FKIP UNPAM DAN DINAS DIKBUD KOTA TANGERANG SELATAN
SEPAKAT MENGADAKAN KERJASAMA

Bertempat di ruang kerja Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangerang Selatan telah berlangsung penandatanganan kerjasama antara Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pamulang dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangerang Selatan. Penandatanganan ini berlangsung pada hari Selasa tanggal 2 Februari 2021 oleh Dekan FKIP Drs. Alinurdin, M.Pd dan Drs. Taryono, M.Si disaksikan oleh Warek 4 Bidang Kerjasama Universitas Pamulang Dr. RR Dewi Anggraeni, SH, MH. Kerjasama ini merupakan tindak lanjut MoU antara Rektor Unpam dengan Pemerintah Daerah Kota Tangerang Selatan beberapa waktu yang lalu.

Kerja sama tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan hubungan kelembagaan antara kedua belah pihak agar dapat saling menunjang dalam pengembangan kualitas pendidikan  di Kota Tangerang Selatan, khususnya pada jenjang pendidikan dasar dan menengah. Di samping itu juga bagi sivitas akademika FKIP Universitas Pamulang dapat berguna dalam kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Program yang merupakan bagian dari kerjasama ini antara lain penempatan mahasiswa FKIP dalam Program Pengalaman Lapangan (PPL) di sekolah-sekolah di Tangerang Selatan, baik mahasiswa PPKn maupun Pendidikan Ekonomi. Di samping itu disepakati juga dalam bidang penelitian bagi guru maupun dosen FKIP. Bagi guru-guru yang berminat melakukan penelitian, seperti penelitian tindakan kelas (action research classroom), atau bentuk penelitian lainnya dapat dilakukan bersama guru dan dosen, begitu pula dalam bidang pengabdian kepada masyarakat. Dosen FKIP dapat melakukan PkM di lingkungan sekolah, baik dilakukan dengan sasaran guru maupun peserta didik dengan tema yang sesuai kebutuhan guru maupun peserta didik.

Untuk program PPL, sesungguhnya kerjasama ini sudah lama berlangsung antara ketua program studi dengan kepala sekolah, bahkan setiap semester sejumlah sekolah di Tangerang Selatan dijadikan tempat PPL mahasiswa FKIP. Pada semester genap 2020/2021 lebih dari 20 SMP Negeri dan Swasta menjadi tempat PPL mahasiswa FKIP Universitas Pamulang.  

Kedepan Kerjasama ini dapat juga dilakukan untuk peningkatan kompetensi guru dibidang media pembelajaran, terutama pembelajaran daring (online learning). Unpam dalam hal ini memiliki pengalaman cukup lama menggunakan pembelajaran daring melalui Learning Management System (LMS) dengan berbagai konten yang ada di dalamnya, karena Unpam sejak 4 tahun yang lalu, jauh sebelum pandemic Covid-19 sudah melakukan blanded learning pada semua program studi.

(Penulis: Nurdiyana, S.Pd, MH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *