Pameran Inovasi Perguruan Tinggi, Job Fair dan Gerak Jalan Santai pada tanggal 12 s.d. 14 Desember 2019

Tangerang Selatan, Universitas Pamulang, dalam rangka memeriakan pelaksanaan dan pameran inovasi di Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi ( LLDIKTI ) Wilayah IV Jawa Barat dan Banten bertempat di gedung LLDIKTI IV Jatinangor Bandung yaitu pada tanggal 14 Desember 2019, turut menurunkan Jajaran Struktural Universitas Pamulang mulai dari Wakil Rektor 2, Wakil Rektor 3 dan Wakil Rektor 4 serta para Dekan dan Ketua Prodi, wakil Kaprodi dan Sekretaris Prodi yang ada di lingkungan Univesitas pamulang dan juga yang ada di STMIK Eresha, Stikes WDH dan Stikes Charisma Persada di bawah naungan yayasan Sasmita Jaya Group Pimpinan Dr ( HC ) Drs.H.Darsono,  di samping itu juga kegiatan ini juga bertujuan untuk mempererat tali silahtuhrahmi serta menumbuhkan rasa kekeluargaan antara seluruh perguruan tinggi yang ada di wilayah LLDIKTI IV. Kepala LLDIKTI IV , Prof. Dr. Uman Suherman AS, M.Pd. mengatakan Perguruan tinggi khususnya di lingkungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IV memiliki potensi produk inovasi yang sangat besar. Namun, banyak diantaranya produk inovasi yang akhirnya tidak diproduksi lagi (discontinue). Salah satu penyebabnya adalah minimnya media untuk mempromosikan dan mengekspos, serta menjadi wadah bertemunya penyedia teknologi, industri dan pengguna untuk saling mengetahui kebutuhan dan ketersediaan inovasi teknologi yang ada.

Maka Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IV menyelenggarakan Pameran Inovasi Perguruan Tinggi, Job Fair dan Gerak Jalan Santai pada tanggal 12 s.d. 14 Desember 2019. Kegiatan ini berlangsung di Gedung Diklat LLDIKTI Wilayah IV Jatinangor mengusung tema “Mewujudkan Daya Saing Bangsa Melalui Inovasi Perguruan Tinggi”.

Hadir dan membuka acara secara resmi, Kepala LLDIKTI Wilayah IV, Prof. Dr. Uman Suherman AS, M.Pd. Beliau menyampaikan pameran inovasi ini merupakan perwujudan dari MoU yang telah dibuat tahun 2018, MoU tersebut merupakan jembatan untuk menunjukan bahwa seluruh PTS itu sejajar.

“Pameran inovasi ini bisa dijadikan ajang silaturahmi antar perguruan tinggi barangkali yang dipamerkan ini memiliki benang merah yang sama, dengan demikian penelitian tidak lagi dilakukan oleh perguruan tinggi apalagi perseorangan tapi akan terbentuk suatu forum untuk berkolaborasi antar perguruan tinggi dalam membuat suatu penelitian” ujar Kepala LLDIKTI IV ini. Peserta yang mengikuti pameran sebanyak 60 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dengan total produk sebanyak 122 dari total 317 produk yang mengikuti seleksi. Job fair dilaksanakan selama 2 hari yaitu mulai hari ini tanggal 12 s.d. 13 Desember 2019, dan puncak acara akan dilaksanakan lomba gerak jalan santai yang diikuti oleh kurang lebih 170 tim, termasuk dari Universitas Pamulang menurunkan 4 tim dan paling banyak dari Perguruan Tinggi yang ada di wilayah LLDIKTI Wilayah IV Jawa barat dan banten ini. Dalam pameran Inovasi ini tiada di sangka Universitas Pamulang meraih juara ke-3 yaitu Valex,VCO.3D Printing yang menjadikan Universitas Pamulang Meraih juara prestisius ini, tentu di bawah asuhan PUNOKAWAN ( Pusat Inovasi Inkubasi dan Kewirausahaan ) LPPM Unpam yang sudah sangat serius menangani lomba ini sebelumnya.

 Menurut Dr.Ali Madinsyah, SE.,M.M ketua LPPM Unpam yang turut hadir dalam gerak jalan dan mewakili Universitas Pamulang dalam menerima Penghargaan inovasi tahun ini menjelaskan, di Universitas Kita sudah banyak produk-produk Inovasi yang sangatvlayak untuk di kenalkan dan di pertandingkan di masyarakat umum, Tinggal bagaimana kita mengemas dan memperkenalkan kepada khalayak umum dan tidak isas hanya di lakukan oleh LPPM Unpam saja tegasnya, di perlukan keterlibatan semua komponen di Universitas Pamulang.

            Semoga kegiatan Inovaasi ini dapat memicu pada inovasi dan kewirausahaan dari Universitas Pamulamg dapat termotivasi lebih meningkat lagi di masa akan datang.Amin

Penulis/Photo : Herdi Wisman Jaya, S.Pd.,MH.,CT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *