KUNJUNGAN BELAJAR MAHASISWA PRODI PPKN KE DPR RI
DAN MUSEUM PANCASILA SAKTI

I

Hari kamis tanggal 9 Januari 2020, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan melakukan kunjungan belajar ke Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) yang diikuti oleh mahasiswa semester 4 dan 6 sebanyak 84 mahasiswa serta 12 orang dosen pendamping.

Kunjungan belajar ini diawali dengan berkumpul di kampus Viktor pada pukul 06.00 WIB  sampai 06.30 untuk registrasi peserta. Setelah registrasi maka langsung dilaksanakan perjalanan menuju komplek Parlemen Gedung Nusantara DPR RI pada pukul 06.30 WIB. Perjalanan menuju lokasi menggunakan 2 bus dengan waktu tempuh 2 jam sehingga sampailah di komplek DPR RI pada pukul 08.30 WIB. Setibanya dilokasi peserta langsung disambut oleh protokoler DPR-RI untuk pengecekan. Kemudian peserta diarahkan untuk memasuki area komplek Parlemen Gedung Nusantara DPR-RI tepatnya Aula gedung Nusantara. Ruangan yang berkapasitas sekitar 200 orang ini dipenuhi oleh mahasiswa Universitas Pamulang dan STIE Tri Bakti Bekasi.

Acara diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dilanjutkan sambutan dari pihak Universitas Pamulang diwakili oleh Ibu Yulita Puji Lestari.,SH.,MH dilanjutkan perwakilan STIE Tri Bakti Bekasi. Kemudian sambutan oleh Kabag Humas DPR-RI Ibu Hj.Erna Agustina.,S.Sos. dalam sambutannya disampaikan bahwa kabag humas sangat mengapresiasi kegiatan kunjungan belajar mahasiswa dari dua perguruan tinggi swasta ini. memasuki acara inti yakni penyampaian seputar mekanisme kerja DPR, mulai dari tugas, fungsi, wewenang, dan hak DPR yng disampaikan oleh Bapak Zoel Arif Iskandar.,S.I.Kom.,MA. Dalam penyampaiannya sangat interaktif dan fun sehingga mahasiswa sangat bersemangat mengikuti materi tersebut. Selain itu juga diselingi sesi Tanya jawab dan diskusi oleh perwakilan mahasiswa dari masing-masing Universitas. Setelah penyampaian materi selesai dilanjutkan penutupan dengan pemberian cenderamata oleh masing-masing lembaga dan apresiasi untuk mahasiswa yang sudah aktif dalam sesi Tanya jawab serta sesi foto.

Setelah kegiatan didalam aula maka peserta diarahkan untuk melanjutkan wisata edukasi lainnya yakni memasuki Museum DPR RI. Dalam Museum tersebut Mahasiswa mempelajari tentang kilas balik perjalanan DPR RI mulai tahun 1945 hingga saat ini yang telah mengalami 16 periode. Selain itu terdapat koleksi, naskah, barang dan foto yang berkaitan dengan parlemen mulai dari awal kemerdekaan RI. Selanjutnya mahasiswa diarahkan untuk memasuki ruang siding paripurna DPR. Seluruh peserta diperbolehkan untuk menempati kursi yang ada di dalam ruangan tersebut, kecuali jajaran kursi pimpinan tidak boleh ditempati. Mahasiswa mendengarkan penjelasan dari guide tentang ruang siding dilanjutkan sesi foto dan makan siang bersama.

Serangkaian kegiatan di DPR selesai maka dilanjutkan perjalanan menuju Monumen Pancasila Sakti pada pukul 13.30 WIB. Setibanya di lokasi peserta diarahkan menuju lobi utama untuk mendengarkan penjelasan seputar sejarah Monumen Pancasila Sakti oleh mayor Basyir, kemudian dilanjutkan tour building menuju museum pengkhianatan PKI dan sumur tua. Pada pukul 16.30 Wib seluruh peserta kembali memasuki bus untuk melanjutkan perjalanan menuju kampus viktor. Peserta tiba dikampus kembali pada pukul 17.45 WIB.
Penulis / Photo : Sulastri, S.Pd.,M.H / Yulita Pujilestari.,MH

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *