Kemah Bakti Millenial Pendidikan Karakter dan Kepramukaan 2019

Undang–undang No. 12 tahun 2010 Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka. Gerakan Pramuka (Praja Muda Karana) merupakan Gerakan Pendidikan Kepanduan Nasional Indonesia di bidang kepanduan yang secara berkesinambungan berusaha untuk membina, mendidik dan mengkader anak-anak, remaja, pemuda dan orang dewasa agar mereka menjadi manusia yang berkepribadian, berwatak dan berbudi pekerti yang luhur serta berpengalaman dan berpengetahuan luas. Pramuka merupakan salah satu kelompok pemuda yang memiliki misi sebagai agen perubahan (agent of change) yang menjadi harapan bangsa dan negara yang dituntut mampu berpartisipasi dan memberi warna kebaikan dalam masyarakat. Disisi lain pramuka juga diharapkan mampu mengaktualisasikan diri serta mempersiapkan masa depannya, menjadi contoh dan pelopor pemuda mandiri yang kreatif.

Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 63 Tahun 2014 Tentang Pendidikan Kepramukaan Sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler Wajib Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Ektrakulikuler kepramukaan dipilih karena banyak memliki dampak yang positif bagi peserta didik, diantaranya Kepramukaan mengajarkan banyak nilai, mulai dari kepemimpinan, kebersamaan, sosial, cinta alam, hingga kemandirian. Berkenaan pentingnya wawasan tentang kepramukaan baik pengetahuan umum maupun prakteknya yang harus dipahami oleh setiap calon guru, makaamat sanggat tepat bila mana pembelajaran mahasiswa calon guru dalam memahami tentang kepramukaan dapat pengalaman secara lengkap (teori dan praktek), hal ini dikarenakan metode pembelajaran kepramukaan akan efektif diterapkan dengan cara yang asyik dan kreatif, yang itu lebih cocok banyak dilakukan di luar ruangan. Kedudukan kegiatan ekstrakurikuler pramuka dalam sistem kurikulum dipandang sebagai komplemen yang dirancang secara sistematis dan relevan dengan upaya meningkatkan mutu pendidikan. Bertepatan pada tahun ini mata kuliah Pendidikan Karakter dan Kepramukaan dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Maka melalui kegiatan Orientasi Pendidikan Kepramukaan, mahasiswa Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan diharapkan dapat mengimplementasikan ilmu kepramukaannya ketika berada didalam lingkungan sekolah sesuai dengan Prinsip Dasar dan Metode Kepramukaan. Dalam upaya merealisasikan Pendidikan kepramukaan melalui pendekatan regular, Prodi PPKn menyelenggarakan kegiatan kemah kepramukaan bagi mahasiswa yang mengambil matakuliah Pendidikan Karakter dan Kepramukaan pada semester 1 dan semester 2 dan/atau 3 (yang belum mengikuti sebelumnya). Agar penyelenggaran kemah kepramukaan ini berjalan dengan baik sesuai dengan tujuannya maka diperlukan kegiatan ini. Maka Program Studi Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Pamulang 2019 mengadakan kegiatan rutin di tahun ke-2 ini dengan tema “Kemah Bakti Millenial Pendidikan KepramukaanTahun 2019” dan Kegiatan Kemah Bakti Milenial Pendidikan Kepramukaan ini dilaksanakan pada tanggal 21 – 22 Desember 2019 bertempat di Serua Green Village, Jl Serua No. 25 Bojongsari Kota Depok. Dengan Peserta Kegiatan Kemah Bakti Milenial Pendidikan Kepramukaan adalah mahasiswa yang mengambil matakuliah Pendidikan Karakter dan Kepramukaan pada semester 1 dan semester 2 dan/atau 3 (yang belum mengikuti sebelumnya), sebanyak 342 orang termasuk difabel ( tunanetra ) Panitia 40 orang dan 3 narasumber. Narasumber dan fasilitator Kegiatan Kemah Bakti Milenial Pendidikan Kepramukaan adalah: 1. Pejabat Struktural Universitas Pamulang 2. Kwarda Pramuka Provinsi Banten 3. Kwarcab Pramuka Kota Tangerang Selatan 4. Dosen Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 5. Racana Universitas Pamulang. Kemudian Materi Kegiatan Kemah Bakti Milenial Pendidikan Kepramukaan meliputi : 1. Kebijakan PPK Unpam 2. Peran Calon Pembina Pramuka di Era Milenial yang Berkarakter 3. Pionering  4. Tata Upacara Bendera.

Manfaat dan Tujuan kegiatan ini adalah: 1. Pengenalan pendidikan kepramukaan yang menyenangkan dan menantang kepada seluruh mahasiwa/i PPKn. 2. Media aktualisasi kompetensi dasar mata kuliah pendidikan karakter dan kepramukaan yang relevan dengan metode dan prinsip dasar kepramukaan. 3. Mencetak kualitas mahasiswa/i PPKn dalam mengimplementasikan ilmu kepramukaannya dilingkungan sekolah. 4. Meningkatkan nilai-nilai keterampilan yang sejalan dan sesuai dengan tuntutan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. 5. Membentuk generasi muda yang beriman dan berbudi pekerti luhur. 6. Melatih rasa kemandirian. 7. Membentuk generasi muda yang humanis, religius, dan berkarakter.

Penanggung jawab acara Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dan sekaligus Ketua Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan bapak Drs. H.Alinurdin, M.Pd saat di wawancara menyatakan kegiatan ini sangat positif dan berdampak sangat baik bagi mahasiwa baru dan memberikan pembelajaran di luar kelas yang mana kegiatan ini terintegrasi dengan mata kuliah yang ada di Prodi PPKn yaitu mata kuliah Pendidikan Karakter dan Kepramukaan. Acara di buka secara resmi oleh wakil Rektor III Universitas Pamulang Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr.M.Wildan, S.S.,M.A dalam sambutannya beliau mengajak para Pembina Racana, Pembina HIMA dan Para Peserta yang hadir dalam Kemah Bakti Millenial 2019 untuk bersinergi melakukan kegiatan Seperti ini karena kegiatan seperti ini sangat berfaedah dan manfaatnya dapat di rasakan langsung oleh para peserta dan menghindarkan diri dari berita-berita dan ajakan serta kegiatan akhir-akhir ini di kampus yang tidak benar alias hoax, maka ada baiknya menurut beliau kegiatan seperti ini secara periodik dan berkelanjutan dapat di laksanakan untuk mensinergikan kegiatan prodi dan UKM serta HIMA yang ada di Universitas Pamulang.

            Kegiatan kemah bakti di tutup pada hari minggu tanggal 22 Des 2019 pk. 13.00 Wib oleh Ketua pelaksana bapak Herdi Wisman Jaya,S.Pd.,M.H.,CT dan di lanjutkan pembagian hadiah bagi pemenang yang malam sebelumnya sudah tampil dan unjuk ketrampilan dan kreatifitas dalam pegelaran seni budaya baik perkelompok maupun peregu yang di bimbing oleh tim Acara dari dosen dan Racana Universitas Pamulang serta di bantu oleh HIMA Prodi PPKn. Setelah operasi semut dan beres-beres lalu pulang menuju rumah masing-masing, Semoga Kemah Bakti Millenial tahun ini memberikan pemahaman dan gambaran mengenai kegiatan Pramuka tingkat Pandega di Perguruan Tinggi. Sampai bertemu di tahun depan.Amin.

Penulis/Photo : Herdi Wisman Jaya, S.Pd.,MH.,CT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *