FGD Polres

Acara FGD yang di di lakukan di Lt.4 Aula Polres Kota Tangerang Selatan, acara di buka dengan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan di buka secara resmi oleh Polres Tangerang Selatan Ajun Komisaris Besar Polisi ( AKBP ) Ferdi Irawan, S.IK.,M.Si yang mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang Tinggi kepada seluruh Mahasiswa/I yang hadir memenuhi undangan dari perwakilan setiap Program Studi dan Fakultas yang ada di Universitas Pamulang, Widya Dharma Husadan STMIK Eresha dan Charisma Utamadi bawah Yayasan Sasmita Jaya Group. Kemudian turut juga di hadiri oleh Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan Dr.M.Wildan,SS.,MA serta dosen-dosen khusus bidang kemahasiswaan dari masing-masing Program Studi yang ada di Universitas Pamulang. Dalam sambutannya AKBP Ferdi Irawan juga menyampaikan bahwa mahasiswa dan masyarakat sangat di tunggu bantuannya untuk dapat menyampaikan semua orasi dan pendapat di muka umum dengan santun dan tidak di ikuti dengan hal-hal yang akan merugikan masyarakat umum dan fasilitas umum yang ada di sekitar masyarakat itu sendiri, maka mahasiswa terlebih pelajar harus berprilaku layaknya seorang calon ilmuan serta dapat menjadi contoh dan menjadi panutan di tengah masyarakat yang sekarang situasi politik dalam situasi yang panas di mulai dari Pemilu Presiden dan Legislatif tingkat nasional dan daerah di buka juga dengan adanya perubahan Rancangan Undang-Undang KPK, KUHP, Ketenagakerjaan dan yang lainnya sehingga terjadi aksi yang tidak kita inginkan tempo hari serta dapat mencoreng nama baik Bangsa kita di muka Intenasional.

Hal ini menurut beliau semestinya tidak terjadi selama hal-hal yang berhubungan dengan penyampaian aspirasi semestinya bisa di sampaikan dengan cara-cara yang sesuai dengan Undang-Undang yang berlaku dan tidak merusak fasilitas umum yang ada di sekitar tempat orasi. Kemudian di lanjutakan dengan FGD yang nara sumbernya Wakil Rektor III Unpam, Kanit 4 SAT INTEL Polres Tangerang Selatan AIPTU Achmad serta nara sumber ke-3 yaitu Kasat Reskrim Polres tangerang Selatan AKP. Muharram Wibisono Adi P.SH.,SIK.,MH di pimpin oleh moderator dari Polres yaitu IPTU Sukirno, SH.,MM Dalam materinya warek III meyampaikan bahwa dalam FGD yang dilakukan dan di sampaikan pada hari ini adalah sebuah kerja sama yang baik antara Universitas Pamulang dan Polres Kota Tangerang Selatan dan menjadi kajian yang baik maka menurut beliau Unpam tidak saja jago dalam kandang namun di luar mahasiswa sudah mulai berprestasi dan dapat membuat torehan yang baik di tingkat nasional saat ini. Unpam tidak melarang untuk berdemo di muka umum namun Unpam memberikan banyak solusi yang ada di muka umum dengan berbagai program yang sangat kami tunggu apresiasi dari Mahasiswa terutama dari forum demokrasi yang ada di kampus Witana Harja maka silakan di upayakan dan di sampaikan selama tidak melanggar etika dan larangan yang ada di Unpam serta ada program kantin berdialog yang ada di sekita Unpam dan yang paling baru serta masih di tunggu aktifitas yang baik di muka umum yaitu mengubah kenakalan mahasiswa di ubah menjadi sebuah karya tulis yang produktif baik berita umum maupun dari media masa cetak yang ada di local maupun di nasional.

Materi yang ke dua AKP Muharram Wibisono Adi juag menyampaik kita di berikan hak uintuk dapat menyampaikan pendapat di muka umum dan jagan lupa untuk bertanggung jawab dalam menyampaikan pendapat tersebut hal ini sesui dengan UU Nomor 9 tahun 1998 yang masih relefan di pakai sampai saat ini. Maka menurut beliau dalam UU tersebut sudah sanagat ejkas dan sudah tertatat denganrapi bagaimana masyarakat terlebih mahasiswa agar membaca dahulu sebelum maju dalam demokrasi atau mau mengeluarkan pendapat di muka umum serta harus di sampaikan terlebih dahulu dalam izin ke pihak yang berwajib yang ada di sekitar tempat tinggal atau kampus tempat mahasiswa dalam menimbah ilmu selama ini. Kemudian menurut beliau dalam pasal 18 (1 ) dan ( 2) UU Nomor 2 tahun 2002 tentang Diskresi Kepolisian. Hal ini juga dapat menjadi informasi umum bagi semua yang memahami bahwa polisi dapat menjalankan semua pengamanan dalam segala situasi dan dapat mengambil tindakan sesuai dengan kepentingan yang sesuai dengan UU yang berlaku. Kemudian nara sumber ke-3 juga AIPTU Achmad juga hal manusia atau dasar serta landasan untuk menyampaikan pendapat di muka umum dan dapat di sampaikan dalam bentuk tulisan maupun lisan di muka umum dengan aturan-aturan yang berlaku dalam UU yang telah di sepakati bersama dan Polisi menjamin dalam keamanan dan ketentraman masyarakat umum, maka polisi dalam hal ini terus menjadi dan akan terus menjadi yang terdepan dalam melindungi dan mengayomi masyarakat terlebih kepada lembaga-lembaga pendidikan terlebih kampus tempat para intelektual mencari ilmu pengetahuan yang akan menjadi contoh di masyarakat nantinya. Acara kemudian di lanjutkan dengan Tanya jawab dari para dosen, mahassiswa tamu undangan dan dari para wartawan yang ada di acara FGD tersebut. Semoga acara ini dapat di tingkatkan serta dilakukan secara bertahap dan periodic ke depan. Amin

Penulis/Photo : Herdi wisman Jaya,S.Pd.,M.H.,CT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *