INTENSITAS LAYANAN AKADEMIK ONLINE DI PRODI
UNIVERSITAS PAMULANG

Sejak Indonesia mulai terjangkit wabah corona atau dikenal dengan Covid-19 pada pertengahan bulan Februari 2020 dan meluasnya sampai  ke wilayah Tangerang Selatan pada bulan Maret, Rektor Universiatas Pamulang mengeluarkan kebijakan bahwa layanan akademik dan administratif dilakukan secara online sampai dengan tanggal 29 Mei 2020. Mahasiswa belajar di rumah dibimbing secara online oleh dosen pengampu. Begitu juga pegawai lainnya termasuk jajaran structural bekerja dari rumah (work from home) Kebijakan ini dilakukan menindaklanjuti himbauan pemerintah yang disampaikan melalui surat Kepala LLDIKTI Wilayah IV (Jawa Barat-Banten). Sebagai konsekwensi dari kebijakan tersebut maka Unpam harus melakukan berbagai strategi agar kegaitan akademik dan administratif tetap berjalan. Untuk itulah Wakil Rektor I Dr. E Nurzaman AM, MM, MSi  mengeluarkan surat pedoman umum layanan akademik secara online, tiga kali berturut-turut yaitu tanggal 24 Maret, 26 Maret, dan 28 Maret 2020.

Program Studi PPKn sebagai satuan pelaksana pembelajaran yang berada di bawah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan tentu saja bersama program studi lainnya di Unpam melaksanakan kebijakan tersebut dengan sungguh-sungguh agar kualitas pendidikan tetap terjaga. Bagi Unpam sendiri, pembelajaran online (Online Learning) bukan suatu yang baru, karena sejak  4 tahun yang lalu sudah mulai diperkenalkan kepada mahasiswa. Namun pada situasi pandemi Covid-19 ini dilakukan secara menyeluruh pada semua mata kuliah dan semua kegiatan akademik, bahkan layanan administratif, pendaftaran dan seleksi mahasiswa baru, ujian tengah semester, ujian akhir semester, pendaftaran dan pelaksanaan seminar proposal, siding tugas akhir. Di samping itu juga pertemuan pimpinan dengan staf, antar pimpinan, dan bahkan seminar semuanya dilakukan secara online.

Beberapa  kegiatan di Prodi PPKn, seperti pertemuan pimpinan prodi dengan dosen level 1 pada hari Senin (30 Maret 2020) membahas persiapan UTS, SPMB 2020-1, system kendali mutu, kegiatan kemahasiswaan, dll. Begitu juga pembimbing PPL berkoordinasi kondisi selama Covid-19,  dimana para mahasiswa tidak lagi datang ke sekolah, bagaimana solusinya, dibahas pada pertemuan online ini.

Terlebih lagi pada kegiatan pembelajaran, yang semula sebagian besar perkuliahan dilakukan secara tatap muka langsung di dalam kelas, saat pandemi Covid-19 ini semua perkuliahan pada semua pertemuan dialialihkan menjadi e-learning.  Jadi intensitas online di saat pandemic Covid-19 ini sangat meningkat. Dosen dan mahasiswa harus aktif berkomunikasi agar proses pembelajaran berlangsung efektif.  

Begitupun staf akademik di FKIP yang sehari-hari biasanya melayani secara fisik di loket administrasi, sekarang beralih secara online. Layanan pendaftaran siding skripsi, mencetak surat keterangan, surat pengantar riset, surat tugas bimbingan mempersiapkan ujian (UTS/UAS) dan lain-lain.

Kita tidak tahu, kapan pandemi Covid-19 ini akan berakhir.  Tapi percayalah Tuhan tidak akan menciptakan sesuatu kalua tidak ada maksud untuk kebaikan, dan yang pasti semua penyakit pasti ada obatnya. Kita berharap semoga Allah SWT segera melenyapkan virus corona ini dari muka bumi. Aamiin.

(Penulis / Foto : Alinurdin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *