comdev

Jakarta, Kegiatan Simposium Nasional Pengabdian kepada Masyarakat (community development national symposium) dengan tema “Memperkuat Produktivitas untuk Ketahanan Ekonomi Nasional” yang diselenggarakan pada 4-5 Desember 2018, di Hotel Aryaduta Jakarta (Jl. Prajurit KKO Usman dan Harun No. 44-48, Gambir, Jakarta 10110). Simposium nasional ini bertujuan merespon Rencana Strategis Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristek Dikti (2015-2019), yang di dalamnya telah ditetapkan tujuan “Meningkatnya Relevansi dan Produktivitas Riset dan Pengembangan Iptek”. Simposium ini hasil kerjasama antara HSBC-PSF, Sampoerna University, dan Relawan Jurnal Indonesia (RJI) dalam rangka meningkatan literasi dan inklusi keuangan, melalui media pengabdian masyarakat dan publikasi ilmiah di perguruan tinggi.

Simposium ini dihadiri oleh para akademisi, peneliti, dosen, LSM, para penggiat pemberdayaan masyarakat yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia untuk mensosialisasikan dan mendiseminasikan hasil penelitian maupun hasil pengabdian masyarakat. Salah satu dosen yang mewakili Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi PPKn UNPAM yaitu Aulia Nursyifa S.Pd M.Pd menjadi Pemakalah dalam simposium tersebut, dengan judul makalah hasil pengabdian masyarakat: “Sosialisasi Peran Penting Keluarga Sebagai Upaya Pencegahan Dampak Negatif Penggunaan Teknologi Pada Anak dalam Era Digital”.

Dalam symposium ini terdiri dari berbagai sesi seminar tentang pengabdian kepada masyarakat diantaranya yaitu seminar dengan tema “Hak Kekayaan Intelektual Sebagai Instrumen Penting dalam Pengembangan Komunitas (The Importance of the Intelectual Property Rights for Community Development)” oleh Dr. Sadjuga, M.Sc. (Direktur Pengelolaan Kekayaan Intelektual, Kemenristekdikti); seminar berikutnya dengan tema “Tantangan Program Pengabdian kepada Masyarakat di Perguruan Tinggi” (Challenges on HEIs’ Community Development Program) oleh Prof. Dr. Ocky Karna Radjasa, M.Sc. (Direktur Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Kemenristekdikti); tema selanjutnya “Pemberdayaan Masyarakat melalui Pengembangan Ekonomi Rakyat” (Society Empowerment through Society-based Economy) oleh Prof. Dr. Haryono Suyono, MA (Community Development Expert); serta berbagai tema seminar lainnya.

Acara inti yaitu presentasi hasil penelitian dan pengabdian masyarakat, jumlah presenter terdiri dari 420 presenter. Aulia Nursyifa S.Pd M.Pd mengatakan “symposium ini sangat bagus untuk menambah pengetahuan para dosen dalam melakukan penelitian maupun pengabdian masyarakat sehingga diharapkan perguruan tinggi dapat berperan aktif untuk melahirkan berbagai inovasi dan solusi dalam kehidupan masyarakat, serta mendorong adanya kegiatan literasi dari hasil pengabdian masyarakat yang dapat di publikasikan dalam jurnal nasional maupun internasional. Hasil dari symposium ini dapat disosialisasikan kepada para dosen lainnya sehingga ilmu yang didapatkan dapat bermanfaat terutama bagi program studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Pamulang”.

Penulis: Aulia Nursyifa, S.Pd, M.Pd

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *