Kajian Ilmiah Pendidikan Pengelolaan PAUD Holistik Integratif

 by Teleconference google meet, Senin 11 Mei 2020 pk. 13.00-15.00

Pendidikan Anak Usia Dini merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitikberatkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan perkembangan baik koordinasi motorik (halus dan kasar), kecerdasan emosi, kecerdasan jamak (multiple intelegensi) dan kecerdasan spiritual, Pendidikan adalah hak yang harus diterima oleh seorang anak sebagaimana termaktub dalam Undang-Undang No. 23 Tahun 2003 Pasal 9 ayat 1 tentang perlindungan anak menyatakan bahwa “ Setiap anak berhak memperoleh pendidikan dan pengajaran dalam rangka pengembangan pribadinya dan tingkat kecerdasannya sesuai dengan minat dan bakatnya.” Serta Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003 Bab 1 Pasal 1 Butir 14 menyatakan bahwa: “Pendidikan anak usia dini adalah upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.”

 Maka Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pamulang menyelenggarakan Kajian Ilmiah Pendidikan dengan Tema “Pengelolaan Pendidikan Anak Usia Dini ( PAUD ) Holistik Integratif” dengan Narasumber Kepala Balai Pengembangan PAUD dan DIKMAS Sumatera Selatan Dr. Sugianto, S.IP. Acara Kajian Ilmiah Pendidikan di buka secara Resmi oleh Rektor Universitas Pamulang Dr.H.Dayat Hidayat,.M.M yang memberikan sambutan sekaligus pembukaan mengatakan kajian-kajian seperti ini sudah harus sering di lakukan oleh fakultas pendidikan seperti Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan saat ini dan menurut beliau ini bagian dari silaturahmi kepada masyarakat secara umum di luar serta narahubung langsung sosialisasi Universitas Pamulang kepada masyarakat secara langsung. Kemudian Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Bapak Drs. Alinurdin,M.Pd dalam laporan pelaksanaan Kajian Ilmiah Pendidikan menyampaikan acara ini di gagas dari Prodi PPKn dan di ikuti oleh 108 Peserta dari berbagai PAUD, TK, SD dan beberapa Perguruan Tinggi baik dari Pulau Jawa, Kalimantan, Sumatera, Lampung dan lainya, sehingga kata beliau acara seperti ini akan di rencanakan lagi kedepan karena animo masyarakat yang besar dan sangat antusias unutk mengikuti acara ini.

Setelah Pembukaan selesai, acara kajian Ilmiah Pendidikan ini oleh mc Bapak Herdi Wismanjaya.,S.Pd.,MH diberikan kepada moderator yaitu Ibu Yulita Pujilestari, SH.,MH dosen Prodi PPKn yang aktif dalam Tridharma Perguruan Tinggi di Universitas Pamulang, kemudian acara di lanjutkan pemaparan materi oleh Narasumber secara live dan di ikuti dengan seksama oleh peserta. Dalam pemaparannya menyampaikan Pendidikan bagi anak usia dini harus dapat memberikan layanan yang baik dan menyeluruh, hal ini diharapkan dapat membantu mengoptimalkan seluruh potensi yang dimiliki oleh anak. Di lingkungan masyarakat telah ada berbagai kegiatan yang memberikan layanan kebutuhan dasar anak (yang meliputi pendidikan, kesehatan dasar, imunisasi, makanan tambahan dll) seperti Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu), Bina Keluarga Balita (BKB), Tempat Penitipan Anak (TPA), Pos PAUD, Kelompok Bermain (KOBER) dan lainnya, kata beliau maka PAUD Holistik Integratif yang ideal adalah yang menentukan usia agar dapat di petakan dengan baik terkait penyelenggarakan PAUD karean di DAPODIK yang keluar TK bukan PAUDnya jadi penamaan meski mengacu pada TK bukan nama yang macam-macam ujar beliau. Berdasarkan konsep sistem ekologis tersebut maka konsep PAUD holistik dapat dipahami sebagai sistem terpadu, sistematis, harmonis yang melibatkan semua aspek yang berpengaruh baik secara langsung maupun tidak langsung, dalam proses tumbuh kembang anak. Atas dasar pemahaman tersebut maka PAUD holistik akan terlihat dalam sikap dan perilaku pribadi, kelompok, masyarakat, serta arah kebijakan instansi, lembaga baik swasta maupun pemerintah sesuai dengan kapasitas serta kewenangan masing-masing. Maka lanjut beliau investasi yang benar adalah saat PAUD dan itu menjadi sumber ilmu yang baik dan menjadi tolak ukur perkembangan di masa depan.

Semoga kajian Ilmiah Pendidikan ini secara Secara teoritis diharapkan hasil kajian ini dapat menambah informasi pada pengembangan program PAUD holistik integratif khususnya pada pihak-pihak yang ada kaitannya dengan masalah pendidikan anak usia dini. Sehingga mengerti, paham, dan dapat melaksanakan sesuai dengan kebijakan pemerintah, kemudian Secara praktis diharapkan kepada lembaga pendidikan anak usia dini yang akan menyelenggarakan program PAUD holistik integratif pendidik dan tenaga kependidikan anak usia dini untuk meningkatkan wawasan keilmuan serta kompetensi di bidang PAUD yang bersifat holistik integratif.

Penulis/Photo: Herdi Wisman Jaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *