terdekat dengan pelabuhan Tanjung Pasir dibanding Pulau pulau lainnya, sehingga Pulau Untung Jawa menjadi tujuan wisata Kepulauan Seribu yang sering dikunjungi oleh wisatawan. Dengan banyaknya wisatawan yang mengunjungi pulau untung jawa ini tidak menutup kemungkinan masyarakat di Pulau Untung Jawa akan mengikuti trend serta gaya dari wisatawan yang berkunjung, oleh karena itu kami memberikan edukasi mengenai pencegahan perilaku menyimpang terhadap penyalahgunaan narkoba serta aktualisasi bela negara dan kearifan lokal dalam meningkatkan rasa nasionalisme, edukasi ini kami berikan kepada masyarakat khususnya remaja di Pulau Untung jawa yang bertepatan dengan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 74 tahun, ujar kordinator PKM dari prodi PPKn Yulita Pujilestari,SH,MH.

Disisi lain, untuk membantu meningkatkan Pulau Untung Jawa sebagai destinasi wisata utama bagi wisatawan, kami memberikan pembinaan serta penyuluhan mengenai pemanfaatan limbah sampah botol plastik sebagai edukasi Pembelajaran IPA Interaktif, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan limbah, hal tersebut dapat menarik perhatian pengunjung sehingga pulau seribu dapat menjadi contoh pengolahan limbah bagi pulau di sekitaran Kepulauan Seribu. Pada bagian pesisir Pulau Untung Jawa terdapat hutan mangrove seluas 3,46 Ha. Hutan mangrove merupakan salah satu ekosistem hutan dengan tumbuhan yang dapat hidup didaerah dengan kadar garam yang tinggi. Mangrove yang tumbuh berjajar berfungsi sebagai benteng pencegah abrasi atau pengikisan pantai oleh gelombang air laut. Fungsi lain dari hutan mangrove adalah sebagai tempat hidup dan sumber makanan bagi banya hewan laut seperti ikan, udang, dan kepiting.

Dalam rangka pengelolaan dan pelestarian ekosistem mangrove, dapat dilakukan dengan cara melakukan perlindungan terhadap keberadaan hutan mangrove untuk dijadikan kawasan konservasi. Selama ini sudah banyak program-program pemerintah sebagai upaya merehabilitasi kawasan hutan mangrove yang merupakan sumber daya alam (SDA), yang memiliki nilai ekologis dan juga ekonomis tinggi, namun sebagian besar usaha ini tidak berkelanjutan/berkesinambungan, dan pada akhirnya berujung pada suatu kegagalan, oleh karena itu kami memberilan pembelajaran mengenai pemberdayaan hutan mangrove sebagaai
Industri ekowisata untuk meningkatkan perekonomian masyarakat pulau untung jawa.

Selain itu pembinaan yang menyasar peluang usaha dan pengelolaan sumber usaha bagi masyarakat di pulau Untung Jawa menjadi topik yg sangat hangat di perbincangkan, karena manfaat dari pembinaan ini menyasar kepada semua aspek termasuk kaum milenial yg berada di pulau Untung Jawa.

Dengan tema ” Membangun Generasi Milenial Yang Cinta Tanah Air Melalui Potensi Profesi Dan Wirausaha” keahlian ini di harapkan agar pulau Untung Jawa selain menjadi destinasi yg menarik bagi wisatawan, pulau Untung Jawa juga menjadi percontohan pulau yg mandiri secara ekonomi dan usaha di Kepulauan Seribu.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat berkelanjutan ini diharapkan dapat membantu meningkatkan ilmu pengetahuan serta inovasi usaha bagi masyarakat di Pulau Untung Jawa dan dapat di aplikasikan di dalam kehidupan sehari hari.

Penulis dan foto:
Sri Utaminingsih, SH, MH
Yulita Pujilestari, MH

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *