Diskusi Mahasiswa
Esensi Hari Guru Nasional di Tengah Pandemi Covid19

Telah dilaksanakan program rutinan Himpunan Mahasiswa Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Pamulang dari bidang P3M yaitu Diskusi Mahasiswa Online dengan tema Esensi Hari Guru Nasional di Tengah Pandemi Covid19Yang melibatkan seluruh Mahasiswa Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Pamulang.

Diadakannya kegiatan diskusi mahasiswa ini bertujuan untuk menambah wawasan selain itu menjalin silaturahmi antara mahasiswa PPKn secara virtual selama pandemi. Bertepatan pada tanggal 25 November 2020 yaitu hari guru nasional, HIMA PPKn melaksanakan kembali diskusi mahasiswa secara online melalui zoom untuk memperingati hari guru.

Diskusi  online mahasiswa dibuka oleh moderator yaitu Gina Malsah Paolina dari mahasiswa Prodi PPKn sekaligus sebagai pemandu jalannya acara diskusi online tersebut. Diskusi dihadiri oleh 75 Mahasiswa PPKn dan juga dihadiri oleh Bapak/Ibu Dosen Fakultas Keguruan dan llmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Seluruh peserta diskusi mahasiswa sangat antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut. 

Sambutan pertama disampaikan oleh pembina HIMA PPKn yaitu Bapak Herdi Wisman Jaya, S.Pd. MH, CT.  Beliau menyampaikan pesan kepada mahasiswa terkait dalam mengikuti partisipasi kegiatan  organisasi yang legal, mengikuti kegiatan yang terpantau oleh kampus. Bagi teman-teman yang memiliki prestasi silahkan mengajukan kepada pihak kampus. Dan seluruh mahasiswa kalian akan menjadi sejarah, bagaimana anda menjadi guru yang baik, Belajar merupakan sebuah proses.

Selanjutnya materi diskusi mahasiswa yang di sampaikan oleh Ibu Aulia Nursyifa, S.Pd., M.Pd (Koordinator bidang penelitian, PKM dan Kerjasama di Lembaga Penjaminan Mutu Universitas Pamulang).  Kesimpulan dari materi yang beliau sampaikan yaitu bahwa banyak tantangan yang dihadapi oleh guru ditengah pandemic covid19, teknologi juga menjadi tantangan terbesar disituasi saat ini dengan adanya covid19. Selain itu, siswa juga memiliki banyak kendala yang dihadapi dalam proses pembelajaran diantaranya keterbatasan gadget, kouta, dan lainnya. Hikmah dari covid19 bahwa guru tetap berjuang ditengah pandemic covid19. Esensi hari guru nasional ditengah pandemic covid19 menjadikan guru untuk tetap berjuang dan mengabdi demi mencerdaskan anak bangsa. Motivasi dari guru sangatlah penting untuk membangkitkan semangat belajar peserta didik.

Setelah semua materi telah disampaikan, diskusi dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang diajukan oleh beberapa mahasiswa yaitu Sella, Sunanto dan Ratna. Kemudian diskusi ditutup dengan menyanyikan Lagu Hymne Guru yang dipandu oleh Ibu Aulia NurSyifa S.Pd., M.Pd selaku pemateri.

 Penulis : Eka Susilowati

Foto : Imam Hadi Wiraturangga