KUNJUNGAN BELAJAR KE MUSEUM KEPRESIDENAN

Prodi PPKn Universitas Pamulang pada hari kamis tanggal 28 November 2019 membawa mahasiswa untuk melakukan kunjungan belajar ke museum kepresidenan balai kirti bogor di Jl. Ir. H. Juanda No.1 RT 04 RW 01, Paledang, Bogor Tengah.

Yulita Pujilestari.,MH sebagai Dosen koordinator pada kegiatan ini mengatakan bahwa Kunjungan Belajar adalah salah satu kegiatan yang menjadi agenda rutin pada Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk mahasiswa semester  5 reguler A, B dan C. Kunjungan Belajar ini sangat perlu dilakukan untuk mengintegrasikan mata kuliah dengan dunia nyata .

Kegiatan ini sebagai wisata edukasi untuk memperkenalkan kepada mahasiswa jejak perjalanan hidup dan perjuangan presiden dan memahami sejarah perjalanan Bangsa Indonesia dari masa ke masa.

Kegiatan ini untuk mengetahui lebih mendalam mengenai kegiatan akademis di program studi yang bersangkutan, serta sarana dan prasarana yang dibutuhkan mahasiswa dan dosen dalam kegiatan belajar mengajar, mengajak mahasiswa untuk terlibat langsung dalam kegiatan perkuliahan melalui kuliah umum, membuka jaringan baru (link) yang dapat membantu terciptanya kerja sama antar universitas dan lembaga museum kepresidenan di masa datang, melakukan pengamatan perjalanan hidup presiden indonesia dari masa ke masa, melakukan pengamatan terhadap kepemimpinan presiden

Kegiatan Kunjungan belajar ke Museum Kepresidenan dan Kebun Raya Bogor yang di ikuti oleh mahasiswa semester 5 sebanyak 177 mahasiswa dan 12 dosen pendamping.

Kunjungan belajar ini diawali dengan berkumpul di kampus Viktor pada pukul 06.00 WIB lalu melalakukan perjalanan menuju Bogor pada pukul 06.30 WIB yang dilepas langsung oleh Sekretaris Prodi. Perjalanan menuju museum menggunakan 3 bus dengan waktu tempuh untuk sampai ke lokasi kurang lebih 2 jam dan pada pukul 08.30 WIB tiba di lokasi.

Lokasi pertama yang di kunjungi pada kegiatan ini adalah Museum Kepresidenan, setibanya di lokasi peserta langsung di sambut oleh protokoler museum untuk melakukan pengecekan. Setelah memasuki area museum peserta terbagi menjadi 3 kelompok dimana masing-masing kelompok didampingi oleh 4 orang dosen pendamping dan satu orang guide dari Museum Kepresidenan.

Kelompok pertama mendapatkan kesempatan pertama untuk mengunjungi galeri Kebangsaan, pada galeri ini, pemandu wisata menjelaskan tentang Lambang Negara, Teks Proklamasi dan Patung Presiden. Pada galeri Kebangsaan ini, mahasiswa diajak berkeliling hamper 20 menit.

Setelah melakukan pengamatan pada galeri Kebangsaan, kemudian peserta diajak untuk naik ke lantai dua untuk melihat galeri Kepresidenan. Pada galeri ini, peserta diajak untuk melihat pencapaian-pencapaian dari keenam Presiden Indonesia. Semua di tampilkan dan di jelaskan pada galeri ini mulai dari awal masa jabatan sampai akhir masa jabatan Presiden.

Destinasi terakhir di museum Kepresidenan ini peserta di ajak ke Perpustakaan Presiden. Di tempat ini, peserta dapat membaca buku-buku hasil karya dari Presiden. Ada 6 rak buku koleksi dari Presiden yang di lengkapi dengan ruang baca yang sangat nyaman.

Kegiatan di museum Kepresidenan diakhiri dengan memberikan cinderamata dari Program Studi PPKn ke museum Kepresidenan. Kemudian peserta melanjutkan perjalanan menuju Kebun Raya Bogor. Di Kebun Raya Bogor peserta di ajak untuk berkeliling ke museum zoologi dan setelah itu diadakan kegiatan fun games.

Pada pukul 16.00 WIB, peserta berkumpul dan melakukan perjalanan pulang menuju kampus Unpam Viktor, dan pada pukul 17.45 WIB, peserta tiba kembali di kampus Viktor. kunjungan belajar ini mahsiswa diwajibkan membuat laporan dalam bentuk makalah sebagai salah satu komponen penilaian.


Penulis/Photo : Nurdiyana, S.Pd.,M.H / Yulita Pujilestari.,MH

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *