Nyaba KB

19-20 Oktober 2019 telah diselenggarakanya salah satu dari program kerja dari bidang P3M yaitu ” PKn Go To School ” yang berlangsung di Daerah Kampung Palias, Rumpin, Kabupaten Bogor.

Pagi hari pengurus dari Himpunan Mahasiswa PPKn Universitas Pamulang berkumpul untuk melaksanakan pelepasan dari kampus Viktor jl.Puspitek Raya No.11 Kota Tangerang Selatan yang dipimpin langsung oleh Wakil Rektor I yaitu Bapak Dr. E. Nurzaman AM. MM. MSi yang mewakili Dekan FKIP sekaligus Ketua Program Studi PPKn Bapak Drs.H.Alinurdin, M.Pd yang membuka Seminar Nasional Prodi Pendidikan Ekonomi di kampus Pusat Jl.Surya Kencana No.1 Pamulang, Tidak luopa di hadiri juga oleh Pembina Himpunan Mahasiswa PPKn dan Koordinator bidang kemahasiswaan Bapak Herdi Wisman Jaya S.Pd. MH, CT serta jajaran dosen lainnya yaitu Bu Nurdiyana, Ibu Sulastri dan Ibu Aulia Nursyifa, dalam sambutannya beliau berpesan ” Jaga lah nama baik Himpunan Mahasiswa dan Jaga pula nama baik Instansi, dan berilah sebuah pengetahuan yang bermanfaat bagi masyarakat dan siswa/siswi disana “.

Sekitar jam 11.00 WIB sampailah kami semua kedalam daerah Kampung Palias, Rumpin, Kabupaten Bogor yang bertempat di Yayasan Ar- Rosyid yang memberikan sarana pendidikan Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) bagi masyarakat yang tidak mampu atau masyarakat yang jauh dari yang namanya pendidikan, berbagai murid yang berada disana memiliki daerah tempat asal yang berbeda-beda dari yang jauh sampai yang terdekat yaitu Bojong Gede, Jakarta bahkan Jambi pun ada dalam Yayasan tersebut.

Jam 13.00 WIB pun kami memulai acara inti pada PKn Go To School ini sendiri yaitu pemberian materi yang disampaikan oleh Sulaeman Ketua Bidang dari P3M yang memberikan materi yang bertemakan ” Bela Negara “, Pertama-tama Kang Sulaeman memberikan sesi Ice Breaking bagi siswa/siswi campuran antara SD, SMP & SMA hal tersebut diberikan bertujuan untuk meningkatkan motivasi siswa/siswi dalam mengikuti materi serta konsentrasi, agar materi yang diberikan bisa tersampaikan dengan baik dan bisa pula bermanfaat bagi siswa/siswi disana.

” Bela Negara adalah upaya masyarakat dalam menjaga bangsa indonesia dari apapun yang menjadi ancaman bagi negara ini, antara lain dalam segi Produk/Teknologi pada jaman ini produk/Teknologi yang tersebar di Indonesia kebanyakan dari luar negeri seperti China dan Amerika, oleh karena itu kita sebagai masyarakat Indonesia harus mampu mencintai Produk-produk dalam Negeri ” ujar kang Sulaeman dalam materinya. Kurang lebih 1 jam materi disampaikan oleh Ketua Bidang P3M tersebut, diharapkan siswa/siswi yang mengikuti materi tersebut bisa menjaga, mencintai bahkan melestarikan produk-produk dalam negeri bahkan menjaga kestabilitas keamanan bangsa ini ketika sudah besar nanti.

Dalam acara ini yang berjalan dengan seru dan dapat memahami acara tahunan dalam ” PKn Go To School ” ini yaitu dalam Acara ini Himpunan Mahasiswa PPKn menggabungkan 2 program kerja menjadi 1 , 2 hari di daerah Kampung Palias, Rumpin, Kabupaten Bogor pada tanggal 19-20 Oktober 2019 tidak hanya mengadakan ” PKn Go To School ” tapi mengadakan Pengabdian Kepada Masyarakat atau Nyaba Ka Lembur, Pada malam hari seminar pendidikan dengan tema “ Pentingnya Pendidikan “ yang di sampaikan oleh Dosen yang hadir mendampingi pada malam itu yaitu pak Abi Robian, S.Pd.,MH dan pak Arief Hidayat, SH.I.,MH yang memberikan materi di awali dengan vidio tentang perkembangan Universitas Pamulang dan di lanjutkan dengan materi pentingnya pendidikan bagi semua orang dan pendidikan menjadi wajib serta akan mendapat keberkahan dan pendidikan menjadikan anda di muliakan, masyarakat setempat sangat antusias dalam mengikuti seminar pendidikan ini. Lebih lanjut pemateri juga menyampaikan Kembali lagi bahwa pendidikan itu sangat penting bagi kita, karena tidak hanya memberi kita pengetahuan akan tetapi mengajarkan kita pada sopan santun dan hal- hal yang benar, pendidikan memupuk kita menjadi individu dewasa, individu yang mampu merencanakan masa depan dan mengambil keputusan yang tepat dalam hidup maka pendidikan hal yang sangat penting untuk manusia karena dapat menciptakan manusia yang berkualitas, berintelektual dan jauh dari kebodohan. negara telah mengatur Hak setiap Warga Negara Indonesia untuk mendapat pendidikan sebagai sarana dalam meningkatkan kualitas hidupnya yaitu pada UUD pasal 28 C ayat 1 dan 2 dan pasal 31 ayat 1 dan 2 (baca: Hak dan kewajiban warga Negara dalam UUD 45)

Walaupun pendidikan sangat penting karena sekarang ini kita sudah masuk kedalam Globalisasi dan negara telah mengatur hak setiap warga negara Indonesia untuk mendapat pendidikan, tidak sedikit yang berpendapat bahkan meyakini bahwa pendidikan bukanlah hal yang penting dalam kehidupan ini namun secara jelas dan tidak dapat di pungkiri bahwa sampai saat ini di belahan dunia manapun pendidikan masih menjadi yang utama dan dalam sendi kehidupan yang. Esok hari ini di lanjutkan dengan gotong royong di sekitar kampung tempat PKM berlangsung lalu pk. 11.00 acara di lanjutkan dengan penutupan yang di hadiri oleh warga dan di lanjutkan dengan Baksos dan santunan anak yatim dan janda muskin yang ada di sekitar kampung palias rumpin. Acara sangat bermanfaat dan dapat meberikan kami pengalaman yang bermakna dalam hidup kami nanti terlebih kami yang akan terjun dalam masyarakat sesungguhnya setelah kami selesai menimbah ilmu di Universitas Pamulang. Amin.

Penulis/Photo : Herdi Wisman Jaya dan Ahmad Januar ( Kominfo HIMA PPKn )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *