Cara Pintar Dan Kekinian Mengembangkan Bakat Anak Di 2020”

Erlangga Good Tallen Week 2019

Erlangga good tallen week 2019– berlangsung dari tanggal 26 Oktober sampai 2 November 2019

Rabu tanggal 30 Oktober  berlangsung salah satu rangkaian acara dari erlangga good tallen week 2019 dengan acara bertajuk TALEN TALK , dimana acara tersebut berlangsung dari jam 14;00-1700, acara ini bertemakan “cara pintar dan kekinian mengembangkan bakat anak di 2020”

Acara ini di hariri dari beberapa kalangan ada mahasiwa guru, wali murid dan dari smp 115 Jakara, Unpam mengirimkan 10 orang mahasiwa dan mahasiswi yang di wakili dari Program Studi Pendidiakn Pancasila dan Kewarganegaraan yaitu Deni , Winda, Sekar, Arib, Sulaeman ,Tantri,, Aisyah, Rifai, Neni,  dan Ussi di bawah bimbingan Dosen Kemahasiswaan Prodi PPKn Pak Herdi Wisman Jaya, S.Pd.,M.H.,CT. Setelah mendapat izin dari Kaprodi PPKn Bapak Drs. H.Alinurdin.,M.Pd untuk mengikuti acara di atas secara resmi.

Pemateri pertama di buka oleh ka Salman Aristo beliau adalah sutradara, produser dan penulis Film Maker  beliau berpendapat bahwa tantangan pengembangan bakat di jaman sekarang ada pada kegigihan , karena beda dengan jaman dia di era modern seperti ini anak banyak sekali menerima informasi dan cara agar dapat mengembangkan bakat namun karena kebanyak informasi itulah terjadi ketidak focusan dan konsintensi dalam mengembangkan bakat pada diri anak, beliau berdalih “saya tidak percaya bakat saya hanya percaya pada kegigihan dan kerja keras” karena menurut beliau bakat akan muncul dan berkembang karena adanya kegigihan.

Pemateri kedua di sampaikan oleh ka Indra Bekti beliau adalah presenter kondang yang sudah sering muncul di layar kaca, beliau memberikan pengalaman terkait mengembangkan bakat anak, menurut beliau pengembangan bakat anak di era milenial ini susah-susah gampang, apalagi anak-anak sekarang sudah sangat dekat dengan teknologi, beliau membebaskan anak-anaknya untuk memilih pasion mereka sendiri, dalam penuturan nya dia hanya mengarahkan bakat yang mulai muncul dengan perpaduan teknologi  yg semakin canggih maka akan lebih membuat pengembangkan bakat yang anak miliki. Beliau berpesan pada orang tua yang hadir di acara ini jangan memaksakan kehendak nya agar anak menjadi sesuatu atau memiliki bakat yg di inginkan, tapi kembangkan dengan mensuport bakat yg mulai muncul pada anak.

Selanjutnya pemeteri ke tiga yaitu ka Edo Hendra sudarmanto, beliau merupakan conductor choir SMPN 115 Jakarta, sudah banyak prestasi yang ia torehkan di dunia musik, pria yang biasa di sapa ka Edo ini memberikan pandangan bahwasannya untukk menumbuhkan bakat perlu adanya kepercayaaan diri dan tekad yang kuat, jadi bakat menurut beliau tidak semerta-merta datang dari Tuhan , tapi harus di kembangkan dengan kerja keras dan tekad yang kuat, modal itu lah yang ia pegang saat ini untuk melatih anak didiknya di paduan suara SMPN 155 Jakarta.

Pemateri terahir di sampaikan oleh Bpk. Pri Aryodamar, beliau merupakan Kaprodi seni music Institut Kesenian Jakarta ( IKJ ), dan merupakan salah satu juri /battle of the band ETW, gaya berpakaian ala rokstar melekat di tubuhnya, sedikit mengherankan bagi saya karena dia seorang dosen di prodi di IKJ Jakarta. Namun begitulah kenyataan nya , dosen yang sudah mengajar selam 20 tahun itu berpendapat bahwasan nya tidak ada bakat tanpa kerja keras, kerja keras akan menumbuhkan bakat, sama seperti pendapat ka indra beliau juga mengkritisi para orang tua yang terkesan menentukan bakat anak padahal anak tidak memilikinya alhasil tidak ada kemampuan yang anak itu miliki,dia juga menambahkan bahwa di era supercanggih ini seseorang bisa memiliki banyak bakat karena mudahnya informasi ,tinggal kemauan keras dan keinginan yang hebat maka bakat anak akan terus berkembang pesat, sebaliknya jika di paksakan maka hanya akan berbuah omongkosong atau gx jadi apa apa kata beliau, pendekatan antara orang tua dan anak juga bisa menjadi jalan dan keharmonisan mereka mampu menguatkan bakat karena mereka merasa kuat di dorong keluarga, Ke empat pemateri bersepakat bahwa bakat di temukan jika kita mau bekerja keras dan terus mengasah diri, semuanya butuh proses dan tidak ada manusia yang sukses dengan bakatnya tanpa kerja keras.`

Acara selanjutnya yaitu sesi shering  dan doorprize. Acara ini di selenggarakan oleh Penerbit Erlangga khusus buku pendidikan baik untuk Perguruan Tinggi maupun buku untuk sekolah pertama atau SMP dan sekolah tingkat atas atau SMA sederajat, semoga kedepan nya makin menginsfirasi dan di isi dengan kegiatan yang mampu mengaktualisasikan bakat dan peran anak bangsa agar dapat menumbuhkan bakat yang telah ada dari jiwa anak-anak muda. Dan untuk ikut berpartisipasi acara ini di dukung dana oleh Prodi PPKn serta memenuhi aktulisasi belajar di luar kampus bagi mahasiswa terlebih calon guru di Prodi PPKn serta wajib menulis sebagai laporan kepada pak Herdi Wisman Jaya atas kesertaan dan menumbuhkan minat menulis secara benar dan baik. Semoga lain kali di berikan kesempatan untuk mengikuti di acara lainnya lagi, dan kami ucapakan kepada Kaprodi serta Sekretaris Prodi Ibu Ichwani Siti Utami, S.Pd.,M.H atas dukungan yang di berikan untuk mengikuti acara ini. Amin

ERLANGGA

Penulis/Photo : Sulaeman

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *