pkm-artikel-jurnal

Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Pamulang pada Rabu, Kamis dan Jumat 24 s/d 26 Maret 2019, di SMA Negeri 1 Kota Tangerang Selatan telah Melaksanakan Pelatihan Penulisan Artikel Jurnal Bagi Guru Di SMAN 11 Kota Tangerang Selatan. Kegiatan ini diketuai oleh Yulita Pujilestari, MH mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan dengan tiga hari, dimana pada hari rabu, kita mengadakan observasi , hari kamis materi pelatuhan dan pada hari jumat kami melakukan evaluasi dan praktek pembuatan jurnal.

Yulita Pujilestari.,MH juga menjelaskan Kemampuan menulis bagi guru menjadi tuntutan profesinya. Bagi pengembangan karirnya para guru wajib memenuhi persyaratan berupa penulisan karya ilmiah. Syarat ini selalu menjadi penghambat kenaikan jenjang pangkat bagi para guru mengingat rendahnya kemampuan dan minat menulis di kalangan mereka.

Selain menjadi persyaratan bagi pengembangan karir guru, menulis juga menjadi sarana bagi pengembangan diri seorang guru. Guru memiliki banyak potensi dan potensi yang dimilikinya akan berkembang secara optimal dengan menulis. Hal ini didukung oleh banyaknya kondisi guru yang memperkuat peluang bagi berkembangnya kemampuan menulis.

Imam Fitri Rahmadi,M.Pd. I, salah satu dosen yang memberikan pemaparan mengenai penulisan artikel jurnal mengatakan bahwa Pengabdian kepada masyarakat penting bagi Guru yang mengalami kesulitan dalam menentukan tema menarik danguru yang tidak memahami secara baik teknik penulisan dan pelaporan karya ilmiah.

Peserta pengabdian kepada masyarakat ini terdiri dari guru PNS SMAN 11 Kota Tangerang Selatan. Peserta sejumlah 40 peserta. selain dosen yang terlibat ada mahasiswa, alumni dan staf prodi ppkn dengan 3 dosen prodi ppkn UNPAM, 2 alumni, dan 2 staff prodi yaitu Ketua Prodi PPKn Unpam Drs. Alinurdin.,M.Pd, dan dosen-dosen tersebut yaitu Yulita Pujilestari.,MH, Imam Fitri Rahmadi,M.Pd.I.

Penulis dan Foto:
Yulita Pujilestari, MH

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *