LATIHAN KEPEMIMPINAN HIMA PPKn (LK)

            Pada hari Minggu 06 Desember 2020 telah di laksanakan acara Latihan Kepemimpinan Hima PPKn dengan tema “Membangkitkan Jiwa Kepemimpinan yang Berkualitas dan Bertanggungjawab” yang bertempat di Kampus UNPAM Witana Harja. Acara tersebut ditayangkan melalui Zoom Us diikuti sekitar kurang 67 orang mahasiswa Prodi PPKn.

            Setelah itu acara dibuka oleh moderator Eka Susilowati. Di awali dengan pembacaan kalam ilahi oleh Siti Maryam dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kemudian sambutan-sambutan dari Ketua Pelaksana, Ketua Umum Hima PPKn, Pembina dan Kaprodi FKIP PPKn. Narasumber menyambut dengan sangat antusias dan moderator pun meminta izin kepada narasumber untuk memaparkan materi pertama yaitu kepemimpinan oleh Bapak Moh. Khoiri, S.Pd., M.Pd, materi kedua yaitu keorganisasian oleh Ibu Risza Putri Elburdah,S.Pt.,MM.,CT.,CHed dan ketiga yaitu materi publik speaking oleh Bapak E. Nurzaman, AM., MM., M.Si. 

  1. Materi Kepemimpinan (Bapak Moh. Khoiri, S.Pd., M.Pd)

Latihan Kepemimpinan harus dilaksanakan oleh setiap Mahasiswa yang bertujuan untuk membentuk karakter. Leadership bukan hanya persoalan posisi akan tetapi aksi yang diberikan dan memberikan contoh. Perubahan itu wajib maka menjadi seorang pemimpinan harus memiliki cara  dan pengikutnya harus punya loyalitas. Pemimpin harus puya maksud dan tujuan yang harus dicapai dan tersampaikan. Pemimpin harus melakukan perubahan bahwa organisasi memilki kesadaran akan tujuan bersama dan pemimpin juga harus tahan banting terhadap berbagai tekanan baik dari dalam maupun dari luar.

  • 2. Materi Keorganisasian (Ibu Risza Putri Elburdah S.Pt.,MM.,CT.,CHed )

Seorang pemimpin selalu menginginkan organisasinya lebih baik lagi. Pemimpin memiliki kepekaan sosial yang tinggi san juga dapat memperluas pengetahuan. Dalam organisasi akan timbul rasa tidak enak karena tidak selalu yang menjadi pemimpin organisasi umurnya lebih muda atau lebih tua. Fakta-fakta yang harus dihilangkan dalam diri seseorang yaitu merasa minder. Menjadi seorang ketua hima harus sharing and carring, bisa menyatukan berbagai pemikiran meskipun makan hati, dan tidak enak untuk memimpin seseorang yang lebih tua. Meninggaljan organisasi itu tidak baik karena meninggalkan ilmu dan pengetahuan yanga daa di organisasi tersebut. Jika akan masuk hima maka harus siap modal yaitu fisik dan mental.

  • Materi Publik Speaking (Bapak E. Nurzaman AM., MM., M.Si )

Publik Speaking yaitu untuk menjelaskan cara-cara mudah berbicara di depan publik dan melatih mahasiswa agar bisa berpidato menyampaikan ide, gagasan untuk disampaikan kepada orang alin. Meningkatkan kualitas dalam berpidato dan membiasakan diri untuk kebiasaan membaca. Belajar public speaking itu bisa melalui dengan sering menyimak orang lain berpidato, berdiskusi dengan orang lain yang sudah ahli dalam berpidato dan berdoa adalah senjata orang yang beragama dan juga dengan ikhtiar.

                        Selanjutnya, moderator memberitahukan waktu untuk Ishoma dan setelah selesai ishoma acara dilanjutkan kembali dengan sesi orasi dari panitia Hima PPKn dan yang terakhir adalah peserta LK menyampaikan pesan dan kesan mengikuti acara latihan kepemimpinan Hima PPKn. Dan dilanjutkan dengan penutupan doa oleh Randa Rizaldien.