DKT

Di selenggarakan oleh Direkrorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Tanggal 17-20 September 2019. Hotel Kristal Jl.Terogong Raya RT.12/RW.10 Cilandak Barat ,Kec.Cilandak Kota Jakarta Selatan.DKI Jakarta. 10250.

Diskusi Kelompok Terpumpun ( DKT ) untuk menyeleksi naskah anugerah konstitusi oleh guru tingakt Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah menengah Petatama (SMP) seluruh Indonesia Acara berlangsung di Hotel Kristal Cilandak Jakarta Selatan bersamaan juga dengan acara Seminar Setyalencana dari kesharlindung selaku penyelengara kegiatan, Acara di buka pukul. 16.00 Oleh Kasubdidkesharlindung bapak Edi Tejo,SH.,MM beliau memaparkan pentingnya acara ini dapat berjalan dengan baik dan penuh dedikasi dalam menentukan pilihan naskah yang akan di pilih serta akan di persentasikan di hadapan Hakim Mahkamah Konstitusi secara langsung, Menurut penanggung jawab acara Ibu Irna Rijanasari,SP.,M.Si beliau meyampaikan kepada para narasumber DKT sampai saat ini naskah yang masuk adalah pilihan dari seluruh pelosok negeri dan perlu hati-hati dalam meneliti naskah yang masuk karena sangat bervariasi dan kompetitip naskah yang masuk, namun beliau juga menyampaikan kendala di temukan masalah Plagiatisme yang masih tinggi di dalam naskah para guru yang dikirimkan ke panitia. Acara berlangsung cukup hangat karena para nara sumber sudah saling mengenal dan merupakan acara tahunan secara rutin di adakan oleh Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar, Direktorat Jendral Guru Dan Tenaga Kependidikan Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan. Dalam penilaian naskah para narasumber di pimpin oleh Prof.Dr.Kokom Komalasari,M.Pd dari UPI bandung di bantu Dr. Prayoga Bestari, narasumber yang terdiri dari para Akademisi dari UPI Bandung, UNS Solo, UT, UNJ Jakarta, STKIP Pasundan, UNIS Bandung, Universitas Suryakencana Cianjur, PPPPTK IPS dan PKn Malang, Unpad dan dari Universitas Pamulang di wakili oleh Ibu Ichwani Siti Utami,S.Pd.,MH dan Bapak Herdi Wisman Jaya,S.Pd.,M.H.

Acara ini di selenggarakan guna mencapai salah satu cita-cita luhur bangsa Indoensia maka perlu adanya pengamalan kesadaran berkonstitusi bagi guru-guru SD dan SMP terutama guru PPKn di tingkat SMP untuk senantiasa menanamkan nilai-nilai yang di bangun oleh para pendiri bangsa. Kesadaran berkonstitusi dapat mendorong juga terwujudnya bangsa Indonesia yang demokratis, terbuka, adil, damai, sejahtera sesuai denga budaya, karakter dan jati diri bangsa serta tidak diskriminatif maka nilai-nilai itu sangat penting di tanamkan kepada siswa-siswi yang ada di sekolah melalui guru-gurunya yang menanamkan dengan baik. Seluruh masyarakat seharusnya menanamkan terlebih bagi guru mata pelajaran Pendidkan Pancasila dan Kewarganegaraan pada jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah dalam mendukung program kesadaran berkonstitusi dari pemerintah ini. Semoga dengan adanya acara yang rutin dan di ikuti dari seluruh Indonesia ini dapat melahirkan guru-guru PPKn yang kompeten dalam menananmkan nilai-nilai Pancasila dan mengamalkannya serta menunggu suatu saat ada dari para Alumni PPKn Unpam dapat turut serta dan andil dalam acara ini.Amin, Semoga dan sampai bertemu tahun depan.

Penulis/Photo : Herdi Wisman Jaya/Ichwani Siti Utami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *