kemah-bakti-pramuka

Kedudukan kegiatan ekstrakurikuler pramuka dalam sistem kurikulum dipandang sebagai komplemen yang dirancang secara sistematis dan relevan dengan upaya meningkatkan mutu pendidikan. Bertepatan pada tahun ini mata kuliah Pendidikan Karakter dan Kepramukaan dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Maka melalui kegiatan “Kemah Bakti Millenial Pendidikan Karakter dan Kepramukaan Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Tahun 2018”, yang dilaksanakan pada tanggal 23-24 Desember 2019 ini mahasiswa Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan diharapkan dapat mengimplementasikan pendidikan karakter dan ilmu kepramukaannya ketika berada didalam lingkungan sekolah sesuai dengan Prinsip Dasar dan Metode Kepramukaan.

Adapun materi yang diberikan dalam kegiatan ini berkaitan dengan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yang disampaikan oleh Dekan FKIP Dr. H.E. Nurzaman AM, M.M.,M.Si. Selanjutnya materi tentang Ruang Lingkup Pramuka Pandega disampaikan oleh Mohammad Laiyin Nento, Andalan Nasional Gerakan Pramuka (Bid. Pembinaan Anggota Dewasa) Kwarnas. Dan materi tentang Menyiapkan Pembina yang Hebat dan Berkarakter disampaikan oleh Imam Mashuri, S.Ag.,M.T. Andalan Binawasa Kwarcab Tangerang Selatan. Serta Materi tentang teknik kepramukaan disampaikan oleh Team Indonesian Scout Journalist dan Team Fasilitator Unpam.

Penulis dan Foto: Suanto, S.Pd, MH

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *