Permendiknas Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah, antara lain menyatakan bahwa seorang kepala sekolah harus memiliki kompetensi kepribadian, manajerial, kewirausahaan, supervisi, dan sosial. Dengan kompetensi tersebut diharapkan kepala sekolah mampu mengelola, mengembangkan sekolah, memberdayakan dirinya dan memacu peningkatan kinerja sekolah yang dipimpinnya ke arah peningkatan mutu, relevansi dan daya saing pendidikan.

Pada kenyataannya tidak semua kepala sekolah menguasai seluruh kompetensi secara utuh, terdapat kecenderuangan hanya menguasai beberapa kompetensi saja. Untuk memenuhi standar kepala sekolah maka dikeluarkanlah Permendikbud Nomor 6 Tahun 2018 tentang Penugasan Guru sebaga Kepala Sekolah yang antara lain mengatur program penyiapan calon kepala sekolah yang terdiri dari rekrutmen bakal calon kepala sekolah dan seleksi substansi. Untuk merealisasikan hal tersebut salah sat kebijakan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) pada tahun 2019 menyelenggarakan serangkaian pelatihan calon kepala sekolah dan penguatan kepala sekolah. Program ini dimulai dengan bimbingan teknis narasumber nasional, instruktur nasional, dan selanjutnya ke sasaran, yaitu calon kepala sekolah dan kepala asekolah (yang belum memiliki STTPP).

Universitas Pamulang yang berdasarkan SK Direktur Jenderal GTK Nomor: 0801/B.B1.3/HK/2019 ditunjuk sebagai Penyelenggara Diklat Kepala Sekolah dan MoU antara Dekan FKIP (Dr. E Nurzaman AM, MM, Msi) dengan Kepala LPPKS (Prof. Nunuk akan menyelenggarakan diklat bagi calon kepala sekolah dan penguatan kepala sekolah. Sehubugan dengan itulah telah dikirim untuk mengikuti bimtek narasumber nasional 4 orang dosen Unpam dari berbagai program studi, yaitu: Drs. Alinurdin, M.Pd (PPKn), Dr. Agung Budi Susanto, MM, (Teknik Informatika) Dra. Ratna Suminar, MM (Administrasi Perkantoran, dan Fikron Alchoiri, M.Pd (Manajemen).

Kegitan bimtek tersebut diselenggarakan selama 8 hari yaitu pada tangga 22 s.d. 29 April 2019, bertempat di Hotel Millenium Sirih Jakarta Pusat. Kegiatan bimtek diisi dengan penyampaian kebijakan Ditjen GTK, reviu modul bahan diklat calon kepala sekolah dan penguatan kepala sekolah, pembelajaran HOTS, dan simulasi pembelajaran diklat dan IN-1, OJL, dan IN-2. Secara keseluruhan peserta bimtek sebanyak 360 orang, yang berasal dari LPPKS, PPPTK, LPMP, BPSDM, dan Perguruan Tinggi.

Penulis: Drs. H. Alinurdin, M.Pd

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *