Pelantikan Pengurus Himpunan Mahasiswa ( HIMA ) Masa bakti 2020/2021
Program Studi PPKn
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Kamis 30 Januari 2020 , Aula Rektorat Kampus Pusat
Universitas Pamulang Kota Tangerang Selatan.

Kamis ini merupakan suatu anugerah dan sebuah peristiwa yang tidak dapat di lupakan oleh sebagian mahasiswa yang ada di Universitas Pamulang, Sebuah peristiwa yang langkah dan mungkin tidak terjadi di perguruan tinggi lain ataupun kampus-kampus lain yang ada di Indonesia saat ini. Sebuah peristiwa yang boleh di katakan akan menjadi sebuah cerita bagi para pengurus Himpunan Mahasiswa ( HIMA ) dan Unit Kegiatan Mahasiswa ( UKM ) dari 17 Program Studi dan 6 Fakultas serta Program Pascasarjana yang ada di Universitas Pamulang. Semua tumpah ruah di Aula Rektorat Universitas Pamulang yang berkapasitas 750 tempat duduk itu di penuhi oleh 1000 orang penuh sesak sampai lesehan di lantai untuk menyaksikan dan melihat sebuah moment penting dalam kegiatan kemahasiswaan dan ini yang pertama kali di  lakukan di Universitas Pamulang.

Terlihat wajah-wajah penuh semangat dan penuh canda sebelum acara di mulai,tampak terlihat seluruh jajaran Struktural Universitas Pamulang datang untuk menghadiri baik dari Fakultas Ekonomi, Fakultas Sastra, Fakultas MIPA, Fakultas Teknik, Fakultas Hukum, Fakultas FKIP yang duduk di bersama dengan mahasiswa yang terlihat akrab serta saling bercengkramah tanpa ada batasan antara pimpinan dengan calon intelektual masa depan ini, terlihat Rektor, para Wakil Rektor , para Dekan, Kaprodi dan ketua lembaga lainhya serta para Pembina baik Pembina UKM maupun Pembina HIMA masing-masing di Program Studi. Tepat jam 09.30 acara di buka dengan kehadiran dari Ketua Yayasan Sasmita jaya Group Dr.( HC).Drs.H.Darsono di ruangan yang di penuhi aneka atribut pakaian dinas harian UKM dan HIMA serta warna-warni Bendera UKM dan HIMA nya. Dalam sambutannya beliau menuturkan, HIMA dan UKM merupakan kegiatan mahasiswa yang paling aktif di lingkungan Fakultas dan  Program Studi. Bergabung dalam organisasi, menurutnya, merupakan tambahan pengetahuan bagi mahasiswa di lingkungan kuliah. “Di dalam organisasi ini,  mahasiswa bisa belajar menjadi pemimpin, belajar bekerja sama, bertanggung jawab dalam mengerjakan tugasnya, serta belajar kejujuran. Namun, tetap saja, tujuan utama kalian sebagai mahasiswa adalah belajar, jadi saya harap selain aktif di organisasi, kalian juga meningkatkan belajar,” ujarnya dan lajut kata beliau dahulu di Unpam ada BEM, namun ada ketidak harmonisan yang terjadi di lapangan antara beberapa mahasiswa fakultas, mungkin silahtuhrahmi sepereti ini belum terjadi waktu itu menurut beliau sehingga kadang ada gejolak anak muda yang masih kuat. Wakil Rektor 3 Universitas Pamulang Dr.M.Wildan, SS.,M.A dalam laporanya pada pelantikan ini juga menyampaikan capaian-capaian dari program kemahasiswaan yang telah di lakukkan dan telah di susun bersama tim yang siang malam bersama-sama membangun dari ha-hal yang bersifat  teori di tuangkan dalam aktifitas yang lebih baik, salah satu menurut beliau yang akan menjadi projek ke depan dapat membentuk karakter mahasiswa dari kenakalan menjadi aktif dalam penulisan artikel serta berdirinya panggung demokrasi di kampus witana harja yang bebas serta pantas untuk mahasiswa menyampaikan aspirasinya pada kampus, pada lembaga maupun pada  negara dengan baik serta dengan santun dan lebih manusiawi dengan mengedepankan nilai-nilai humanis dan relegius sesuai dengan visi misi Universitas Pamulang.

Kemudian Rektor Dr.H.Dayat Hidayat,M.M dalam sambutanya menyatakan, Unpam sudah menjelma menjadi Universitas yang besar dan sudah di perhitungkan sehingga sebagian yang datang ke kampus kita kagum dengan Unpam, bahkan dengan hadirnya 475 Perguruan tinggi Jawa Barat dan Banten dalam acara LLDIKTI Wilayah IV beberapa waktu lalu di Unpam membuat kampus kita menjadi sorotan yang besar-besaran sehingga Unpam sudah menyiapkan program-program unggulan bagi Dosen dan bagi mahasiswa yang sudah berprestasi selama ini menjadi lebih baik ke depannya. Namun lanjut beliau, Rektor dan Dosen tidak bisa bekerja sendiri tanpa ada bantuan dari mahasiswa dan segenap stakeholder yang ada di Unpam agar bersinergi membangun apa yang telah di percayakan masyarakat yang sudah menitipkan putra putrinya di Unpam untuk belajar dan menuntut ilmu dan dapat bermanfaat bagi masyarakat nanti. Ia berharap, pengurus himpunan yang baru bisa berorganisasi dengan baik dan melaksanakan program kerja sesuai dengan yang diharapkan. “Kalian telah dipercaya oleh teman-teman untuk memimpin himpunan prodi, oleh sebab itu lakukan yang terbaik bagi kemajuan program studi,” tambahnya.

Kegiatan ini diisi dengan pembacaan surat keputusan pengurus HIMA baru dan memberikan SK rektor yang di serahkan langsung oleh Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan. Di lanjutkan penyerahkan bendera dari demisioner ketua HIMA lama ke Ketua Umum yang terpilih, lalu di lanjutkan penandatanganan SK dari Kaprodi bapak Drs.H.Alinurdin,M.Pd yang dalam kesempatan ini juga menyampaikan, ia mengimbau kepada mahasiswa untuk menjadikan himpunan sebagai wadah aktualisasi diri, improvisasi, dan mengukir prestasi.

Kemudian lanjut beliau “Pada hakikatnya pengurus himpunan harus berjalan beriringan dengan prodi untuk sama-sama membangun dan memajukan prodi. Lakukanlah semua kegiatan himpunan dengan baik dan terkoordinir,” katanya. Sementara itu, ia juga menyampaikan bahwa adanya himpunan diprodi perguruan tinggi mendapatkan penilaian dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Oleh sebab itu, himpunan merupakan hal yang penting guna meningkatkan akreditasi prodi ke depan, lalu mengucapkan selamat bertugas pada DPK maupun HIMA terpilih masa bakti 2020/2021 yang tampak hadir lengkap bersama dengan para anggota pengurus HIMA dari pagi sudah antusias unutk menghadiri dan datang lebih awal dalam acara ini, tampak nilai-nilai yang di tanamkan oleh Prodi PPKN sudah menjadi kunci bagi mereka selain menerapkan disiplin tinggi juga dengan pakaian layak seperti seorang guru yang di tiru dan di gubu oleh siswanya, kemudian Kaprodi di damping Pembina membacakan serta memberikan SK dengan Susunan yaitu Putra Eka Wanda Ketua Dewan Pengawas Kinerja  bersama tim Devisinya, Deni Saputra Ketua Umum, Muhammad Alwi Sya’ban Wakil Ketua Umum, Alief Satrio Prafastoro Sekretaris Umum I, Dini Yulyani Sekretaris Umum II, Susi Yulyani Bendahara Umum I, Nadya Kartika Putri Bendahara Umum II, Siti Maryam Kepala Bidang SBO, Rizky Yunas Syahputra Kepala Bidang Kominfo, Tri Puji Astuti Kepala Bidang P3M, Siti Rumnatalia Kepala Bidang Kaderisasi, Fatmawati Kepala Bidang Kewirausahaan, KGS Rizki Sulaiman Kepala Bidang PMSK yang masing-masing kabid ada anggotanya sehingga dari Dewan Pengawas Kinerja sampai pengurus HIMA berjumlah 46 orang yang terpilih dari reguler A, Reguler B dan Reguler C. Setelah selesai pelantikan dan penyerahan acara SK kepada HIMAa dan UKM Unpam acara di lanjutkan dengan Orasi para Ketua HIMA dan UKM  baru terpilih di hadapan warek 3 dan tim devisi serta Pembina kemahasiswaan Unpam di lanjukan penampilan bakat dan minat dari masing-masing organisasi mahasiswa,dan tanpa di sangka HIMA PPKn mendapat penghargaan menjadi Supporter terbaik dalam acara ini.

Kepada Dewan Pembina Pak Herdi Wisman Jaya, S.Pd.,M.H.,CT, bapak Abi Robian, S.Pd.,MH dan Ibu Sri Utaminingsih, S.Pd.,S.H.,M.M.Pd.,M.H selamat mendampingi dan membina serta mengawasi program-program dari pengurus HIMA terpilih tahun ini. Semoga ke depan akan lebih baik lagi. Sukses dan semangattt.

Penulis / Photo : Herdi Wisman Jaya, S.Pd.,M.H.,CT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *