LATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN

“Kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Prodi PPKn

LDKO

Himpunan mahasiswa PPKn Universitas Pamulang telah melaksanakan kegiatan latihan dasar kepemimpinan, Acara dilaksanakan selama 2 hari pada hari Sabtu- Minggu tanggal 16-17 November 2019. Setelah di putuskan oleh Koordinator Pembina HIMA Prodi PPKn bapak Herdi Wisman Jaya, S.Pd.,M.H.,CT dan Ibu Sri Utaminingsih, SH.,S.Pd.,M.M.Pd.,M.H.

Maka di putuskan tempat di Villa Alam Segar Reni Jaya Kota Depok. Hari pertama, acara diawali dengan upacara pembukaan latihan dasar kepemimpinan oleh para panitia dari himpunan mahasiswa PPKn, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya serta sambutan oleh Kepala Program Studi PPKn juga menjabat Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pamulang Bapak Drs. H. Alinurdin, M.Pd sekaligus meresmikan pembukaan acara latihan dasar kepemimpinan. Acara berikutnya registrasi peserta, jumlah peserta yang ikut yaitu 103 Mahasiswa serta pengecekan barang bawaan para peserta, setelah itu peserta diberikan arahan untuk menyimpan semua barang bawaan ketempat yang telah disediakan. Berikutnya panitia menyebutkan beberapa nama mahasiswa untuk dijadikan sebagai satu kelompok selama acara berjalan nanti, setelah mentor memberikan arahan (perkenalan, membuat yel-yel, dan mempersiapkan pensi) yang dilakukan pada malam nanti disaat api unggun. Selanjutnya ada kegiatan makan bersama serta dilanjutkan dengan shalat dzuhur berjamaah.

Acara berikutnya pemberian materi pertama tentang Public Speaking oleh Kang Eef Alimudin, dalam materinya beliau memberikan banyak sekali ilmu tentang berbicara atau berkomunikasi didepan umun dan itulah salah satu syarat kita sebagai dasar dalam memimpin sebuah organisasi. Materi kedua disampaikan selepas shalat Ashar berjamaah tentang Persidangan oleh dosen Universitas Pamulang Bapak Tajudin SH., MH dalam materi tersebut beliau memberikan pengetahuan tentang Persidangan yang dimana maksudnya adalah pertemuan formal, dalam organisasi itu ada yang disebut dengan Opsi dan Paksi (perbedaan pemikiran) yang bertujuan untuk menyamakan persepsi dari setiap pemikiran, dan proses persidangan adalah hal penting disetiap organisasi karena ketika memakai proses persidangan, akan mudah mendapatkan jalan keluar dari setiap rapat ataupun persoalan yang melibatkan banyak pemikiran. Lalu materi terakhir dihari pertama setelah shalat isya berjamaah yaitu tentang Kepemimpinan dan Perubahan Terhadap Organisasi yang disampaikan oleh dosen Universitas Pamulang Bapak Moh. Khoiri S.Pd., M.Pd, dalam materinya beliau memberikan arahan bahwa ketika potensi yang dapat kita kembangkan akan menjadi hal hebat dikemudia hari, dan beberapa kriteria menjadi pemimpin yaitu (1) Harus dapat memimpin sebuah kelompok, (2) Berorganisasi dengan baik dan lain-lain.

Hari pertama disaat malam tiba ditutup dengan sebuah acara yang sangat meriah dan energik yaitu Api Unggun, dalam acaranya terdapat berbagai rangkaian kegiatan yaitu penampilan yel-yel dari semua kelompok, adapun Stand Up sebagai perwakilan penampilan dari mahasiswa dan acara api unggun ditutup dengan  Orasi yang diberikan oleh panitia sebagai penampilan kejutan yang bertemakan pemerintah yang harus adil terhadap rakyatnya. Acara pada hari pertama pun telah usai dan peserta latihan dasar kepemimpinan pun beristirahat.

latihan dasar kepemimpinan ldkkk
Hari pertama disaat malam tiba ditutup dengan sebuah acara yang sangat meriah dan energik yaitu Api Unggun, dalam acaranya terdapat berbagai rangkaian kegiatan yaitu penampilan yel-yel dari semua kelompok, adapun Stand Up sebagai perwakilan penampilan dari mahasiswa dan acara api unggun ditutup dengan Orasi yang diberikan oleh panitia sebagai penampilan kejutan yang bertemakan pemerintah yang harus adil terhadap rakyatnya. Acara pada hari pertama pun telah usai dan peserta latihan dasar kepemimpinan pun beristirahat.

Dihari kedua, acara dibuka dengan jurit malam pada jam 02.00 WIB dini hari. Dalam kegiatan ini panitia membuat 5 pos yang bertujuan untuk mengasah kemampuan mahasiswa dalam berbicara, berpendapat, serta dalam jurit malam ini setiap peserta ditutup matanya agar tidak bisa melihat sedangkan tempat kami menyimpan pos 1- pos 5 dibuat gelap gulita, lalu kami selaku panitia membuat konsep untuk membintal keberanian dan mental yang ada dalam diri semua peserta tersebut. Acara jurit malam selesai pada saat adzan shubuh berkumandang dan kami pun mengarahkan mahasiswa untuk shalat berjamaah serta istirahat sebelum acara pagi hari tiba yaitu Senam. Acara selanjutnya adalah senam yang dipimpin oleh Teh Nadefa dan Kang Januar dan diikuti oleh semua mahasiswa, senam ini bertujuan tidak hanya menjaga badan agar tetap Fit tetapi menguji kekompakan dalam setiap gerakan senam yang dilakukan. Setelah senam adapun sarapan pagi bersama dan acara selanjutnya yaitu Outbond, panitia membuat 5 games dalam Outbond yang dimana disetiap games tersebut diperlukan kerjasama, kefokusan, public speaking, dan jiwa pemimpin akan diuji disetiap posnya. Setelah Outbond selesai kami memberikan arahan kepada seluruh peserta beristirahat dan dilanjutkan dengan makan siang bersama sekaligus acara pemberian juara kepada kelompok terfavorit dalam berbagai kriteria seperti disiplin, mengutamakan kerjasama dalam segala kegiatan, kreatif dan lain-lainnya.
Upacara sebagai acara penutupan yang dipersiapkan oleh panitia dan acara latihan dasar kepemimpinan resmi ditutup oleh Bapak Moh. Khoiri selaku dosen program studi PPKn serta 2 rekan dosen lainnya yang ikut serta dalam upacara penutup tersebut.

Dengan dibuatnya Latihan Dasar Kepimpinan ini kami berharap tumbuh jiwa-jiwa kepemimpinan yang dapat menjadi regenerasi Himpunan Mahasiswa periode selanjutnya dan dapat menjadi penerus-penerus yang amanah, kompeten, bermental kuat, dan dapat mengangkat nama Universitas Pamulang setinggi-tingginya.
Kami selaku Himpunan Mahasiswa PPKn periode 2018-2019 mengucapkan banyak terima kasih kepada bapak/ibu dosen yang sudah membantu, mensupport serta menyemapatkan waktu untuk dapat datang ke lokasi Latihan Kepemimpinan, diantaranya:
1. Bapak Drs. H. Alinurdin M.Pd
2. Bapak Tajudin SH., MH
3. Bapak Herdi Wisman Jaya S.Pd., MH,CT
4. Bapak Moh. Khoiri S.Pd., M.Pd
5. Bapak Suanto S.Pd., MH
6. Bapak Abi Robian S.Pd., MH
7. Ibu Ichwani Siti Utami S.Pd., MH
8. Ibu Amelia Haryanti SH., MH
9. Ibu Yulita Puji Lestari SH., MH
10. Ibu Dini Handayani S.Pd., MH
11. Ibu Endang Prastini S.Pd., MH
12. Ibu Setiawati S.Pd., MH
13. Ibu Nurdiyana S.Pd., MH
14.Bapak Arief Hidayat, S.HI, MH
15. Bapak Roni, S.Pd.,MH
16. Bapak Rulli Hardi, S.Pd.,M.Pd
17 . Ibu Sri Utaminingsih, SH.,S.Pd.,M.M.Pd.,M.H.

Terima Kasih, atas kehadiran dan partisipasi dari semua pendukung dan dari bapak ibu dosen serta Alumni Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pamulang.. Sampai Bertemu di acara Latihan Kepemimpinan Tahun depan. Salam

Penulis/Photo : Bidang Kominfo HIMA PPKn