Kuatkan Tali Silaturahmi di Masa Pandemi Covid-19

Selepas libur panjang Idul Fitri  1942 H Universitas Pamulang (UNPAM) khususnya Keluarga Besar Prodi PPKn menggelar acara Halal Bihalal di hari pertama jadwal masuk kuliah, lebih tepatnya pada tanggal 21 Mei 2021. Acara tersebut dilaksanakan secara online via Zoom Meeting dengan tema “Kuatkan Tali Silaturahmi di Masa Pandemi Covid-19”. Acara tersebut di hadiri oleh sekitar 181 mahasiswa beserta dosen dan staff Universitas Pamulang

            Acara diawali dengan Pembacaan Ayat Suci Al Qur’an yang dibacakan oleh Saudari Damayanti yang merupakan mahasiswa dari Prodi PPKn semester dua. Mengawali sambutannya, Sekprodi FKIP PPKn yakni Ibu Ichwani Siti Utami, S.Pd.,MH. Memberikan ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri  1942 H kepada seluruh peserta yang hadir dalam acara tersebut. Sesuai dengan tema yang di ambil dalam acara tersebut, beliau yakin dengan menguatkan tali silaturhmi di masa pandemi, Universitas Pamulang khususnya Prodi PPKN akan tetap terdepan dalam penyelenggaraan pendidikan jarak jauh selama masa Pandemi Covid-19.

            Selain diisi dengan sambutan Sekprodi, acara selanjutnya diisi dengan sambutan yang diberikan oleh Dekan FKIP PPKn yakni Bapak Drs. Alinurdin, M.Pd. Tidak jauh berbeda dengan sambutan sebelumnya, beliau juga mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri kepada semua yang hadir, beliau menyampaikan rasa syukurnya karena masih diberikan kesempatan untuk bisa melaksanakan acara silaturahmi sekaligus Halal Bihalal meskipun dilakukan dengan jarak jauh.

           Dalam kesempatan ini, panitia acara juga mengundang Warek 3 Universitas Pamulang yakni Bapak Dr. M. Wildan, SS,MA. Untuk memberikan sambutan “hikmah silaturahmi” dalam acara Halal Bihalal tersebut. Beliau menyanjung tema yang diambil dalam acara Halal Bihalal kali ini. Menurutnya, tema tersebut sangat luar biasa karena merupakan wujud dari ukhuwah atau mempererat tali persaudaraan.

           Dalam isi sambutannya beliau membahas tentang isi Surat Al Baqarah ayat 183 yang berbunyi “Wahai orang-orang yang beriman!, Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agarn kamu bertakwa.(QS. Al-Baqarah : 183)”. Selanjutnya Ia menyampaikan bahwa Tujuan berpuasa adalah agar menjadi orang yang bertakwa. Taqwa itu sendiri adalah mereka yang melaksanakan perintah Allah dan meninggalkan larangannya. Ia menambahkan, betapa banyaknya hikmah dan pahala yang di dapatkan ketika kita melaksanakan puasa Ramadhan. Ia juga menyampaikan pentingnya silaturahmi, saling maaf memaafkan, dan membenahi akhlak di momen Hari Raya Idul Fitri.

           Halal Bihalal tersebut diakhiri dengan sesi foto bersama, sebelum acara ditutup tidak ketinggalan para peserta yang hadir saling mengucapkan ”Minal Aidzin Walfaidzin, Taqoballahu Minna Waminkum dan mohon maaf lahir batin”. Acara ditutup oleh saudari Defi Filiosa selaku MC dalam acara Halal Bihalal.

Penulis / Foto : Sri Utaminingsih, S.H., S.Pd., M.H., M.M.Pd

Publisher : Yulita Pujilestari.,MH